Home Ekonomi Figur Komjen Arief Sulistyanto, Calon Kapolri yang Lebih Ideal?

Komjen Arief Sulistyanto, Calon Kapolri yang Lebih Ideal?

TELENEWS.ID – Kapolri Idham Azis akan memasuki masa pensiun pada akhir Januari 2021 mendatang. Sejumlah nama pun mulai bermunculan di banyak media dan pembicaraan publik sebagai calon pengganti Idham.

Jika sebelumnya Komisaris Jenderal (Komjen) Boy Rafli Amar disinyalir sebagai calon kuat Kapolri, kini nama Komjen Arief Sulistyanto mencuat sebagai calon yang dipandang lebih cocok.

Menurut pemberitaan sebelumnya, ada sejumlah nama jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 yang menjadi kandidat calon Kapolri. Nama-nama tersebut adalah Gatot Eddy Pramono, Boy Rafli Amar, Agus Andrianto, dan Listyo Sigit Prabowo, yang merupakan lulusan Akpol 1991.

Namun, mengingat Arief Sulistyanto merupakan senior dari nama-nama tersebut, Komjen bintang tiga kelahiran Nganjuk, Jawa Timur, 24 Maret 1965 ini dipandang lebih pantas menduduki Kapolri.

Komjen. Pol. Drs. Arief Sulistyanto, M.Si. adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 22 Januari 2019 menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri. Arief juga memiliki pengalaman di bidang reserse dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri.

Namun ternyata, Indonesia Police Watch (IPW) menilai, angkatan yang lebih senior justru menjadi faktor kendala untuk ditunjuk sebagai Kapolri.

Menurut IPW, ada lima dari 13 komjen bintang tiga yang berpotensi menjadi Kapolri untuk menggantikan Idham Azis.

“Dari 13 komjen itu, hanya lima komjen yang mempunyai peluang besar untuk menjadi Kapolri. Selebihnya ada sejumlah kendala, misalnya faktor angkatan yang lebih senior dari Kapolri Idham dan masa dinas yang hampir pensiun, dan faktor lainnya,” jelas Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam keterangannya, Senin (30/11/2020) lalu.

Bahkan, Neta melanjutkan, nama-nama yang terkendala angkatan adalah Irwasum Komjen Agung Budi Maryoto dan Kalemdiklat Polri Komjen Arief Sulistyanto.

Baca juga :  DPR RI Ajak Masyarakat Perangi Covid-19 dan Penyakit TBC di Indonesia

Alasannya, kedua jenderal polisi tersebut adalah lulusan Akpol 1987, sedangkan Idham adalah jebolan Akpol angkatan 1988, yang mana merupakan junior mereka.

Mengenai syarat menjadi Kapolri yang ideal, Neta menyebut ada empat kriteria yang harus dipenuhi.

Pertama, calon Kapolri harus pernah menjabat sebagai Kepala Polisi Daerah, atau Kapolda, di daerah yang rawan tingkat kejahatan, seperti Jawa hingga Jakarta.

Kedua, calon Kapolri juga harus mengetahui dan paham betul dengan manajemen dan organisasi Polri secara keseluruhan. Karena, menurut Nata, persoalan di Polri saat ini adalah penumpukan anggota mulai dari AKBP, Kombes, hingga jenderal yang tidak jelas kerjanya.

Ketiga, calon Kapolri perlu memahami kebutuhan fasilitas, sarana dan prasarana Polri dan memastikan proyek pengadaan di Polri tepat sasaran.

Terakhir, calon Kapolri juga harus mengerti alur karir kepolisian demi mengembangkan dan menjalankan tugas secara profesional. Tentunya dengan harapan tidak ada pejabat kepolisian yang menjabat di satu tempat selama bertahun-tahun tanpa dimutasi. Demikian disampaikan Neta menyampaikan pandangannya.

Baca juga :  Aplikasi Semarnesia.com Wujudkan Masyarakat Bangun Rumah Sesuai Harapan

Tentu saja, percaturan calon Kapolri masih menunggu persetujuan Presiden kepada DPR nanti. Untuk saat ini, publik hanya bisa menerka siapa yang paling pantas meneruskan mandat Idham Azis sebagai Kepala Polri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...