Home Gaya hidup Ketahui 6 Tanda Kamu dan Pacarmu Sudah Siap untuk Menikah

Ketahui 6 Tanda Kamu dan Pacarmu Sudah Siap untuk Menikah

TELENEWS.ID – Pernikahan menjadi hal yang didambakan oleh pasangan yang telah cukup serius menjalin hubungan. Namun tentu saja pernikahan bukanlah hal yang mudah untuk diputuskan. Apalagi jika kita tidak mengetahui kesiapan pasangan untuk membina mahligai rumah tangga.

Pada saat yang sama, menjadi sangat bahagia dalam hubungan tidak secara otomatis berarti kalian siap untuk menikah. Penting untuk mempertimbangkan apa arti sebenarnya dari sebuah pernikahan dan apakah hubungan kalian benar-benar siap untuk mengambil langkah itu.

Menurut Elizabeth Earnshaw, LMFT, seorang terapis pernikahan berlisensi, merekomendasikan setidaknya menunggu sampai tahap yang disebut fase bulan madu selesai atau satu hingga dua tahun, sebelum kalian sepakat untuk menikah.

Menurut Eanshaw menunggu selama ini untuk memastikan kita benar-benar siap untuk membina rumah tangga dan tidak mengambil keputusan secara emosional. “Itu karena kimia otak kita pada fase awal hubungan ini dapat mengaburkan kemampuan kita untuk membuat keputusan yang rasional” kata Ernshaw.

“Selama tahap ini, pasangan sering sangat dipengaruhi oleh banyak hormon cinta. Hormon-hormon ini membuat kita lebih cenderung memperbesar yang baik dan meminimalkan yang buruk” ujarnya lagi.

Selain itu, ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan kesiapan pasangan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius, seperti:

  1. Kalian sama-sama bicara mengenai pernikahan
    Jika belakangan ini kalian sama-sama sering membicarakan mengenai pernikahan dalam hal yang positif, itu merupakan tanda kalian telah siap untuk menikah. Pasangan yang benar-benar siap untuk menikah telah melakukan percakapan, di mana mereka berdua menyatakan keinginan untuk menikah satu sama lain dan untuk melakukannya dalam waktu dekat.
  2. Kalian memikirkan masa depan bersama
    Terapis pernikahan Beverley Andre, LMFT mengatakan bahwa pasangan yang sudah siap menikah, melihat masa depan sebagai miliknya dan pasangan. “Bahasa kalian berubah dari ‘saya/aku’ menjadi ‘kami/kita’ saat mendiskusikan rencana masa depan,” jelasnya. Bahkan ketika kamu memikirkan impian pribadi untuk masa depan, kamu membayangkan pasanganmu di sana bersamamu. “Kalian menggunakan istilah seperti ‘rumah kita’, ‘anak-anak kita’, dan indikator lain yang kamu rencanakan untuk masa depan bersama” lanjut Andre lagi.
  3. Kalian menginginkan hal yang sama
    Earnshaw mengatakan salah satu tanda kesiapan menikah adalah kesamaan visi dan tujuan. Hal ini bisa berupa apakah kalian berdua benar-benar ingin menikah? Apakah ingin langsung memiliki anak? dan sebagainya. Hal ini menandakan kalian sudah memiliki kesamaan tujuan dan keinginan untuk masa depan kalian.
  4. Kalian membuat keputusan secara bersama-sama
    Tanda lain siap menikah adalah ketika kalian telah berpengalaman membuat keputusan besar dan kecil sebagai pasangan, secara bersama-sama begitu kata Earnshaw. “Kamu telah mampu membuat keputusan bersama dan mampu mengetahui pengaruhnya satu sama lain.” Jika kamu tahu pasti bahwa kalian berdua biasanya meredakan perselisihan dengan baik, dan memiliki banyak pengalaman berunding dengan damai, itu pertanda baik bahwa hubungan kalian memiliki dasar yang kuat untuk pernikahan.
  5. Kalian menyelesaikan konflik tanpa drama
    Tentu saja tetap ada konflik dan masalah dalam hubungan kalian. Namun kini kalian bisa menyelesaikannya dengan kepala dingin dan tanpa drama. Kamu siap menikah ketika kalian berdua tahu dengan pasti bahwa kalian berdua dapat menavigasi konflik dengan cara yang sehat secara konsisten. Argumen kalian jarang berubah menjadi pertengkaran besar dan penuh drama. Namun jika konflik di antara kalian membesar, kalian tetap bisa mengambil banyak waktu untuk belajar bagaimana meminimalkan hal tersebut.
  6. Kalian sama-sama memikirkan mengenai hidup berumah menikah
    Pada tingkat emosional, salah satu tanda bahwa kalian siap untuk melamar adalah ketika kamu dan pasangan mulai membayangkan kehidupan berumah tangga. “Kamu mendapati dirimu berpikir tentang bagaimana kalian akan lamaran, gaya cincin apa yang perlu dipertimbangkan, seperti apa pernikahannya, dan hal-hal yang kalian nantikan saat menikah” lanjut Andrea lagi.
Baca juga :  Kucing Sering Kabur dari Rumah? Ini Penyebabnya
Baca juga :  Tak disangka, Bunga Telang diekspor Hingga ke Jerman Dengan Harga Ratusan Ribu Perkilo

Bagaimana? Sudahkah melihat tanda-tanda di atas dari pasanganmu? (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...