Home Internasional Ketika Ikan Mas Berevolusi dan Menjadi Berbahaya

Ketika Ikan Mas Berevolusi dan Menjadi Berbahaya

TELENEWS.ID – Biasanya ikan mas hias terlihat menarik sebagai hewan peliharaan. Namun jika dilepas atau dibuang sembarangan ke sungai atau danau, ikan tersebut mampu tumbuh lebih besar dari ukuran biasanya, bahkan bisa membahayakan lingkungan.

Kasus semacam itu terjadi di danau Keller yang terletak di Burnsville, Minnesota, Amerika Serikat. Otoritas di sana mengungkapkan bahwa danau itu terdapat beberapa ikan mas hias berukuran sangat besar, sekitar 38 cm, jauh dari ukuran yang biasa dipelihara di akuarium sekitar 5,1 cm.

Dugaan awal ikan mas yang ada di danau Keller dibuang sembarangan oleh warga yang sempat memeliharanya.

Otoritas di sana pun membuat peringatan kepada warga sekitar untuk tidak melakukan hal tersebut karena kualitas air bisa menjadi buruk dengan kehadiran ikan mas yang mengacak-acak sedimen dan mencabut tanaman.

Dengan kata lain, ikan mas yang berevolusi itu menjadi hama di lingkungan perairan liar.

Melalui akun Twitter, otoritas setempat memposting gambar ikan mas berukuran besar dengan tulisan: “Tolong jangan lepaskan ikan mas peliharaan ke danau atau kolam. Pertumbuhan mereka di luar batas kewajaran dari anggapan banyak orang dan membuat kualitas air menjadi buruk.”

Melihat hal itu, otoritas setempat menangkap puluhan ikan mas raksasa dan sedang dihitung untuk memastikan berapa banyak ikan yang ada di danau Keller.

Salah satu pakar lingkungan di Burnsville yang bernama Caleb Ashling mengatakan bahwa otoritas setempat mendapat laporan dari warga tentang kemunculan beberapa ikan mas raksasa.

Caleb pun mengaku heran bagaimana bisa ikan-ikan tersebut tumbuh jauh lebih besar daripada yang biasanya dipelihara.

Dikhawatirkan dengan populasi ikan mas raksasa yang meningkat pesat, tanaman air tidak bisa berkembang sekaligus berdampak buruk pada spesies ikan asli yang ada di danau karena sumber makanannya direbut.

Baca juga :  Cuma Anjing Turkmenistan yang Punya Hari Libur Nasional

Mengenai hal itu, Przemek Bajer yang merupakan akademisi University of Minnesota mengatakan bahwa pada dasarnya ikan mas adalah spesies invasif yang menyebar ke berbagai belahan dunia seperti benua Australia, Amerika Utara dan sebagian Eropa.

Sebagai informasi tambahan, ikan mas raksasa juga pernah ditemukan di banyak kolam dan danau di kota Munich, Jerman, pada 2017 lalu. Karena hal itu, spesies asli gagal bertahan hidup dan pemerintah setempat menetapkan sanksi denda pada setiap warga yang kedapatan melepas ikan peliharaan ke perairan umum.

Sedangkan di Inggris pada 2020 lalu, ikan mas raksasa pernah ditemukan di sebuah danau di Dorset oleh seorang remaja Inggris, beratnya mencapai 2,2 kg. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ragam Tradisi Unik Penuh Makna Keluarga Tionghoa Dalam Menyambut Imlek

TELENEWS.ID - Tradisi masyarakat Tionghoa dalam menyambut Imek atau tahun baru China pastinya memberi makna tertentu. Kali ini di tahun 2022, perayaan...

Status Kelurahan Krukut Tidak Lagi Zona Merah Covid 19, Micro Lockdown Dicabut

TELENEWS.ID - Banyak daerah khususnya di DKI Jakarta mendapat status level 2 dan juga menerapkan micro lockdown. Hanya saja semenjak varian Omicron...

Doyan Sindir Anies Baswedan, Wagub DKI Ke Giring: Tunjukkan Kinerja Dan Prestasi

TELENEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal aksi saling sindir antara Gubernur Anies Baswedan dengan Ketua Umum...

Tidak Ada Tempat Bagi Koruptor, Indonesia – Singapura Tanda Tangan Perjanjian Ekstradisi

TELENEWS.ID - Sejak tahun 1998, Indonesia dan Singapura telah melakukan berkali-kali untuk mengukuhkan perjanjian ekstradisi untuk kedua negara namun selalu gagal. Diketahui...