Home Gaya hidup Ladies, Peneliti Bilang Minum Kopi Bisa Membantu Kamu Jadi Langsing Lho!

Ladies, Peneliti Bilang Minum Kopi Bisa Membantu Kamu Jadi Langsing Lho!

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Bagi banyak orang, mereka tak bisa memulai hari dengan semangat sebelum meneguk secangkir kopi di pagi hari. Ya kopi bukan lagi sekedar minuman, namun belakangan bahkan telah menjadi bagian dari gaya hidup manusia modern.

Meski kerap disalahkan lantaran kafein tinggi yang membuat orang mengalami insomnia, namun kopi ternyata memiliki banyak manfaat lainnya. Salah satunya belum lama ini peneliti menemukan bahwa kopi memiliki manfaat untuk membantu kaum wanita mendapatkan tubuh ideal yang selalu mereka idam-idamkan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan wanita yang minum lebih dari dua cangkir kopi per hari memiliki total lemak tubuh lebih rendah daripada mereka yang minum lebih sedikit kopi. Wah tentu ini jadi kabar baik buat kamu yang pencinta seorang kopi kan ladies?

Para peneliti dari Universitas Anglia Ruskin di Inggris, melihat data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional CDC untuk menemukan bagaimana konsumsi kopi (dalam cangkir per hari) terkait dengan persentase lemak tubuh. Ternyata, wanita yang minum dua hingga tiga cangkir per hari memiliki lebih sedikit lemak tubuh daripada mereka yang tidak meminumnya.

Survei tersebut melibatkan pria dan wanita berusia antara 20 dan 69 tahun. Peneliti kemudian menemukan bahwa wanita berusia 20-44 tahun yang minum dua atau tiga cangkir kopi per hari memiliki tingkat timbunan lemak perut atau adiposit kecil, yakni 3,4% lebih rendah daripada wanita yang tidak mengkonsumsi kopi. Sementara itu diantara wanita berusia antara 45-69 tahun, mereka yang minum empat cangkir kopi atau lebih memiliki persentase adipositas 4,1% lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Meskipun para peneliti tidak yakin mengapa kopi menurunkan lemak tubuh. Akan tetapi ketua penelitian ini yakni Dr Lee Smith, Profesor Kesehatan Masyarakat di Universitas Anglia Ruskin; mengungkapkan kemungkinan adanya senyawa lain dalam kopi selain kafein yang membantu menyusutkan lemak tubuh terutama bagi wanita

“Bisa jadi kopi, atau bahan-bahan yang efektif yang ada di dalamnya, dapat dimasukkan ke dalam strategi diet sehat untuk mengurangi beban kondisi kronis yang terkait dengan epidemi obesitas,” begitu kata Lee.

Meski begitu sejumlah ahli gizi lain menyebutkan bahwa bukan berarti kamu bisa mengkonsumsi kopi secara berlebihan lho ladies! Minum terlalu banyak kafein, yang bagi kebanyakan orang adalah 400 mg atau empat cangkir per hari, dapat menyebabkan kecemasan, jantung berdebar, dan peningkatan kortisol.

Selain itu kamu juga tak bisa menambahkan banyak gula, susu, krimer atau pemanis berlebihan ke dalam kopi jika ingin mendapatkan berat badan ideal. Kopi hitam rendah gula atau yang tidak manis sama sekali yang disebut-sebut cukup baik untuk membantu penurunan berat badan.

Kafein dalam kopi merangsang sistem saraf yang mengirimkan sinyal langsung ke sel-sel lemak, memberitahu mereka untuk memecah lemak. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan kadar hormon epinefrin dalam darah. Epinefrin juga dikenal sebagai adrenalin, mengalir melalui darah ke jaringan lemak, memberi sinyal untuk memecah lemak dan melepaskannya ke dalam darah.

Tentu saja, melepaskan asam lemak ke dalam darah saja tidak membantu baik melalui olahraga atau diet. Kondisi ini dikenal sebagai keseimbangan energi negatif

Karena itulah selain minum kopi itu kamu juga harus mengimbanginnya dengan gaya hidup sehat seperti aktif bergerak, olahraga rutin, konsumsi sayur dan buah serta minum air putih banyak-banyak. Air putih selain membuatmu terhidrasi, juga membantu meringankan kerja ginjal akibat konsumsi kopi yang biasa kamu lakukan. (Yuyun Amalia)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...