Home Olah Raga Leeds United 0-1 Aston Villa: The Villans Intip Peluang ke Kancah Eropa

Leeds United 0-1 Aston Villa: The Villans Intip Peluang ke Kancah Eropa

TELENEWS.ID – Aston Villa kini hanya terpaut enam poin saja dari empat besar setelah memetik kemenangan impresif atas tuan rumah Leeds United pada laga yang mentas di Elland Road dini hari tadi.

Anwar Al Ghazi menjadi pembeda pada pertandingan kali ini secara brilian mengontrol umpan silang Ollie Watkins dan menghujam gawang Islan Meslier kala laga baru berjalan lima menit.

Tim asuhan Dean Smith yang masih tampil tanpa sang kapten andalan Jack Grealish terlihat bermain cukup taktis melawan Leeds yang beberapa kali gagal melakukan penetrasi meskipun memetik kemenangan dalam dua laga terakhir melawan Crystal Palace dan Southampton.

Meskipun menelan kekalahan, tim asuhan Marcelo Bielsa masih berada di posisi ke-10 besar dengan mengoleksi 35 poin dari 26 laga. Leeds pun kini terpaut empat angka saja dari Villa yang masih akan melakoni partai berat melawan Sheffield United, Wolverhampton dan Newcastle United untuk terus mengintip peluang masuk ke zona Eropa.

Menang Tanpa Grealish

Smith selalu membantah bahwa Aston Villa sangat bergantung pada satu pemain saja namun tidak bisa dipungkiri bahwa mereka akan lebih berbahaya ketika Grealish bermain.

Sebelum laga ini, persentase kemenangan mereka dalam tiga musim terakhir menurun dari 42% ketika Grealish bermain hingga 17% tanpa sang kapten dan absennya Grealish sangat mempengatuhi permainan tim kala ditekuk Leicester City pekan lalu.

Smith ternyata mempersiapkan tim asuhannya dengan opsi lain dan terbukti ketika kombinasi lini serang mereka mampu mengamankan tiga poin penting.

El Ghazi memang mencatatkan rentetan gol impresif sebelum Natal tahun lalu dan ia kembali menemukan sentuhan mencetak golnya setelah muncul tiba-tiba di lini pertahanan Leeds untuk memaksimalkan umpan Watkins menjadi gol.

El Ghazi pun kembali membahayakan gawang Meslier dua kali dari jarak dekat dan memaksa kiper asal Perancis tersebut melakukan penyelamatan krusial.

Kemenangan tanpa kebobolan ini semakin lengkap karena lini pertahanan mereka yang cukup solid – hanya Manchester City dan Chelsea yang kebobolan lebih sedikit di Premier League musim ini – dan kali ini menjadi laga ke-13 mereka tanpa kebobolan pada musim ini.

Kredit lebih harus diberikan kepada Smith yang melakukan perubahan di lini tengah dimana Marvelous Nakamba dan Jacob Ramsey berduet sebagai gelandang jangkar di depan empat bek.

Baca juga :  Olimpiade Tokyo 2020 Suguhkan Sejumlah Teknologi Canggih

Dengan masih menyisakan dua laga tunda, the Villans sangat berpeluang untuk kembali berlaga di kancah Eropa musim depan setelah terakhir kali berpartisipasi pada tahun 2010 lalu.

Leeds Kesulitan

Tim asuhan Bielsa mengejutkan Premier League musim ini dengan gaya bermain terbuka dan subur di mulut gawang.

Kedua kualitas tersebut sangat terlihat kala menghadapi Southampton pekan lalu dengan kemenangan tiga gol tanpa balas.

Namun kondisi lapangan yang cukup buruk, dominasi mereka untuk mengontrol permainan tidak menghasilkan banyak peluang emas untuk membongkar pertahanan solid Villa.

Leeds memang mencatatkan assist dua kali lebih banyak dibandingkan tim tamu namun jarang membahayakan gawang lawan, khususnya di babak kedua dimana Patrick Bamford dkk tidak mencatatkan satu tendangan ke gawang pun.

Raphinha yang sedang dalam performa terbaik bisa diredam oleh Ahmed El Mohamady dan pencetak gol terbanyak Patrick Bamford yang mendulang hat-trick kala bertandang ke Villa Park kurang terlibat dalam menghasilkan peluang.

Baca juga :  Demi Ulangi Catatan Sejarah 29 Tahun Silam, Denmark Siap Runtuhkan Tembok Inggris di Wembley

Tyler Roberts sebenarnya memiliki peluang emas di babak pertama namun sayang usahanya masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Martinez.

Jelang akhir laga, sundulan Raphinha hanya melambung di atas mistar gawang Villa setelah membentur tanah terlebih dulu.

Data, Fakta dan Statistik

  • Aston Villa memetik kemenangan perdana mereka di kandang Leeds sejak Desember 2000. Kemenangan ini juga memutus enam laga tanpa kemenangan di Elland Road (D4 L2).
  • Leeds telah menelan enam kekalahan di liga ketika bermain di kandang sendiri musim ini.
  • Aston Villa telah memetik 23 poin dari kandang lawan di Premier League musim ini (W7 D2 L4). Catatan ini menjadi yang tertinggi sejak musim 2009-10 (32 poin – W9 D5 L5)
  • Leeds telah kebobolan 27 gol sebelum turun minum musim ini, namun the Whites menorehkan catatan tertinggi di Premier League musim ini yaitu 19 gol dari situasi bola mati.
  • Kiper Villa, Emiliano Martinez, mencatatkan delapan laga tandang tanpa kebobolan pada musim ini, sebuah catatan terbaik dibandingkan kiper lain di Premier League. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...