Home Nasional KPK Telusuri Kekayaan Abdul Gafur Mas'ud yang Disamarkan

KPK Telusuri Kekayaan Abdul Gafur Mas’ud yang Disamarkan

TELENEWS.ID – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi mendalami aset milik Bupati Penajam Paser Utara nonaktif Abdul Gafur Mas’ud yang diduga disamarkan atas nama pihak lain.

Abdul menjadi tersangka dalam kasus suap barang dan jasa serta izin lahan di Pemerintah Kabupaten PPU.

Saksi yang diperiksa KPK untuk mendalami kekayaan Abdul, antara lain Nur Afifah Balqis yang kini sudah dijadikan tersangka. Nur seorang bendahara umum Partai Demokrat Balikpapan yang memiliki tugas membantu Abdul menerima aliran uang.

“Pendalaman keterangan antara lain terkait dengan peran saksi yang aktif membantu tersangka AGM (Abdul Gafur Mas’ud) dan dugaan adanya berbagai aset milik tersangka AGM yang diatasnamakan pihak-pihak tertentu,” kata pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri, Sabtu (26/3/2022).

Selain Nur, KPK juga memeriksa Direktur PT. Harapan Bersama Pasir Kwarsa, Amatdin Tamin, terkait pemberian izin perusahaan tambang yang diberikan Abdul Gafur.

“Dikonfirmasi antara lain terkait dengan pemberian dan persetujuan izin aktivitas pertambangan bagi perusahaan saksi yang diterbitkan oleh tersangka AGM (Abdul Gafur Mas’ud),” katanya.

Abdul ditangkap dalam operasi tangkap tangan bersama lima tersangka lainnya.

KPK menyita uang sekitar Rp1 miliar serta di dalam rekening milik tersangka Nur Afifah Balqis sebesar Rp447 juta.

Mereka ditangkap di sebuah mal di Jakarta. Nur diduga menjadi penampung uang-uang yang didapat Abdul dari sejumlah rekanan yang mengerjakan proyek di Kabupaten Penajam Paser Utara. (Nanang Middin)

Baca juga :  Ketua Komisi VIII DPR RI : Pernyataan Menag Soal Paham Radikalisme Dapat Timbulkan Kegaduhan di Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...