Home Travel Legenda Komedian Dunia, Charlie Chaplin Ternyata Pernah Berkunjung ke Situ Bagendit

Legenda Komedian Dunia, Charlie Chaplin Ternyata Pernah Berkunjung ke Situ Bagendit

TELENEWS.ID – Pariwisata di Indonesia sangat kaya akan fenomena alam dan keindahannya yang sudah diakui dunia. Negaranya yang sangat luas bahkan membuat Indonesia masih memiliki lokasi wisata dan keindahan alam yang belum terjamah oleh wisatawan. Salah satu daerah yang menjadi lokasi wajib dikunjungi wisatawan mancanegara adalah Jawa Barat, dan lokasi wisata wajibnya adalah Setu Bagendit.

Setu Bagendit sendiri terletak di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Setu merupakan bahasa daerah yang berarti danau. Setu Bagendit memiliki pemandangan alam yang Indah dengan perpaduan Gunung dan danau. Karena keindahan lokasi ini, sebuah literatur dari Eropa memuat tentang fakta bahwa legenda comedian dunia, Charlie Chaplin pernah berkunjung ke Setu Bagendit tepatnya pada tahun 1932.

Karena kekagumannya terhadap keindahan alam Setu Bagendit, Charlie Chaplin sendiri diketahui mengunjungi Setu Bagendit sebanyak dua kali. Transportasi yang dia gunakan juga merupakan transportasi sederhana yaitu dengan kereta api dari Batavia (Jakarta) menuju ke Stasiun Cibatu, Garut. Kebanggaan Indonesia yang menjadi salah satu lokasi wisata favorit dari seorang sekelas Charlie Chaplin disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo kala mengunjungi Setu Bagendit beberapa waktu lalu. Kunjungan Presiden Jokowi adalah dalam rangka pengecekan lokasi dan proses revitalisasi Setu Bagendit yang telah dilaksanakan sejak tahun 2020.

Kunjungan dua kali Charlie Chaplin ini juga dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Budi Gan Gan. Budi juga menyatakan, sejak zaman penjajahan Kolonial Belanda, Garut dan Setu Bagendit ini sudah menjadi primadona untuk masyarakat Belanda berlibur. Menurut warga Eropa, Setu Bagendit merupakan Swiss Van Java yang memiliki cuaca dingin namun di negara tropis sehingga menghasilkan pemandangan Indah.

Baca juga :  Enam Destinasi Wisata Sejarah di Surabaya

Jika kalian mengunjungi lokasi wisata Setu Bagendit, ada beberapa wisata pokok yang bisa kalian jadikan memori. Pertama ada keindahan tanaman bunga Teratai dan eceng gondok di sepanjang sisi danau. Setu Bagendit juga dikelilingi oleh banyak bukit dan Gunung seperti Gunung Cikuray, Gunung Guntur, Gunung Kaledong, Gunung Haruman, dan Talaga Bodas. Pengunjung dapat menyewa rakit atau perahu untuk berkeliling danau yang luas. Lokasi wisata juga dilengkapi dengan berbagai wahana air, gazebo untuk beristirahat, berbagai kios makanan dan cinderamata, tempat ibadah, toilet, tempat parkir yang luas, serta lokasi memancing untuk menyalurkan hobi.

Pemerintah pusat melalui kementerian PUPR dan kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif memang sedang melakukan proses revitalisasi Setu Bagendit menjadi kawasan wisata bertaraf Internasional. Targetnya adalah tahun 2022 ini, proses revitalisasi tersebut selesai dan Setu Bagendit dapat dipromosikan ke pasar wisata Internasional dengan wajah baru. Tidak tanggung-tanggung, pemerintah menggelontorkan dana sebesar 87,73 miliar rupiah dan menggaet kontraktor pelaksana sekelas PT Adhi Karya untuk melaksanakan revitalisasi ini. (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...