Home Metropolitan Komisi E DPRD DKI Apresiasi PPDB Zonasi Bina RW Bagi Pendidikan di...

Komisi E DPRD DKI Apresiasi PPDB Zonasi Bina RW Bagi Pendidikan di Jakarta

Ilistrasi para siswa SD tengah belajar di ruang sekolah

TELENEWS.id, JAKARTA – Komisi E DPRD DKI Iman Satria menilai, kebijakan tersebut menjadi solusi atas keberatan orang tua siswa atas syarat usia pada jalur zonasi PPDB.

Ia meyakini dengan jalur bina RW sekolah setidaknya akan menjadi angin segar kepada para orang tua dan calon peserta didik baru (CPDB) untuk kembali berkompetisi dalam proses PPDB sekolah Negeri seluruh wilayah DKI Jakarta.

“Kita mendukung sekali (PPDB Zonasi Bina RW) supaya anak-anak bersekolah di dekat RW-nya bisa masuk ke sekolah-sekolah tujuan tanpa melalui proses umur, karena persoalan (Zonasi Usia) kemarin kriteria usia yang sempat membuat orang tua menjerit karena tinggal 50 meter 100 meter dari sekolah, tidak bisa masuk sekolah (negeri). Karena ironis juga kalau dia di RW itu tapi dia tdak bisa dapat sekolah atau dapat sekolah yang jauh,” kata Iman, dikutip dari laman DPRD DKI, Jumat (3/7).

Selain itu, Iman menilai bahwa kebijakan PPDB Zonasi Bina RW akan menghasilkan beragam dampak yang positif, seperti menghemat waktu, biaya transportasi untuk mobilisasi peserta didik, hingga mengurangi kemacetan pada titik tertentu.

“Saya rasa banyakan plus ketimbang minus-nya, yang pasti memfasilitasi murid-murid yang ada di RW tersebut,” terangnya.

Karena itu, Komisi E berharap agar Disdik dapat menjalankan kebijakan PPDB Zonasi Bina RW tersebut dengan optimal. Mengingat, kebijakan tersebut telah menjawab aspirasi masyarakat, khususnya para orang tua calon peserta didik.

“Mudah-mudahan pada perjalanan nya Disdik bisa menjalani dengan baik, kita (Komisi E) akan terus mengawal, kita yakin apa yang dilakukan Disdik ini sudah cukup baik karena sudah mengakomodir semua golongan, dan sudah mengakomodir semua pihak. Kalau kita lihat secara keseluruhan ini lebih bagus daripada yang kemarin, karena pintu masuknya bukan dari satu pintu saja, tapi dari beberapa pintu,” ungkap Iman.

Baca juga :  APIB DKI Himbau Pemprov DKI Agar Antisipasi Meningkatnya Kasus Positif Covid-19 Pra Vaksinasi Nasional

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan baru-baru ini telah mengumumkan rencana penyedian jalur zonasi baru dalam proses penjaringan PPDB DKI tahun ajaran 2020/2021. Dimana, jalur baru dalam PPDB tahun itu adalah zonasi bina RW sekolah.

Penambahan jalur baru ini merupakan tindak lanjut atas tingginya minat masyarakat untuk masuk ke sekolah negeri dan banyaknya siswa yang berhasil lolos dalam seleksi zonasi PPDB.

PPDB jalur zonasi untuk bina RW sekolah akan dibuka setelah proses seleksi jalur prestasi selesai dilakukan pada Sabtu (4/7) esok. Sementara untuk lapor diri calon siswa yang lolos pada jalur tersebut dilakukan pada Senin (6/7) pekan depan.

Jalur baru PPDB ini sama dengan zonasi sebelumnya yang ditetapkan berdasarkan kelurahan calon siswa dengan sekolah. Namun, pada jalur zonasi bina RW sekolah cakupannya diperkecil, yakni hanya untuk siswa yang tempat tinggalnya masih satu RW dengan sekolah. Hanya saja, Disdik menegaskan bahwa zonasi tingkat RW itu hanya akan diperuntukkan kepada siswa-siswi lulusan 2020.

Baca juga :  Dishub DKI : Belum Ada Pemberlakuan Ganjil Genap Bagi Sepeda Motor

Meskipun jalur zonasi sudah diatur berdasarkan wilayah RW, seleksi calon siswa berdasarkan usia akan tetap digunakan. Sebab, seleksi berdasarkan usia akan dilakukan jika minat siswa di RW sekolah cukup tinggi dan melebihi kuota yang tersedia.

Seiring dengan pengadaan jalur tersebut, Disdik Provinsi DKI akan menambah jumlah rombongan belajar per kelas di setiap sekolah dari 36 siswa menjadi 40 siswa. Penambahan jumlah maksimal siswa per kelas secara langsung akan menambah kuota penerimaan di sekolah negeri.

Dimana, kebijakan tersebut telah mendapat persetujuan setelah berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam upaya penambahan jumlah siswa per kelas tersebut (humas dprd dki).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID - Tinggal hitungan hari lagi maka umat Kristiani akan bersuka cita merayakan Natal. Selayaknya hari besar lainnya, banyak persiapan yang harus...

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...