Home Nasional Langkah Daftar Pengajuan Bantuan BLT Minyak Goreng, Yuk Cermati Caranya

Langkah Daftar Pengajuan Bantuan BLT Minyak Goreng, Yuk Cermati Caranya

TELENEWS.ID – Cukup banyak permasalahan ditimbulkan dari kenaikan harga minyak goreng di pasaran. Berbagai langkah dari Pemerintah saat ini diharapkan bisa mengatasi beban masyarakat untuk mendapat minyak goreng.

Pemberian BLT ataupun Bantuan Langsung Tunai minyak goreng menjadi opsi sementara Pemerintah untuk bisa mengurangi beban masyarakat.

BLT diberikan sebesar Rp 100.000 per bulan dan diberikan dalam durasi tiga bulan sekaligus dari April, Mei, dan Juni.

Sehingga dari total bantuan minyak goreng yang diterima masyarakat pada bulan April sebesar Rp 300.000.

Persyaratan Penerima BLT Minyak Goreng

Tidak semua kalangan mendapatkan bantuan dari Pemerintah berupa BLT. Karena sistem pemberian BLT masih ditujukan pada beberapa kriteria seperti berikut ini.

1.Masyarakat yang masuk ke dalam penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).
2.Menjadi peserta aktif dalam Program Keluarga Harapan (PKH).
3.Memiliki status pekerjaan ataupun usaha pedagang kaki lima dan berjualan makanan gorengan.

Secara tidak langsung Pemerintah masih membuka data baru dan sekarang sudah mendapatkan jumlah 20.5 juta keluarga masuk ke daftar BPNT dan PKH sampai 2.5 juta PKL dengan status bisnis makanan gorengan yang layak menerima BLT minyak goreng.

Cara Mendaftar Bantuan Minyak Goreng

Seperti kita lihat dari awal pendaftaran dari penerima bantuan BLT minyak goreng masih bisa diakses secara online menggunakan aplikasi Cek Bansos.

Bila Anda masih belum mengerti cara mendapatkan pengajuan dana BLT minyak goreng dari aplikasi Cek Bansos cobalah cermati informasi berikut ini.

1.Langkah awal unduh aplikasi Cek Bansos resmi dari developer pembuatnya yakni Kementerian Sosial Republik Indonesia.

2.Jika sudah diunduh, langkah berikutnya pilih menu Buat Akun Baru, dan isi kolom yang sudah tersedia. Beberapa informasi seperti nomor Kartu Keluarga, NIK, dan semua data sesuai KTP. Tidak hanya itu, pemohon juga diwajibkan untuk swafoto dengan KTP ataupun bisa memakai foto KPT.

Baca juga :  Mendagri : Pilkada 2020 Berpotensi Konflik

3.Jika berhasil, maka data akan masuk proses verifikasi Kementerian Sosial.

4.Ketika data sudah selesai verifikasi, maka akun dan user ID akan diaktivasi hingga menu di dalam Aplikasi Cek Bansos tersebut bisa diakses.

5.Anda perlu membuat username dan password untuk bisa login ke dalam akun.

6.Bila sudah berhasil masuk, cek dari menu daftar usulan kemudian isi semua data sesuai KTP. Tidak hanya mendaftar secara pribadi, di dalam aplikasi ini juga bisa mendaftarkan kerabat Anda, teman dan orang lain yang tidak bisa mengakses ke smartphone dengan memanfaatkan menu tambah usulan.

Baca juga :  Jubir Wapres Sebut Lockdown Akan Matikan Ekonomi Rakyat

7.Bila dari data yang dimasukkan tersebut sudah benar maka pendaftar dapat menentukan menu pilih jenis bansos.

8.Jika sudah berhasil diusulkan, pihak Kemensos akan melakukan validasi dan juga proses verifikasi semua data.

9.Masyarakat juga bisa memeriksa lolos tidaknya pengajuan yang Anda lakukan sebelumnya dengan mengakses menu Cek Bansos di aplikasi tersebut ataupun bisa juga mengakses halaman website cekbansos.kemensos.go.id. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...