Home Internasional Lebanon Berduka, Ledakan Hancurkan Kawasan Pelabuhan Beirut Hingga Menewaskan 70...

Lebanon Berduka, Ledakan Hancurkan Kawasan Pelabuhan Beirut Hingga Menewaskan 70 Orang

Kondisi di kawasan pelabuhan Beirut Lebanon ( ist)

TELENEWS. ID-LEBANON – Presiden Lebanon Michel Aoun menyerukan kepada kabinetnya untuk menyatakan keadaan darurat selama dua minggu di Beirut menyusul ledakan dahsyat pada Selasa (4/8) yang menghancurkan sebagian besar pelabuhan. Ledakan itu menewaskan sedikitnya 70 orang dan mencederai lebih dari 3,500 lainnya.

Walaupun penyebab ledakan belum diketahui, Presiden Aoun mencuit “saya tidak akan puas sampai kita bisa menemukan siapa yang bertanggung jawab atas peristiwa ini, dan mengenakan hukuman paling berat atasnya. Tidak bisa diterima adanya ammonium nitrat sebanyak 2.750 ton yang telah disimpan di sebuah gudang selama enam tahun tanpa adanya pengamanan yang cukup.”

Perdana Menteri Hassan Diab mengadakan pertemuan dengan Dewan Pertahanan Tertinggi, Selasa (4/8) malam, dan menyatakan dukungan bagi apa yang disebutnya sebagai “para syuhada”, dan mendoakan penyembuhan yang cepat bagi korban yang luka-luka. Ia juga menyerukan diadakan penyelidikan yang segera.

Ucapan berkabung dan dukungan bagi rakyat Lebanon datang dari seluruh dunia termasuk Israel, yang segera menyatakan bahwa Israel “tidak ada hubungannya dengan ledakan itu.” Hubungan antara Israel dan Lebanon tegang karena kelompok terror Hezbollah yang berpangkalan di Lebanon terus berkumpul di perbatasan dengan Israel.

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo mengatakan dalam sebuah pernyataan, Selasa (4/8), bahwa Amerika”memantau dengan cermat peristiwa itu dan siap membantu rakyat Lebanon bangkit dari musibah ini.”

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan di Gedung Putih bahwa “kami siap untuk membantu. Ini tampaknya seperti sebuah serangan yang mengerikan,” tambahnya. Kata Trump lagi, para pejabat militer Amerika yang berbicara dengannya berpendapat ledakan itu disebabkan “oleh semacam bom.” dikutip dari VOA, Rabu (5/8/2020).

Departemen Pertahanan yang dimintai komentar tentang pernyataan Trump itu minta pada VOA supaya menanyakan langsung ke Gedung Putih.

Baca juga :  Rusia Bersiap Syuting Film di Luar Angkasa

Kata para saksi mata, bencana itu dimulai dengan serentetan ledakan kecil yang terdengar seperti suara mercon, yang kemudian diikuti oleh dentuman hebat yang menciptakan debu dan awan seperti cendawan diatas kawasan pelabuhan Beirut (VOA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID - Tinggal hitungan hari lagi maka umat Kristiani akan bersuka cita merayakan Natal. Selayaknya hari besar lainnya, banyak persiapan yang harus...

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...