Home Olah Raga Kontroversi Gagalnya Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19

Kontroversi Gagalnya Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19

TELENEWS.ID – Indonesia dipastikan gagal lolos ke babak semifinal piala AFF U-19 karena hasil pertandingan antara Vietnam dan Thailand berakhir dengan skor imbang 1-1. Akibat hasil imbang ini, tidak ada perubahan dari rekor head to head antara Vietnam, Thailand, dan Indonesia. Rekor pertemuan antara Indonesia dan Thailand serta Indonesia dan Vietnam memang masih dimenangkan oleh Vietnam dan Thailand. Sementara dengan tidak adanya tim yang kalah pada laga Vietnam kontra Thailand kemarin, Indonesia tidak bisa menjadi tim yang unggul dari kedua tim tersebut dari rekor head to head.

Poin pertama yang menjadi kesedihan masyarakat Indonesia adalah Indonesia saat berhadapan dengan Vietnam di pertandingan pertama, Indonesia gagal mencetak gol ke gawang Vietnam dan hasil pertandingan berakhir dengan skor 0-0. Hasil ini menyebabkan Indonesia gagal meningkatkan kemenangan kontra Vietnam, di mana pada pertandingan sebelumnya, Indonesia lebih banyak kalah dari Vietnam.

Pada laga kedua, memang Indonesia berhasil melibas Brunei Darussalam dengan skor 7-0. Namun hal ini hanya membuat Indonesia menjadi tim dengan pencetak gol tersubur di piala AFF U-19. Dengan gagalnya Indonesia mengalahkan Thailand di laga ketiga, dan berakhir dengan skor 0-0. Hal ini semakin memendam asa Indonesia melaju ke semifinal karena kembali kalah head to head dengan Thailand.

Walaupun Indonesia menjadi tim tersubur dalam mencetak gol selama pertandingan, namun peraturan FIFA untuk piala AFF adalah mengacu pada head to head pertandingan. Selama Indonesia bersua Vietnam dan Thailand, rekor kekalahan Indonesia dengan kedua tim ini masih lebih banyak daripada kemenangannya. Hal inilah yang menjadi poin tragis mengakibatkan Indonesia gagal ke Semifinal.

Poin keempat adalah munculnya dugaan kontroversi “Maen Mata” antara Vietnam & Thailand Demi menyingkirkan Indonesia. Laga Vietnam kontra Thailand pada Minggu lalu menjadi sorotan tajam media Indonesia dan PSSI. Pasalnya, diduga pertandingan kemarin adalah laga yang memang sudah di setting untuk menggagalkan Indonesia melaju ke semifinal. Setelah pertandingan berjalan di menit ke-70 dan Vietnam berhasil membalas dan menjadikan skor 1-1, kedua tim seolah menurunkan tempo permainan agar tidak ada gol yang kembali tercipta. Hal ini dikarenakan jika antara Vietnam dan Thailand kalah, maka Indonesia akan melaju ke semifinal.

Baca juga :  5 WAGs Italia yang Akan Memanaskan Euro 2020

Poin kelima adalah bukti yang memperkuat adanya kerja sama yang dilakukan Vietnam dan Thailand yang mengakibatkan Indonesia akhirnya kalah hanya karena akibat gengsi lawan. Kontroversi yang saat ini masih diusut oleh PSSI terkait jalannya laga Vietnam kontra Thailand kemarin menimbulkan sejumlah spekulasi. Vietnam yang menjadi tuan rumah tentunya tidak mau menjadi pecundang dan gagal lolos ke semifinal piala AFF. Sedangkan Thailand sendiri memiliki gengsi kepada Indonesia sebagai salah satu musuh bebuyutan di setiap kejuaraan sepak bola internasional. Kecurigaan ini yang membuat banyak orang menduka, Vietnam dan Thailand kerja sama untuk menyingkirkan Indonesia dari piala AFF. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...