Home Olah Raga Ketika FIFA Berupaya Mengubah Aturan Pertandingan Sepak Bola

Ketika FIFA Berupaya Mengubah Aturan Pertandingan Sepak Bola

TELENEWS.ID – FIFA sebagai fedeasi sepak bola dunia membuat rencana terkait perubahan aturan dalam pertandingan.

Dilansir dari berbagai sumber, ada lima aturan baru yang diuji coba dalam sebuah turnamen khusus tim U-19 yang diikuti RB Leipzig, Club Brugge, PSV Eindhoven dan AZ Alkmaar.

Uji coba tersebut memang belum menjadi sebuah kepastian tentang penerapan aturan baru, akan tetapi sudah menjadi topik pembicaraan dari berbagai kalangan pecinta sepak bola.

Oleh karena itu, selain merencanakan perubahan aturan pertandingan, FIFA juga akan mengevaluasi dampak dari perubahan yang setelahnya ditimbang untuk diajukan ke IFAB (Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional) sebagai badan yang menetapkan aturan sepak bola di seluruh dunia.

Dan berikut ini adalah lima aturan baru yang direncanakan oleh FIFA.

30 menit untuk satu babak pertandingan

FIFA sedang melakukan uji coba untuk membuat satu babak dalam sebuah pertandingan sepak bola menjadi 30 menit alias memangkas waktu normal yang aslinya adalah 45 menit.

Jika aturan ini terealisasi, maka satu pertandingan hanya berjalan total 1 jam. Sedangkan harapan dari perubahan itu adalah agar permainan menjadi lebih efektif di setiap babak.

Waktu saat interupsi

Memang banyak anggapan bahwa waktu 30 menit di setiap babak akan mengurangi waktu permainan secara signifikan jika terjadi interupsi oleh beberapa momen seperti pelanggaran, protes pemain, bola keluar lapangan dan lainnya.

Namun untuk mengatasi hal itu, FIFA ingin waktu permainan dihentikan selama kondisi yang disebutkan. Jika ditelisik, hal itu layaknya aturan pertandingan bola basket.

Sedangkan sebagai perbandingan, 45 menit dari setiap babak adalah waktu untuk semua yang terjadi di lapangan dan ada kompensasi melalui masa injury time.

Baca juga :  Menanti Kemenangan Perdana Timnas Indonesia di Tangan Shin Tae-yong

Tanpa pergantian pemain

Dalam aturan sepak bola sampai saat ini, peraturan pergantian pemain dari setiap tim adalah tiga kali, namun karena pandemi, aturan itu mengalami sedikit perubahan menjadi lima kali pergantian.

Dan FIFA membuat terobosan dengan tidak ada batas pada pergantian pemain dengan maksud semua pemain dalam tim bisa mendapatkan waktu bermain.

Skorsing 5 menit untuk pemain yang diganjar kartu kuning

Dalam aturan normal, kartu kuning bisa berbuah kartu merah jika pemain melakukan pelanggaran keras dalam satu pertandingan dan akibatnya adalah si pemain dikeluarkan dari lapangan, yang mana hal itu mengakibatkan timnya kekurangan pemain.

Sedangkan untuk akumulasi kartu kuning biasanya seorang pemain dilarang tampil untuk beberapa pertandingan.

Dan di aturan baru, FIFA ingin mengubah hukuman para pemain yang dikenakan kartu kuning dengan keluar lapangan selama 5 menit dan boleh kembali bermain setelahnya.

Baca juga :  Menanti Kemenangan Perdana Timnas Indonesia di Tangan Shin Tae-yong

Perubahan cara throw-in

Throw-in atau lemparan ke dalam dilakukan saat bola keluar lapangan. Namun FIFA berencana membuat perubahan terkait cara memasukkan bola ke dalam lapangan dengan menggunakan kaki alias mirip futsal. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...