Home Nasional Tahap Pembahasan, KPU Sebut Ada Wacana Pilkada Serentak 2024 diundur 2027

Tahap Pembahasan, KPU Sebut Ada Wacana Pilkada Serentak 2024 diundur 2027

Komisioner KPU RI, Ilham Saputra (IST)

TELENEWS.id, JAKARTA– Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut ada wacana yang tengah digodok pemerintah dan DPR untuk mengundur pilkada serentak tahun 2024 ke tahun 2027.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan wacana itu saat ini sedang digodok olej pemerintah dan DPR RI dalam proses revisi Undang-Undanv Nomor 10 Tahun Nomor 7 Tahun 2017  tentang Pemilu.

Diketahui, wacana yang belakang muncul adalah keserentakan pilkada pada 2024 digeser untuk diterapkan 2027.

” DPR dan pemerintah sedang menggagas, merencanakan, atau merancang Undang-Undang bagaimana format pilkada dan pemilu yang kemudian tepat untuk kita semua,” katanya.

Sementara itu, dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia mempunyai rencana besar untuk menyerentakkan seluruh pemilihan umum.

Menurutnya  hal itu  dimulai melalui Pilkada Serentak 2015 dengan menyerentakan pemilihan di 269 daerah .Kemudian dilanjutkan dengan 101 daerah pada Pilkada 2017 dan 171 daerah pada Pilkada 2018.

Dia menyebutkan, akan diundur lagi pilkada dan pemilu serentaknya pada 2027,” ucapnya.

Dia juga belum bisa detail rencana pengunduran pemilu serentak ke tahun 2027, Ilham belum dapat memastikan. Karena gagasan itu masih tahap pembahasan awal.

Berdasarkan UU Pilkada, Pilkada serentak 2020 akan jadi gelaran terakhir sebelum Pemilu Serentak 2024.

Sementara daerah yang seharusnya menggelar Pilkada pada 2022 dan 2023, akan digeser ke tahun 2024. Untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah hingga 2024,  pemerintah akan menunjuk pelaksana tugas dari jabatan pimpinan tinggi madya.

Namun pada tahun 2024, rencanannya Indonesia untuk pertama kali akan meyerentakka  pilpres ,pileg, dan pilkada.

Baca juga :  Mendagri Klaim Pilkada 2020 Jadi Gerakan Bersama Atasi Penanganan Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...