Home Metropolitan Pembangunan Kominfo Mulai Hadirkan 5G di Indonesia Tahun Depan

Kominfo Mulai Hadirkan 5G di Indonesia Tahun Depan

TELENEWS.ID – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) tengah menyusun roadmap untuk mengimplementasi konektivitas 5G di Indonesia. Sebelum akhirnya konektivitas 5G terlaksana, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Upaya pertama yang harus dilakukan adalah penyediaan spektrum frekuensi. 

Sedikitnya ada tiga skema yang telah dipersiapkan Kominfo dalam menyediakan spektrum frekuensi. Skema pertama melibatkan spektrum frekuensi 700 Mhz yang akan digunakan oleh televisi analog. Diperkirakan, frekuensi 700 Mhz tahun depan akan kosong setelah adanya migrasi televisi analog ke digital, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan penggunaannya.

Kemudian, Kominfo akan melepas band 3.3 GHz, 3.5 Ghz dan 2.6 Ghz pada kurun waktu 2022 hingga 2025. Untuk band 26 Ghz dan 28 Ghz diharapkan akan mulai digunakan pada 2022 atau 2023, tergantung pada kebutuhan dan situasi yang ada. 

Dilansir dari CNBC Indonesia, Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo, Ismail mengatakan pelepasan band tersebut membutuhkan investasi yang sangat besar, namun sebetulnya frekuensi band 26 Ghz dan 28 Ghz sangat terbuka dan bisa dimanfaatkan kapan saja. Meskipun, penggunaannya tergantung permintaan dan kebutuhan operator.

“Kita merencanakan di 2022 dan 2023 tapi subject to discuss untuk teman-teman operator kebutuhan di band,” ujar Ismail.

Sebagai info tambahan, Indonesia sebetulnya sudah mulai mengembangkan 5G sejak tahun 2015, walaupun baru sebatas mengikuti perkembangan di International Telecommunications Union. Lalu di tahun 2017, beberapa operator di Tanah Air mulai melakukan uji coba 5G. Hingga akhirnya terbentuklah task force pada tahun 2020 dengan melibatkan perencanaan spektrum, model bisnis, infrastruktur, perangkat dan ekosistem, serta regulasi. 

Kekinian, band 3.5 Ghz sedang dalam tahap uji coba di kota Bandung dengan TIP Lab untuk open Radio Access Network (RAN).

Baca juga :  Pelabuhan Multipurpose Labuan Bajo, Siap Sambut G20 dan ASEAN Summit

Sebelumnya, pengadaan konektivitas 5G di Indonesia menemui beberapa tantangan yang terbilang rumit. Tantangan yang dihadapi berupa masalah frekuensi yang terbagi oleh banyak operator, modernisasi base transceiver station (BTS), dan kesiapan koneksi fiber optic untuk mendukung akses 5G.

Selain itu, 5G membutuhkan frekuensi middle layer. Sedangkan saat ini, frekuensi low layer pun masih harus terbagi dengan beberapa operator raksasa, seperti Telkomsel, XL, dan Indosat. Untuk bisa mengimplementasikan 5G, para operator diharapkan mau menyatukan alokasi spektrumnya, Demikian dijelaskan oleh Ketua Bidang Infrastruktur Broadband Nasional Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) Nonot Harsono.

Tantangan lainnya ialah diperlukannya ketersediaan tower BTS yang berdiri dalam radius berdekatan. Di kota-kota besar, tower BTS berdiri dalam jarak 1-2 kilometer dari satu sama lain. Sedangkan, untuk menunjang akses 5G, tower BTS perlu diberi jarak hanya 200-300 meter antara satu dengan yang lainnya. Sehingga, dibutuhkan tower-tower baru untuk mengisi selisih jarak yang masih berjauhan tersebut. 

Baca juga :  Dirgahayu HUT Pertamina Ke-64, Dengan Harapan Utamakan Sebesar-besar Kemakmuran Rakyat

Tantangan terakhir ialah jaringan fiber optic yang masih belum rapi dan merata. Sejalan dengan tower BTS, kabel fiber optic pun harus mampu menghubungkan satu tower BTS dengan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...