Home Nasional Hukum Kooperatif , Bareskrim Tidak Tahan Pengusaha Tommy Sumardi dan Irjen Napoleon

Kooperatif , Bareskrim Tidak Tahan Pengusaha Tommy Sumardi dan Irjen Napoleon

Karo Penmas Divisi Polri Brigjen Awi Setiyono mengatakan,  penyidik Bareskrim kembali melakukan (ist)

TELENEWS. id,  JAKARTA – Karo Penmas Divisi Polri Brigjen Awi Setiyono mengatakan,  penyidik Bareskrim kembali melakukan pemeriksaan terhadap,  pengusaha Tommy Sumardi, Irjen Napoleon Bonaperte, dan Brigjen Prasetijo Utomo karena ketiganya adalah penyuap dan penerima suap. 


“Pada Selasa 25 Agustus, sekitar pukul 21.00 WIB,  baru selesai dilakukan pemeriksaan sebagai  tersangka, ” kata Awi kepada wartawan,  Rabu (26/8/2020).

 Awi menyebutkan,  pertanyaan kepada ketiganya meliputi soal suap menyuap,  tempat kejadian penyuapan,  dengan apa penyuapan itu, dan alasan terjadinya penyuapan. 

Awi menjelaskan,  ketiganya ditanyakan soal siapa saja yang menyerahkan atau yang memberikan suap dan siapa saja yang menerima suap. Sementara Irjen Napoleon dan Tommy Sumardi tidak dilakukan penahanan. 


Namun,  terkait Brigjen Prasetijo Utomo ditahan, Awi menyebutkan,  semua itu keputusan atau kewenangan yang dimiliki penyidik untuk memberi penialain.   


“Itu hak pererogratif dari penyidik terkait dengan syarat subjektif maupun objektif terkait penahanan dan dari keterangan penyidik selama pemeriksaan, memang kedua terdangka termau yang satunya kooperatif dalam pemeriksaan, ” ucapnya. 


Diketahui,  dalam kasus ini,  satu tersangka lain yang sudah ditetapkan sebagai tersangka adalah Djokon Tjandra dan Tommy diduga bereperan sebagai pemberi suap.

Akibatnya,  tersangka yang diduga memberi suap dikenakan Pasal 5 Ayat 1, Pasal 13 UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 KUHP. 


Kemudian,  Napoleon dan Prasetijo diduga menerima suap. Terduga penerima suap disangkakan Pasal 5 Ayat 2, Pasal 11, dan Pasal 12 huruf a dan b UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 KUHP (panjaitan).

Baca juga :  Kronologi Penembakan RM Café Cengkareng Terungkap, Pelaku Bakal Dipecat Tidak Hormat
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...