Home Daerah KPU Sumbar Segera Tetapkan Paslon Mahyeldi-Audy Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar...

KPU Sumbar Segera Tetapkan Paslon Mahyeldi-Audy Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Terpilih

TELENEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat dalam waktu dekat ini akan melakukan rapat pleno untuk menetapkan pasangan calon (Paslon) Mahyeldi-Audy Joinaldy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), 9 Desember 2020 lalu.

Penetapan dilakukan, setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang diajukan paslon peraih suara terbanyak kedua dan ketiga, yaitu Paslon Nasrul Abit-Indra Catri dan Paslon Mulyadi-Ali Mukhni.

“Setelah dua gugatan yang diajukan ke MK tidak dapat diterima, maka sesuai atauran kita akan segera melakukan persiapan untuk penetapan calon terpilih,” kata Ketua KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani, Rabu (17/2)

Untuk pelaksanaan rapat pleno penetapan, Yanuk menyebut bahwa pihaknya tengah mempersiapkan untuk melaksanakannya pada Kamis (18/2) atau paling lama Jumat (19/2).

“Hari ini kami (KPU Sumbar) melakukan rapat persiapan sebelum pleno penetapan. Persiapan itu termasuk menentukan siapa saja pihak yang bakal diundang, lokasi diadakan rapat pleno penetapan dan lainnya,” ulas dia.

Sebelumnya KPU Sumbar telah menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pilgub Sumbar. Pada Minggu (20/12/20). Hasil rekapitulasi itu mencatat bahwa pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy mendapatkan suara terbanyak yakni 32,43 persen suara atau sebanyak 726.853 suara.

Sementara suara terbanyak kedua diraih Paslon Nasrul Abit-Indra Catri dengan memperoleh 679.069 suara atau 30,30 persen. Selanjutnya disusul Paslon nomor urut 1 Mulyadi-Ali Mukhni yang mendapat 614.477 suara atau 27,42 persen. Sementara pasangan Fakhrizal-Genius Umar ada di urutan paling bawah dan hanya memperoleh 9,86 persen atau 220.893 suara.

“Paslon yang kita tetapkan adalah peraih suara terbanyak, jadi paslon yang meraih suara terbanyak itu yang bakal kita tetapkan nantinya”.

Baca juga :  Satu per Satu Wilayah Kabupaten Bogor Ingin Pemekaran

(Taufik)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...