Home Internasional Korea Utara Siapkan Pejabat Yang Bisa Ambil Alih Pemerintahan. Ada Apa?

Korea Utara Siapkan Pejabat Yang Bisa Ambil Alih Pemerintahan. Ada Apa?

TELENEWS.ID – Menurut kabar yang beredar, pemimpin Korea Utara yaitu Kim Jong Un sedang sakit sehingga kehilangan banyak berat badan.

Hal itu nampak dari lesung pipinya yang semakin tirus. Terlebih lagi, dia sudah sekitar 18 bulan tidak muncul di publik sehingga banyak spekulasi yang muncul bahwa Kim Jong Un dalam kondisi yang tidak baik.

Sebagai bentuk antisipasi dari segala kemungkinan buruk pada Kim Jong Un, pemerintah Korea Utara membentuk sekretaris pertama untuk menjadi posisi ‘orang nomor dua’ di Partai Buruh Korea.

Dikutip dari NK News, jabatan tersebut sangatlah penting karena bisa mengambil alih pemerintahan seandainya pemimpin tertinggi Korea Utara dianggap tidak mampu menjalankan tugas atau meninggal dunia.

Dan hal itu semakin menguatkan spekulasi bahwa Kim generasi ketiga itu sedang dalam kondisi yang tidak sehat.

Menurut beberapa sumber, jabatan sekretaris pertama dibentuk berdasarkan hasil kesepakatan dalam kongres partai yang digelar pada Januari lalu.

Kongres itu juga menyebutkan bahwa sekretaris pertama merupakan wakil dari sekretaris jenderal yang dijabat Kim Jong Un. Akan tetapi belum ada informasi lebih lanjut tentang siapakah nama yang akan menduduki jabatan tersebut.

Namun untuk dugaan sementara, Kim Yo Jong, adik dari Kim Jong Un, akan mengambil posisi tersebut. Hal itu tampak wajar karena banyak kalangan yang memprediksi penerus Kim Jong Un masih di ruang lingkup keluarganya sendiri.

Jika benar nantinya Kim Yo Jong yang menjadi sekretaris pertama, dan jika dia resmi menggantikan sang kakak, akan menarik untuk melihat bagaimana sepak terjang pemerintah Korea Utara karena Kim Yo Jong kabarnya dikenal ‘lebih kejam’ dibanding Kim Jong Un. (Dhe)

Baca juga :  Inilah Vitalik Buterin, Anak Muda Terkaya dari Uang Kripto
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Startup Indonesia Lakukan PHK Besar, Ada Apa?

TELENEWS.ID – Beberapa hari lalu, perusahaan startup Indonesia seperti LinkAja, Zenius, SiCepat, dan JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sejumlah karyawannya. Hal...

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Tesla di India, Peluang Indonesia Semakin Besar

TELENEWS.ID – Dikutip dari India Times dan ABP Live, Elon Musk memutuskan untuk tidak berinvestasi di India dalam membangun pabrik mobil Tesla...

Ibukota Akan Pindah, Bagaimana Pertahanan Udaranya?

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota negara ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur harus dibarengi dengan pertahanan udara yang maksimal. Karena, posisi Ibukota tersebut...

Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

TELENEWS.ID - Untuk mengatasi masalah banjir dan juga menanggulangi masalah air bersih di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana dari...