Home Otomotif Komitmen Jaga Lingkungan, Honda Bakal Stop Produksi Mobil BBM

Komitmen Jaga Lingkungan, Honda Bakal Stop Produksi Mobil BBM

TELENEWS.ID – Sebagai bukti komitmen mereka pada pelestarian lingkungan, Honda mantap akan menghentikan produksi mobil berbahan bakar bensin (BBM) pada tahun 2040 mendatang. Perusahaan otomotif raksasa Jepang itu akan beralih sepenuhnya kepada mobil listrik.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh CEO baru Honda, Toshihiro Mibe. Dalam sebuah jumpa pers, ia menegaskan bahwa perusahaannya ingin mendukung target pemangkasan karbon yang ditetapkan pemerintah Jepang.

Pernyataan Mibe tersebut diumumkan setelah Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga mengatakan bahwa Jepang  ingin memangkas 46 persen emisi pada tahun 2030 mendatang. “Meski target pemerintah sangat sulit, tetapi saya percaya bahwa itu bisa dicapai melihat bahwa Jepang ingin menjadi negara netra karbon pada 2050,” tutur Mibe dengan nada optimis.

Sikap Honda untuk menggenjot penjualan mobil listrik ini cukup menjadi sorotan, pasalnya mereka dinilai belum banyak berkontribusi pada pengembangan mobil listrik global. Honda baru mulai memasarkan varian listrik mereka, Honda E di Eropa pada musim panas tahun silam.

Kendati demikian, agaknya rencana Honda tersebut bukan hanya sekedar ucapan kosong. Mibe mengungkap bahwa pihaknya akan menginvestasikan total sekitar 5 triliun yen (USD 46,3 Miliar) dalam inisiatif penelitian dan pengembangan, termasuk elektrifikasi, selama enam tahun ke depan.

Sebagai permulaan, Honda menetapkan rencananya untuk meningkatkan jajaran model kendaraan listrik (EV) dan kendaraan listrik sel bahan bakar (FCV/hidrogen) di pasar utama elektrifikasi, seperti Amerika Serikat dan China. Di dua negara tersebut, kendaraan listrik dan hidrogen dipatok untuk menguasai 40% target pasar di tahun 2030.

Kemudian, dalam kurun waktu lima tahun setelahnya, Honda hanya akan memasarkan kendaraan berbahan bakar listrik dan hidrogen, sehingga pada tahun 2040, mereka tidak lagi memproduksi kendaraan berbasis BBM. 

Baca juga :  Volkswagen dan Microsoft Jalin Kerjasama Untuk Mengalahkan Tesla

Untuk mendukung rencana besar tersebut, Honda juga tengah melakukan riset dan pengembangan terhadap baterai solid-state generasi berikutnya. Baterai tersebut diklaim menawarkan kapasitas tenaga yang tinggi dengan biaya rendah dan akan digunakan dalam produksi mobil listrik terbarunya. 

Strategi elektrifikasi Honda juga akan diperluas ke jajaran sepeda motor dan skuternya. Perusahaan itu berencana merilis tiga model listrik baru ‘untuk penggunaan pribadi’ serta satu varian sepeda motor listrik pada tahun 2024 mendatang. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...