Home Teknologi Internet Kominfo Targetkan 2022 Seluruh Pelosok Desa Terkoneksi Jaringan 4G

Kominfo Targetkan 2022 Seluruh Pelosok Desa Terkoneksi Jaringan 4G

TELENEWS.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menargetkan seluruh desa di Indonesia akan terhubung ke jaringan 4G pada 2022.

“Kami target tahun 2022 tidak ada lagi desa yang tidak terkoneksi 4G,” kata Plt Direktur Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ismail dalam acara Indonesia Smart City Conference, Forum SPBE dan Pameran Smart City, di ICE BSD Tangerang, Selasa 14/12/2021.

Dalam acara tersebut, Ismail melakukan talkshow offline dan online bertajuk Peningkatan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi dan Literasi Digital. Ia menjelaskan program Smart City ini tidak akan terwujud tanpa adanya infrastruktur telekomunikasi yang baik.

Salah satu infrastruktur yang diperlukan dalam menunjang telekomunikasi adalah kehadiran tower-tower Base Transceiver Station (BTS).

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) yang berada di bawah naungan Kominfo menjadi salah satu lembaga yang ditugaskan untuk mewujudkan target pemenuhan infrastruktur sebagai upaya pemerataan jaringan di Indonesia.

“Kami mendapatkan tugas menyelesaikan sebanyak 9.113 pembangunan menara tower BTS untuk layanan 4G selama 2 tahun,” ujar Direktur Utama BAKTI Kominfo Anang Latif.

Dikatakan Anang, pembangunan BTS menemui sejumlah rintangan, di antaranya infrastruktur jaringan dasar yang cukup buruk.

“Lokasinya luar biasa, banyak infrastruktur dasar pun belum hadir di lokasi-lokasi tersebut. Ada penduduknya tapi infrastruktur dasarnya belum ada, jalan belum ada, listrik belum ada,” ujar Anang

Kemudian Anang juga menjelaskan masalah penyediaan lahan juga menjadi tantangan saat pembangunan BTS. Sehingga pihaknya melakukan skema kerja yang berbeda dengan yang dilakukan operator seluler. BAKTI memilih untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah (Pemda).

Dengan skema tersebut Pemda membantu BAKTI dalam menyiapkan lahan dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk pembangunan BTS.

Baca juga :  Bahaya Menggunakan Whatsapp GB atau Versi Modifikasi

Lebih lanjut, Menkominfo Johnny G. Plate dalam sambutannya dalam acara tersebut mengatakan layanan digital secara nasional akan terus meningkat dengan penetrasi pengguna internet yang semakin meningkat.

“Penetrasi internet di Indonesia di awal Januari 2021 mencapai 73,3 persen dari jumlah populasi penduduk kita, atau setara dengan 202,7 juta masyarakat pengguna. Maka utilisasi layanan digital secara nasional juga akan terus dan semakin meningkat,” ucap Johnny. (Nanang Middin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...