Home Nasional Kota Pariaman Jadi Tuan Rumah Kejurnas Pickleball Indonesia

Kota Pariaman Jadi Tuan Rumah Kejurnas Pickleball Indonesia

TELENEWS.ID – Kota Pariaman ditunjuk sebagai tuan rumah gelaran Kejurnas Pickleball Indonesia. Hal itu dipastikan, setelah Wali Kota Pariaman, Genius Umar bertemua denan Ketua Pickleball Provinsi Sumatera Barat PB Urusan Luar Negeri, Tarmizi Mawardi, di Kedai Pinago, Desa Ampalu, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman pada 23-26 Juli 2021.

Sebagai salah satu cabang olahraga baru, pickleball memang belum terlalu familiar di tengah-tengah masyarakat di tanah air. Meski belum termasuk olahraga populer, pickleball tengah berkembang pesat di sejumlah negara Eropa dan beberapa negara Asia.

Dari sisi aturan permainan, pickleball dimainkan dengan alat pemukul dan menggunakan bola khusus. Untuk lapangan lebar 20 kaki dan panjang 44 kaki yang dipisahkan oleh sejenis net tenis lapangan.

Lapangan pickleball terbagi menjadi beberapa bagian yaitu sisi kanan/sisi genap dan sisi kiri/sisi ganjil serta zona non-voley. Servis dilakukan secara diagonal ke area lawan dengan pukulan rendah. Bola dipukul kembali melewati net hingga salah seorang pemain tidak mampu mengembalikan bola ke lapangan lawan atau gagal mengikuti ketentuan tertentu.

Poin dihitung hanya untuk sisi yang melakukan servis. Jika server berhasil memenangkan reli maka server akan memperoleh poin. Server akan terus melakukan servis kecuali jika server melakukan kesalahan dan kalah dalam reli. Bagi yang terlebih dahulu memperoleh poin 11 dan memimpin dengan minimal 2 skor diatas lawan maka dianggap menang.

Dikatakan Genius Umar, Kejurnas Pickleball Indonesia baru dua kali digelar, yakni di Jakarta dan Surabaya. Kota Pariaman sendiri akan jadi daerah ketiga di Indonesia yang melaksanakan kejurnas ini.

“Kejurnas Pickleball ini akan digelar di Lapangan indoor GOR Rajo Bujang, Kelurahan Karan Aur, Kecamatan Pariaman Tengah. 15 Provinsi sudah menyatakan keikutsertaanya, dengan jumlah Atlet yang akan mengikuti sebanyak 200 orang,” katanya.

Baca juga :  Respon PT KCIC Perihal Warga Terimbas Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Dia menuturkan bahwa nantinya kegiatan ini tetap dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dengan jumlah atlet peserta dibatasi.

“Para Atlet ini juga harus menunjukkan hasil PCR bahwa mereka negatif Covid-19, hal ini kita lakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dalam Kejurnas Pickleball ini, jangan sampai malah menjadi kluster baru,” jelas dia.

Olahraga pickleball dikenalkan oleh Tarmizi Mawardi, seorang Perantau asal Pariaman di New York City, Amerika Serikat, dimana olahraga ini gabungan dari tenis meja, tenis lapangan dan bulutangkis.

“Setelah kami memperkenalkan pickleball di Kota Pariaman pada Januari 2021 lalu langsung mendapatkan perhatian dari Pak Walikota Pariaman, Genius Umar, dan beliau berinisiatif untuk menggelar Kejurnas Pickleball di Kota Pariaman” ujarnya.

Baca juga :  BMKG Peringatkan Bencana Hidrometeorologi di Indonesia

Tarmizi menjelaskan ada 6 Kategori Lomba yang akan dipertandingkan, Kategori Tunggal Putra, Kategori Tunggal Putri, Kategori Ganda Putra, Kategori Ganda Putri, Kategori Campuran dan terakhir Kategori Eksekutive, terangnya. (Taufik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Menurut Penelitian, Pria dengan 7 Sifat Ini yang Bakal Jadi Pasangan Terbaik Untukmu

TELENEWS.ID - Bagi wanita memilih pasangan bukanlah hal yang main-main. Banyak hal yang harus mereka pertimbangkan sebelum memilih pasangan, baik untuk menjadi...

Membongkar 5 Mitos Seputar Operasi Caesar, Proses Melahirkan yang Dipilih Nagita Slavina

TELENEWS.ID - Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akhirnya menimang buah hati mereka yang kedua. Pada Jumat, 26 November 2021 kemarin, Gigi...

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...