Home Nasional Luhut Panjaitan : Presiden Akan Putuskan Karantina Wilayah Terdampak Pandemi Covid-19...

Luhut Panjaitan : Presiden Akan Putuskan Karantina Wilayah Terdampak Pandemi Covid-19 pekan depan

,

TELENEWS.id, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyatakan kepastian karantina wilayah akibat pandemi virus corona atau Covid-19 akan diputuskan pada pekan ini Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 


“Kita akan lihat nanti istilahnya apa,  tapi saya kira dalam minggu ini akan ada putusan mengenai hal itu, Pak Presiden ingin seminimum mungkin rakyat jangan sampai jadi korban yant terlalu parah, ” kata Luhut melalui keterangannya video yang dikutip Tempo. co. id,  Selasa 31/3/2020).


Luhut menyampaikan bahwa pemerintah harus mencari definsi yang tepat,  terutama terkait istilah karantina. Istilah tersebut mengacu pada Undang-Undang Nomor 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. 


Dia menjelaskan,  saat ini pemerintah tengah mengkaji kemungkinan -kemungkina yang akan terjadi jika diterapkan karantina wilayah. 

Menurut dia,  salah satu faktor yang tengah dipertimbangkan oleh Presiden Jokowi adalah ekonomi masyarakat yang terdampak kebijakan karantina ini. 

“Jangan sampai jadi korban yang terlalu parah. Kalau kita kena semua,  tapi presiden lihat kepada rakyat kecil, ” imbuhnya. 

Selain itu,  dia menyebutkan Menteri Keuangan Sri Mulyani sedang menghitung kebutuhan anggaran yang diperlukan jika kebijakan karantina wilayah jadi diterapkan. Maka anggaran tersebut dipersiapkan untuk memberikan insentif bagi masyarakat yang terdampak. 

“Hal ini harus dicari keseimbangannya,  nanti terminologinya docari juga. Kita tidak kenal lockdown. Kita kenalnya dikarantina,  undang-undang nih ya. Jangan kita pakai istilah lockdown, ” tegasnya (rio).

Baca juga :  Jokowi Tinjau Kesiapan RS Darurat Penangan Covid-19 di Pulau Galang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...