Home Olah Raga Sepak Bola Kisah Nottingham Forest Klub Raja Kampiun Pada Masanya

Kisah Nottingham Forest Klub Raja Kampiun Pada Masanya

TELENEWS.ID- Liga Inggris menjadi sebuah ajang kompetisi klub sepakbola yang dihuni banyak klub bergengsi. Sebut saja Manchester United, Liverpool, Chelsea, Manchester City, dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya itu, berbagai klub tersebut seringkali eksis di partai puncak Liga Champions Eropa maupun Liga Eropa.Tapi tahukah kamu, ada klub sepakbola dari negeri tiga singa itu yang terlupakan. Namun, pernah mengukir sejarah dan prestasi pada masanya.

Klub tersebut adalah Nottingham Forest Football Club. Berbasis di West Bridgford, klub ini didirikan pada tahun 1865.

Pada saat ini, klub yang berjuluk The Tricky Trees ini masih berkutat di Liga Championship Inggris. Bermarkas di City Ground, Nottingham pernah memenangkan Piala FA di tahun 1896 dan 1959.

Bukan hanya itu, Nottingham juga pernah menggoreskan tinta emas di kerasnya sepak bola Eropa. Saat itu, Nottingham pernah mengangkat piala juara Liga Champions Eropa.

Torehan manis tidak hanya satu kali melainkan dua kali sekaligus. Terjadi di akhir tahun 70-an. Klub Nottingham Forest saat itu sedang menduduki puncak kejayaan kala itu.

Di musim 1978/1979, Forest berada di pertandingan di Liga Champions kontra klub asal Swedia yakni FC Malmo. Mereka mampu membukukan skor tipis 1-0 yang berlangsung di stadion Olympic Munchen.

Kesuksesan Forest tersebut bukan hal yang mudah. Di babak sebelumnya, mereka sukses menundukkan Liverpool, AEK Athens, Grasshopper dan FC Koln.

Dengan berhasilnya Forest mengangkat trofi Liga Champions Eropa, mereka secara otomatis mengikuti jejak Manchester United dan Liverpool yang lebih dulu menoreh gelar bergengsi di Eropa.

Lagi, kesuksesan mereka berhasil dipertahankan usai menundukan Hamburg SV. Kemenangan dengan skor tipis 1-0 tersebut dicatat lewat gol Robertson di menit ke-20.

Baca juga :  Kenalan Dengan Hugo Duro, Striker Debutan Real Madrid Yang 'Naik Pangkat' Dari Tim Castilla

Laga kontra Hamburg SV tersebut merupakan catatan manis kedua di Liga Champions untuk Forest. Kejayaan tersebut menegaskan bahwa Nottingham Forest bukanlah klub sembarangan.

Sebelum menginjakkan kaki di pertandingan Liga Champions Eropa, Nottingham terlebih dahulu menduduki klasemen pertama Liga Inggris. Di negeri tiga singa itu mereka dua kali merengkuh trofi Liga Inggris.

Keberhasilan Forest tidak luput dari jasa sang nahkoda yakni Brian Clough. Bagi publik Inggris, terlebih fans Nottingham Forest. Sosok Brian Clough bukan hanya dinilai sebagai pelatih saja.

Clough juga dipandang sebagai motivator ulung dan orang yang dinanti media-media lokal karena beritanya selalu menarik perhatian.

Selain membawa Forest meraih juara Liga Inggris untuk pertama kalinya, Brian Clough menjadi pelatih yang langsung menjuarai kompetisi tertinggi.

Namun, kejayaan itu tidak berlangsung lama. Justru di era 1980-an, Forest mengalami penurunan prestasi. Mereka malah lebih sering menikmati duduk di klasemen papan tengah dibanding menjadi raja di Liga Inggris.

Baca juga :  7 Faktor Buruknya Penampilan Liverpool Musim Ini

Kondisi buruk diperkeruh dengan defisitnya kas keuangan klub. Ditambah pula dengan konflik internal di kubu Forest.

Pada tahun 1993, Brian Clough mengakhiri karirnya menjadi pelatih. Selama 18 tahun berkarir, prestasi Clough tidak terbilang buruk dengan membawa Forest menjuarai berbagai ajang.

Sejak saat itu, Forest merosot di Liga Championship. Hanya sekali mereka mampir ke Premier League di musim 1998/1999. Namun, kembali terdegradasi di musim 1999/2000.

Dan hingga saat ini nama Nottingham Forest sudah cukup asing terdengar bagi publik pecinta sepak bola. (Dion)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Resmikan Groundbreaking Hilirisasi Batu Bara Jadi DME, Jokowi: Mau Sampai Kapan Impor Terus?

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil meter atau DME di Kabupaten Muara Enim, Sumatera...

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...