Home Gaya hidup Ladies, Ternyata Ini 5 Penyebab Munculnya Masalah Kulit Selama WFH

Ladies, Ternyata Ini 5 Penyebab Munculnya Masalah Kulit Selama WFH

TELENEWS.ID-Ladies apakah kamu dulu pernah berfikir bahwa saat karantina dan lockdown, merupakan moment yang tepat untuk merawat kecantikan kulit? Mungkin banyak dari kamu yang berfikir saat WFH seperti ini, kamu punya banyak waktu luang untuk menjadikan kulit kembali segar, cerah dan glowing.

Faktanya justru di masa pandemi dan WFH, banyak wanita yang mengeluhkan mereka mengalami berbagai masalah kulit mulai dari _breakout_, jerawat, kulit kering dan juga kusam. Kaum Hawa juga semakin panik karena banyaknya klinik kecantikan yang tutup, atau membatasi jam operasionalnya selama masa pandemi ini.

Mungkin kamu bingung kenapa sih justru mengalami berbagai masalah kulit saat sedang di rumah saja atau WFH? Rupanya meskipun melakukan aktivitas di rumah saja selama masa pandemi ini, banyak wanita yang mengeluhkan bahwa kulit mereka jadi lebih sensitif dan cenderung bermasalah.

“Ketika seseorang tidak banyak keluar rumah, maka kulit mereka akan jarang terkena sinar matahari. Hal ini membuat kulit kehilangan kesempatan mendapatkan manfaat dari Vitamin D, yang menyebabkan kulit jadi kelihatan kusam dan tidak sehat” begitu keterangan Dr Adam Friedmann, seorang dematologis dari Startum Klinik.

Kekurangan Vitamin D rupanya bukan satu-satunya penyebab mengapa kamu mengalami masalah kulit selama WFH. Ternyata ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan kulit kamu jadi kusam, dan kurang glowing selama berada di rumah.

1. Terlalu sering memakai masker
Masker memang membantu melindungi kita dari virus, namun terlalu sering menggunakan masker bisa mengakibatkan berbagai masalah kulit terutama jerawat. “Maskne” atau _mask-acne_ atau jerawat yang terjadi karena pemakaian masker yang terlalu sering, terjadi lantaran ketika berbicara, kita melepaskan udara hangat di dalam masker.

Udara hangat inilah yang membuat pori-pori wajah menjadi terbuka, dan merupakan tempat bagi bakteri berkembang biak. Hal ini bisa bertambah parah ketika kamu juga mengenakan make up saat memakai masker.

Para ahli menyarankan agar kamu mengurangi penggunaan make up yang berlebihan saat memakai masker. Kamu juga disarankan untuk lebih sering mengganti masker, agar bakteri tidak mudah berkembang biak dan mengakibatkan timbulnya jerawat.

2. Terlalu sering menggunakan hand sanitizer
Produk pembersih dan hand sanitizer semakin sering kita gunakan selama masa pandemi ini. Namun rupanya penggunaan dua produk ini juga jadi salah satu pemicu masalah kulit, terutama kulit tangan yang menjadi kering dan kasar.

Baca juga :  Tanpa Disadari, Kamu Mungkin Telah Melakukan 6 Kesalahan Ini Saat Mencuci, Apa Saja Itu?

Kandungan bahan kimia dalam hand sanitizer atau aneka produk pembersih memang efektif menghalau kuman dan bakteri. Tapi hal itu juga menyebankan berbagai masalah kulit seperti gatal-gatal, kemerahan, kulit kering dan juga kasar.

3. Sinar UV pada gadget ternyata juga bisa menjadi pemicu masalah kulit
Selama WFH, kamu mungkin lebih sering berada di depan laptop atau gadget kamu untuk bekerja. Namun tanpa kamu sadari, paparan sinar UV dari gadget rupanya memberikan dampak yang buruk juga bagi kulit.

Para ahli kecantikan memperingatkan adanya resiko _hiperpigmentasi_ yang ditandai dengan munculnya flek hitam, lantaran paparan radiasi dari sinar UV gadget yang sering digunakan sehari-hari. Selain itu, paparan radiasi sinar UV ini juga menghancurkan kolagen dalam kulit sehingga meningkatkan resiko terjadinya penuan dini dan turunya elastisitas kulit.

4. Pola makan yang berantakan dan dehidrasi
Pola makan yang berantakan selama WFH juga jadi salah satu faktor penyebab munculnya berbagai masalah kulit. Kamu mungkin jadi sering ngemil makanan yang tinggi kandungan lemaknya selama bekerja dari rumah. Selain itu, dehidrasi juga jadi penyebab lain munculnya berbagai masalah kulit selama masa WFH ini.

Baca juga :  Tanpa Disadari, Kamu Mungkin Telah Melakukan 6 Kesalahan Ini Saat Mencuci, Apa Saja Itu?

Sebisa mungkin hindari mengkonsumsi makanan yang kurang sehat serta tinggi kandungan lemaknya. Kamu bisa menggantinya dengan ngemil yogurt, buah-buahan segar atau dark chocolate. Selain itu alih-alih kopi atau jus, ada baiknya kamu mengkonsumsi lebih banyak air putih ya ladies.

5. Kamu stress dan sering begadang
Stress dan begadang jadi dua hal yang sebaiknya kamu hindari jika ingin memiliki kulit yang segar dan awet muda. Stress serta begadang bisa membuat kulit menjadi kusam, kendur dan memunculkan lingkaran hitam atau mata panda.

Tidur yang cukup serta menghindari stress dengan melakukan kegiatan relaksasi seperti yoga dan berkebun, jadi hal yang disarankan untuk mendapatkan kulit yang sehat selama pandemi ini.

Saat WFH bukan berarti kamu melupakan kebiasan menjaga kesehatan kulit. Kamu tetap bisa kok menggunakan skincare meski jarang keluar rumah. Yang terpenting kamu juga harus menjaga agar pola hidupmu tetap sehat selama WFH, sehingga kulit glowing, segar dan cerah pun tetap bisa kamu dapatkan. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...