Home Daerah Luhut Berharap Orang Batak Pimpin Badan Otorita Danau Toba

Luhut Berharap Orang Batak Pimpin Badan Otorita Danau Toba

TELENEWS.ID – Danau Toba, Sumatera Utara menjadi salah satu destinasi wisata super prioritas yang diusung pemerintah. Untuk meningkatkan potensi wisata di kawasan tersebut, pemerintah telah menganggarkan biaya Rp 22 triliun. Saat ini telah dibangun The Kaldera Toba Nomadic Escape, di atas lahan Zona Otorita Kabupaten Toba Samosir.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan menjelaskan, Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas bersama empat destinasi lainnya diwajibkan agar menerapkan pariwisata yang aman di masa pandemi Covid-19, dengan tetap menyuguhkan keindahan alam, kenyamanan dan fasilitas yang memadai.

Lebih lanjut lagi Luhut mengharapkan, pemimpin Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) dari suku Batak. Hal ini menurutnya merupakan aspirasi masyarakat dan tokoh adat setempat. Paling tidak anak muda Batak yang berkemampuan baik yang bisa mengelolanya.

“Saat ini kami sedang mencari pemimpin Badan Pelaksana Otorita Danau Toba yang saat ini masih kosong, diharapkan juga kalau ada orang Batak yang mengisi jabatan tersebut,” kata Luhut seusai menghadiri acara “China Tourism and Investment Forum for 5 Key Super Priority Tourism Destinations” di The Kaldera – Toba Nomadic Escape, Desa Sibisa Perdamaian, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada Jumat, 18/12/2020. Diketahui, acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hubungan diplomatik Indonesia – China ke 70 tahun.

Diketahui, posisi Direktur Utama BPODT saat ini masih kosong. Setelah direktur sebelumnya, Arie Prasetyo dipindah tugaskan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menjadi Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) pada 13 November 2020.

Kepada masyarakat Batak, Luhut juga berpesan agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, giat dalam bekerja dan ramah terhadap para pendatang. “Kalau kita tidak ramah, kampung tidak bersih, dan orang melihat kita tidak setia pada protokol kesehatan, orang tidak akan mau datang,” ujar Luhut.

Baca juga :  Kuliner Indonesia Dipromosikan dalam Program Televisi Prancis, Cuisine du Monde

Menurutnya lagi, semua kembali pada masyarakat Batak. Jika mereka ingin wisatawan datang, ekonomi terus bisa bergulir, lapangan pekerjaan semakin terbuka luas dan hidup sejahtera, maka jangan hanya bertanya ke pemerintah. Tanyalah kepada diri sendiri, apakah kita sudah memberikan kontribusi agar orang mau datang ke tempat kita.

Terkait dengan pandemi Covid-19, Luhut juga mengatakan bahwa pemerintah akan terus berupaya mengurangi kasus Covid-19 sambil mendatangkan vaksin. Menurutnya, Batak adalah daerah yang relatif kecil dibandingkan tempat-tempat lain. Seharusnya bisa dipelihara dan Covid-19 jangan sampai berkembang meluas.

Baca juga :  Geger TKA, Ganjar Buka-Bukaan Jateng Didominasi dari China

Saat ini, pemerintah telah membebaskan lahan di Desa Sibisa untuk pengembangan fasilitas wisata Danau Toba. Menurut Luhut, sejumlah pengusaha berkeinginan untuk membangun sejumlah hotel di sana.

Wakil Menteri Kebudayaan dan Pariwisata China, Zhang Xu juga telah sepakat akan terus bekerja sama memulihkan perekonomian akibat pandemi Covid-19 dan saling mendorong ekonomi serta perdagangan kedua negara, terutama sektor pariwisata.

Penulis: Dwi Eppy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...