Home Nasional Komisi VI DPR RI Pertanyakan Skenario PLN Mitigasi Resiko Pandemi Covid-19

Komisi VI DPR RI Pertanyakan Skenario PLN Mitigasi Resiko Pandemi Covid-19

TELENEWS.id, JAKARTA -Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima mengharapkan ada skenario dan langkah kebijakan yang segera dibuat oleh pihak PLN dalam memitigasi risiko terhadap situasi yang ada.

“Saya harapkan dari PLN ada beberapa skenario (langkah) untuk memitigasi risiko terhadap situasi ini, baik customer maupun korporasi,” ucap Aria Bima dalam RDP virtual Komisi VI DPR RI dengan Direksi PLN, PGN dan Pertamina, Kamis (16/4/2020) seperti dikutip dari laman resmi DPR RI.go.id.

Politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu menambahkan, untuk skenario dampak ringan yang sudah dilakukan, seperti yang telah disampaikan oleh Dirut PLN dalam paparannya yakni kebijakan bagi pelanggan PLN yang 450 volts maupun yang 900 volts, yang jumlahnya mencapai 31,19 juta pelanggan.

“Itu saya lihat pada dampak ringan, yang kemungkinan sampai (bulan) Juni. Namun tolong ada juga skenario dampak menengah yang mungkin akan sampai September atau Desember. Yang rentan masyarakat miskin itu tidak mendapatkan pekerjaan atau di PHK. Hal ini tolong dipikirkan skenarionya seperti apa,” ujar Aria Bima.

Ia menilai, mungkin pelanggan PLN yang 900 volts sekarang masih bisa membayar tagihan atau membeli token listrik, tetapi ada kemungkinan, supir ojek atau ojek online (ojol) ini tidak lagi bisa bayar.

“Oleh karenanya perlu ada skenario, jangan sampai nanti ada gejolak dan tentunya akan berpengaruh pada korporasi,” tandas Aria Bima.

Kemudian, lanjut Aria Bima, skenario langkah yang tidak akan terkendali sampai tahun 2020 ini, PLN sudah mempunyai langkah-langkah apa yang akan dilakukan untuk korporasi dan butuh keputusan politik DPR RI dan juga Pemerintah, mengingat beratnya situasi keuangan PLN.

“Keputusan ini harus ada keputusan politik. Maka kami berharap ada satu skenario-skenario untuk (dampak) ringan, menengah, dan berat buat PLN,” pungkasnya.

Baca juga :  Krisis dan Memburuknya Pelayanan Publik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...