Home Nasional Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot seorang kepala kejaksaan tinggi yang menggunakan bahasa Sunda di dalam rapat.

Atas aksi tersebut sejumlah warga suku Sunda pun menyampaikan protes besar. Sejumlah baliho bertuliskan “Arteria Musuh Orang Sunda” terpasang di beberapa jalan di Bandung sejak 19 Januari lalu. Bukan hanya itu, Arteria juga mendapat teguran langsung dari rekan-rekan PDIP Dapil Jawa Barat termasuk Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Dari kasus ini, Majelis adat Sunda dan perwakilan adat Minang sudah melaporkan hal ini ke polda Jawa Barat pada Kamis, 20 Januari lalu. Pada Kamis sore, Arteria pun menyampaikan permintaan maaf dan memberikan klarifikasi yang disampaikannya kepada Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP, Komarudin Watubun.

DPP PDIP Jawa Barat menerbitkan surat rekomendasi pemecatan Arteria Dahlan sebagai kader. Ketua DPP PDIP Jawa Barat, Ono Surono mengatakan surat rekomendasi tersebut sudah diberikan kepada DPP PDIP Pusat di Jakarta.

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul, Jamaluddin Ritonga menganggap kasus Arteria Dahlan ini sangat membahayakan elektabilitas dan suara PDIP di Pemilu 2024 mendatang. Pasalnya kasus Arteria Dahlan menyinggung masyarakat suku sunda di Jawa Barat yang merupakan salah satu kantong suara besar bagi sebuah partai karena jumlah penduduknya terbanyak dibanding daerah lain.

Mantan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta ini juga menjelaskan tidak mustahil nasib PDIP di Jawa Barat akan sama seperti PDIP di Sumatera Barat. Suara PDIP di Sumatera Barat sejak 2019 lalu tidak pernah melebihi 5%. Hal ini diakibatkan kisruh berlarut yang melibatkan Ketua Umum PDIP, Puan Maharani.

Baca juga :  Hadapi Covid-19, Jokowi Berikan Arahan kepada Gubernur se-Indonesia

Selain itu menurut Jamaluddin, permintaan maaf yang terlah disampaikan Arteria juga tidak cukup meredam amarah masyarakat Sunda di Indonesia. Masyarakat pasti berharap proses hukum tetap bisa dijalankan oleh pihak kepolisian Polda Jabar. Selain itu masyarakat juga berharap adanya sanksi tegas dari PDIP kepada Arteria Dahlan. Hal ini akan menjadi obat sedikit penyembuh untuk citra PDIP di Jawa Barat. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Tips Makeup Simpel untuk Datang ke Kondangan Pernikahan

TELENEWS.ID - Datang ke kondangan pernikahan menjadi hal yang cukup tricky untuk kaum Hawa. Selain harus memilih busana apa yang tepat untuk...

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...

Wajarkah Merasa Cemas Setelah Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Area Terbuka? Ini Penjelasannya!

TELENEWS.ID - Presiden Jokowi mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruangan terbuka. Presiden menyampaikan hal ini melalui video pernyataan pers yang disiarkan...