Home Olah Raga Ritual Aneh di Dunia Sepak Bola

Ritual Aneh di Dunia Sepak Bola

TELENEWS.ID – Dalam dunia sepak bola, pemain dan pelatih biasanya melakukan ritual aneh yang membuat mereka memetik kemenangan atas lawan-lawan mereka. Ini termasuk diet ketat dan latihan dengan keras, menggunakan statistik dan lain sebagainya untuk memaksimalkan peluang mendapatkan kemenangan.

Namun bagi beberapa pemain dan pelatih, kemenangan juga harus dibarengi dengan beberapa ritual tertentu. Meskipun beberapa dari mereka ada yang cukup aneh dan tidak masuk akal, namun sebuah rutinitas nyeleneh tersebut ternyata membuahkan hasil positif.

Fabien Barthez & Tim Nasional Perancis

Perancis meraih gelar Piala Dunia pertama mereka pada edisi 1998 dimana mereka menjadi tuan rumah dan kemudian melanjutkan kejayaan mereka di EURO 2000 dua tahun kemudian.

Kunci kesuksesan mereka selama periode tersebut adalah ritual mencium kepala plontos sang kiper Fabien Barthez. Percaya atau tidak!

Laurent Blanc, sahabat Barthez, melakukan rutinitas tersebut tepat sebelum laga dimulai dan seolah menjadi sebuah jimat keberuntungan bagi punggawa Les Blues.

Rekan-rekan yang lain pun melakukan hal yang sama dan sebuah foto ikonik muncul kala Perancis menjadi tim terbaik di dunia.

Ritual aneh lainnya yang melibatkan tim nasional Perancis adalah mendengarkan lagu hits tahun 1970 “I Will Survive” yang dibawakan oleh Gloria Gaynor.

Menariknya, ritual tersebut juga muncul ketika Perancis meraih gelar Piala Dunia 2018 lalu dimana Antoine Griezmann dan kawan-kawan selalu menyentuh kumis sang bek tengah Adil Rami sebelum pertandingan dimulai.

Ritual John Terry Yang Tidak Ada Habisnya

John Terry memiliki banyak ritual atau klenik selama karirnya menjadi kapten Chelsea. Bek tengah ini banyak melakukan ritual sehingga menjadi bahan lelucon bagi rekan-rekannya.

Terry tidak suka menyentuh bola di ruang ganti. Hal ini cukup aneh mengingat rekan lain seperti Eden Hazard ingin merasakan bola yang akan digunakan sebelum laga dimulai.

Asisten pelatih Aston Villa ini sering mendengarkan CD yang sama didalam mobilnya ketika menuju ke stadion. Usher menjadi penyanyi favoritnya dan lucunya lagi ia akan memarkirkan mobilnya di tempat yang sama.

Baca juga :  Tim Juara Piala Menpora Bakal Terima Rp2 M, Pelatih Persib tak Tergiur

Terry pun harus mengikatkan perekat pada kaus kakinya tiga kali dan memastikan bahwa ia duduk di kursi yang sama dalam bus ketika bertandang ke markas lawan.

Peter Crouch dan Celana Keberuntungan

Menurut sang istri Abbey Clancey, Crouch memiliki dua celana pendek keberuntungan yang selalu ia kenakan selama bertanding.

“Saya belanja dengan ibu saya dan kami membeli dua celana keberuntungan tersebut. Ia mengenakannya dan tidak berhenti mencetak gol,” ujar Clancy pada acara ‘Back of the Net’ di Amazon Prime tahun 2019 lalu.

Ritual lainnya yang dilakukan Crouch adalah melompat dan melakukan gerakan seolah sedang menyundul bola setelah berjabat tangan dengan lawan.

Jangan Sentuh Sepatu Luis Suarez!

Luis Suarez adalah salah satu pencetak gol terbaik di dunia sepak bola dalam beberapa tahun terakhir setelah melewati karir gemilang bersama Ajax, Liverpool, Barcelona, Atletico Madrid dan juga tim nasional Uruguay.

Baca juga :  Fakta dan Hasil Undian Babak Delapan Besar Liga Champions UEFA 2020-21

Ketika berbicara tentang ritual, El Pistolero sangat berhati-hati terdahap sepatu yang ia kenakan sebelum bertanding, menurut mantan rekannya di Liverpool Glen Johnson.

Pemain asal Uruguay ini tidak suka jika rekan-rekannya menyentuh sepatunya sebelum laga dimulai.

Johnson pun mengungkapkan bahwa sang striker bahkan mencari sepatu baru lainnya untuk dikenakan ketika sepatu yang telah ia kenakan disentuh pemain lain.

‘CD’ Terbalik Adrian Mutu

Penyerang legendaris Rumania, Adrian Mutu, selalu mengenakan celana dalam terbalik sebagai simbol keberuntungan baginya.

Menurut berita online, Mutu mengungkapkan bahwa ritual tersebut dilakukan setelah sebuah ‘kutukan’ telah dialamatkan kepadanya oleh seorang penyihir dari Rumania.

Mutu pun menambahkan bahwa kutukan tersebut tidak bisa menyerangnya setelah ia mengenakan celana dalam terbalik sebelum pertandingan dimulai.(Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Serba Serbi Metatah, Ritual ‘Potong Gigi’ Wajib Bagi Remaja Bali

TELENEWS.ID - Bali mempunyai segudang ritual unik yang tiada duanya. Salah satunya adalah 'metatah' atau upacara potong gigi yang dilakukan untuk menandai...

Ada Apa Denganmu, Emre Can?

TELENEWS.ID - Dikenal sebagai gelandang tengah berkelas kala membela Liverpool, kiprah Emre Can malah kian melempem di Borussia Dortmund saat ini. Apa...

Makan Korban Tewas, Sistem Autopilot Mobil Tesla Jadi Sorotan

TELENEWS.ID - Meski diklaim sebagai kendaraan masa depan, nyatanya sistem teknologi mobil Tesla masih dipertanyakan. Belum lama ini, mobil listrik karya Elon...

Kenali ‘Doorway Effect’, Gejala Mendadak Lupa Saat Hendak Melakukan Sesuatu

TELENEWS.ID - Pernahkah anda seketika lupa hendak melakukan sesuatu sesaat setelah melewati ambang pintu dapur, kamar mandi atau kamar tidur anda? Tenang,...