Home Gaya hidup Kulit Sering Gatal di Malam Hari? Waspada Kamu Mungkin Mengalami 4 Hal...

Kulit Sering Gatal di Malam Hari? Waspada Kamu Mungkin Mengalami 4 Hal Berikut Ini!

Telenews.id- Tahukah kamu kalau kulit merupakan organ tubuh manusia yang paling besar? Ya dengan luas mencapai hingga 2 meter dan beratnya sekitar 16%-20% dari berat tubuh secara keseluruhan, maka kulit menjadi satu organ tubuh paling besar yang dimiliki oleh manusia.

Sebagai salah satu organ terbesar dan terluas, berbagai masalah sering terjadi pada kulit manusia. Salah satunya yang sering sekali dialami oleh siapa saja adalah kulit yang terasa gatal.

Gatal-gatal menjadi salah satu gangguan pada kulit yang paling umum dialami oleh hampir semua orang di dunia ini. Namun pernahkah kamu merasakan gatal-gatal yang parah hanya saat malam hari saja?

Rasa gatal yang luar biasa dan terjadi di malam hari akan sangat mengganggu, apalagi jika hal ini kamu rasakan menjelang jam-jam istirahat. Tentu saja kamu tak akan bisa beristirahat dengan tenang, dan bahkan bisa mempengaruhi kualitas tidurmu juga. Kalau kamu sering mengalami gatal-gatal di malam hari, waspadailah 4 hal yang mungkin terjadi padamu ini!

  1. Ada serangga di ranjangmu
    Salah satu penyebab gatal-gatal hebat di malam hari adalah kemungkinan adanya serangga yang bersarang di ranjangmu. Sprei atau sarung bantal dan selimut yang tidak bersih dan lembab, menjadi sarang yang nyaman untuk serangga berkembang biak. Jika kamu tidak rajin membersihkan tempat tidurmu, maka serangga-serangga ini akan mengganggu dan menyebabkan gatal-gatal pada kulitmu.
  2. Kulitmu memang tidak sehat
    Kulit gatal di malam hari juga bisa disebabkan oleh kondisi kulit yang kurang sehat. Ini karena saat malam hari, panas tubuh kita memicu terjadinya Trans Epidermal Water Loss (TEWL), yang bisa memicu rasa gatal dan menggigit di kulit. TEWL dapat mempengaruhi lapisan kulit paling luar, sehingga memungkinkan pruritogen atau zat apa pun yang menyebabkan gatal masuk ke kulit. Kondisi ini akan semakin parah jika memang kulitmu sedang tidak sehat. “Jika lapisan kulit terluar terganggu dan kulit tidak dalam kondisi tak sehat, maka setiap perubahan dalam tubuh atau lingkungan eksternal dapat menyebabkan rasa tidak nyaman,” kata ahli facial dan ahli kulit selebritis, Nataliya Robinson.
  3. Kamu sedang mengalami tekanan psikologis dan perubahan hormonal
    Perlu kamu tahu bahwa tekanan psikologis seperti stress dan depresi, juga bisa memicu rasa gatal-gatal pada kulit terutama di malam hari. Dalam penelitian cross-sectional yang melibatkan pasien yang dirawat di bangsal psikiatri, 32% diantara mereka melaporkan menderita gatal, dimana 24% merasa gatal mereka lebih buruk di malam hari. Selain itu perubahan hormon seperti saat hamil dan menjelang menopause, juga bisa menyebabkan rasa gatal yang mengganggu di malam hari.
  4. Polisitemia
    Inilah salah satu gangguan kesehatan cukup serius yang membuat penderitanya sering mengalami gatal-gatal di kulit mereka saat malam hari. Dokter kulit Dr. Stefanie Williams, pendiri klinik kulit Eudelo, juga memperingatkan bahwa kondisi kesehatan serius yang disebut polisitemia dapat menyebabkan gatal-gatal di malam hari. “Polisitemia artinya tubuh memiliki konsentrasi sel darah merah yang tinggi, yang membuat darah lebih kental dan alirannya lebih lambat. Orang dengan polisitemia mungkin mengalami kulit merah, terutama pada wajah, tangan dan kaki. Penderitanya juga akan mengalami gatal di malam hari atau setelah mandi” ujar Dr. Williams.
Baca juga :  Tertarik Pakai Air Fryer Saat Harga Minyak Mahal? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya di Sini!
Baca juga :  Mantap!!, Warga Apartemen Cibels Cinere Mendapatkan Vaksinasi Covid-19

Jika kamu mengalami rasa gatal di malam hari, maka ada baiknya kamu segera membersihkan tempat tidurmu. Namun jika tempat tidurmu bersih, maka sebaiknya segera pergi ke dokter, untuk mengetahui penyebab pasti gatal-gatal yang kamu alami di malam hari. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...