Home Infrastruktur Luhut Terus Genjot Pembangunan Infrastruktur, Sebut Utang Tidak Masalah

Luhut Terus Genjot Pembangunan Infrastruktur, Sebut Utang Tidak Masalah

TELENEWS.ID – Pemerintah kembali terkena isu tak sedap terkait hutang yang semakin membengkak akibat pandemi covid-19. Namun hal ini dirasa bukan masalah besar bagi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Dimana mendukung pemerintah untuk meningkatkan anggaran pembangunan infrastruktur.

Tahun lalu, pemerintah memang memiliki anggaran sebesar Rp423 triliun, ini diperuntukkan sebagai pembangunan di berbagai daerah. Namun hal ini tidak bisa berjalan seluruhnya di tengah pandemi, p-asalnya kantong dana pemerintah habis untuk mengatasi masalah covid-19.

Setelah ditelusuri, dana pembangunan yang dianggarkan pemerintah ini ternyata datang dari berbagai pos, salah satunya utang. Hal ini jelas menuai kritikan banyak pihak, dimana mengaku khawatir dengan utang negara yang semakin bertambah banyak sehingga membuat spekulasi apakah pemerintah mampu untuk melunasi semua utang tersebut.

Ternyata utang pemerintah yang menggunung ini ditanggapi berbeda oleh Luhut, Ia mengaku tidak masalah dengan tumpukan hutang terlebih lagi jika diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur. Bahkan menilai tindakan ini hal wajar dan terjadi di seluruh negara di dunia.

“Orang bilang ini utang. Enggak apa-apa utang kalau dia bisa membayar sendiri, silahkan saja” ujar Luhut dalam acara pengukuhan Pengurus Aplikasi yang disiarkan dalam channel Youtube pada Selasa (22/06/2021).

Luhut bahkan berani mengklaim bahwa hutang yang dilakukan pemerintah untuk membangun infrastruktur di daerah akan meningkatkan ekonomi. Logikanya, saat semua terkoneksi dengan baik, maka pertumbuhan ekonomi tidak akan berpusat di pemerintahan pusat saja, melainkan menyebar ke seluruh daerah lainnya.

Luhut juga mengingatkan kembali saat pemerintah membuat kebijakan pembangunan tol Jagorawi, banyak yang mencemooh ide tersebut, tapi lihat apa yang terjadi sekarang, semua merasakan manfaatnya.

Ini juga akan terjadi pada pembangunan infrastruktur hari ini, manfaatnya akan dirasakan pada 15-20 tahun yang akan datang. Dimana manfaatnya akan banyak dirasakan oleh anak cucu sehingga bisa jadi warisan yang membanggakan dan berguna untuk generasi masa depan.

Baca juga :  Target Selesai 2022, KemenPUPR Sebut Pembangunan Proyek Ruas Jalan Tol Semarang-Demak Capai 30,5 Persen

Luhut juga mengatakan bahwa tidak ada satu negara pun membangun infrastruktur tanpa menggunakan utang, ini akan mempercepat pembangunan. Bahkan di Amerika Serikat semua pembangunan mengambil dana dari hutang, sedangkan Indonesia hanya mengambil pos utang untuk pembangunan sebesar 40 persen saja.

Pemerintah memang memiliki mimpi besar untuk meningkatkan transportasi di wilayah Sumatera dengan adanya Tol Trans Sumatera, proyek besar ini ditargetkan akan selesai pada 2023-2024 mendatang, namun dengan kondisi sekarang ini belum tentu proyek tersebut akan selesai sesuai deadline yang dikehendaki.

Bukan hanya Tol Trans Sumatera saja yang jadi mimpi besar pemerintah namun juga Trans Kalimantan, jika Tol Trans Sumatera sudah hampir rampung, lain halnya dengan Tol Trans Kalimantan yang belum selesai dan masih butuh waktu panjang.

Baca juga :  Prihatin, Jalan Lintas Penghubung Kapuas Tengah dan Pasak Telawang Rusak Parah

Lantas apakah pembangunan infrastruktur bisa dilanjutkan di tengah pandemi covid-19? Luhut menjawab dengan tegas, bisa. Tidak ada salahnya untuk tetap melanjutkan pembangunan di tengah krisis, asalkan bisa diikuti dengan perencanaan, eksekusi serta pengawasan yang baik. Proyek ini bahkan akan jadi hadiah manis setelah masalah virus covid-19 ini selesai. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...