Home Metropolitan Komisi D DPRD DKI Minta SKPD Mitra Dapat Prioritaskan Pelaksanaan Program Kerja...

Komisi D DPRD DKI Minta SKPD Mitra Dapat Prioritaskan Pelaksanaan Program Kerja Strategis

TELENEWS. id, JAKARTA – Komisi D DPRD DKI Jakarta berharap seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mitra dapat memprioritaskan pelaksanan program kerja strategis yang bersentuhan langsung pada masyarakat.

Selain sebagai evaluasi pelaksanaan dari pertanggungjawaban pelaksanaan APBD (P2APBD), upaya tersebut penting dilakukan disaat APBD DKI mengalami defisit imbas dari masa pandemi.

“Jadi kami harap Pemda (DKI) ini bisa lebih konsen dalam (prioritas) anggaran, karena melihat situasi dan kondisi keuangan kita. Fokus kepada hal yang penting yang memang bermanfaat untuk rakyat banyak,” ujar Ida Mahmudah, Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, beberapa waktu lalu dikutip laman DPRD DKI.

Selain itu, Komisi D DPRD DKI Jakarta juga menyoroti transparansi laporan keuangan pada evaluasi dokumen hasil audit Badan Pemerika Keuangan (BPK) tersebut.

Menurut Ida, seluruh SKPD mitra kerja Komisi D harus melaporkan detail setiap kualitas belanja yang telah dilakukan.

“Harapan kami kalau ada catatan dari BPK temuan-temuan bisa diselesaikan jadi tidak ada yang ditutupi. Jadi tidak ada yang ditutupi dinas kepada kami, kami adalah mitra yang harus tahu betul ada kelemahan dimana, ada kekurangan dimana,” tegasnya.

Berdasarkan rapat pendalaman Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) P2APBD DKI, masing-masing SKPD mitra kerja hanya melaporkan secara lisan hasil realisasi penyerapan atas pagu anggaran yang ditetapkan di sepanjang tahun 2019 setelah mendapat proses audit BPK.

Antara lain, Dinas Bina Marga hanya terealisasi sebesar Rp2,67 triliun dari total pagu 2019 Rp3,76 triliun,Dinas Sumber Daya Air (SDA) sebesar Rp2,54 triliun dari total pagu 2019 Rp3,87 triliun,Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Rp2,56 triliun dari total pagu 2019 Rp3,36 triliun.

Sedangkan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PRKP) sebesar Rp985,17 miliar dari total pagu 2019 Rp1,82 triliun,Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) sebesar Rp452,54 miliar dari total pagu 2019 Rp666,74 miliar, Dinas Lingkungan Hidup (LH) sebesar Rp619,88 miliar dari total pagu 2019 Rp699,12 miliar dan Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup sebesar Rp1,31 miliar dari total pagu 2019 Rp1,42 miliar.

Baca juga :  Sebagai Dirut baru, Jhony diharapkan Membawa Perubahan Bagi Transjakarta

Sementara itu, Asisten Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setda Provinsi DKI Jakarta Yusmada Faizal menyatakan, pihaknya sejauh ini terus berkoordinasi dengan SKPD yang mendapat perhatian khusus BPK agar segera menindaklanjuti koreksi dalam penyajian laporan yang dituangkan dalam Raperda P2APBD DKI 2019.

“Jadi ada dua hal, ada temuan yang sifatnya administratif ataupun kelebihan pembayaran itu juga semua sudah disampaikan, yang penting sudah dieksekusi atau belum. Kalau belum, itu ada tanggung jawab (SKPD) untuk melakukan itu,”

Karena itu, Yusmada memastikan akan mengevaluasi kembali laporan penyerapan yang disampaikan masing-masing SKPD dalam Raperda P2APBD sebelum mendapatkan rekomendasi Komisi D yang rencananya akan diberikan pada Kamis (30/7) pekan ini.

Baca juga :  Tes GeNose C19 Jadi Salah Satu Syarat Perjalanan Kereta Api

“Jadi saya sudah bilang untuk disampaikan saja, tidak masalah, temuan-temuan (BPK) itu hal yang sudah biasa, terpenting itu tindakan pengkoreksiannya. Karena ujungnya ini adalah perda, dan drafnya sudah kami sampaikan, ini semacam laporan khas akuntansi dan ada catatan-catatan di lampiran status atau posisi dan lain-lain sebagai tindaklanjut hasil pemeriksaan BPK,” tandas Yusmada (DPRD DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...