Home Travel Kuliner Makanan Indonesia ini Dianggap Ekstrim di Luar Negeri

Makanan Indonesia ini Dianggap Ekstrim di Luar Negeri

TELENEWS.ID – Indonesia memiliki beraneka ragam kuliner. berbagai macam olahan menu makanan nusantara tersedia di Negara Kepulauan ini. Oleh karena itu, tidak heran apabila beberapa makanan khas nusantara terkenal hingga ke mancanegara karena cita rasanya yang lezat dan menggugah selera.

Namun dari berbagai macam kuliner di Indonesia, Tak sedikit wisatawan mancanegara yang menganggap beberapa menu kuliner Indonesia ke dalam kategori makanan ‘ekstrim’

Apa saja makanan yang dianggap ekstrim tersebut? mari kita simak daftar makanan Indonesia yang dianggap ekstrim di luar negri.

  1. Soto Babat
Craftlog.com

Soto babat termasuk salah satu menu yang cukup populer di berbagai kota besar di Indonesia. Soto dengan bahan dasar babat ini banyak dijual di berbagai tenda makan kaki lima. Babat sendiri dalam bahasa Indonesia berarti bagian perut besar dari hewan seperti sapi atau kerbau. Selain babat yang menjadi isian utama dalam soto ini, kol, bihun atau sohun, tomat dan air perasan jeruk nipis juga ada di dalamnya. Tak lupa ditambah bawang merah goreng dan sambal bagi pecinta pedas, sebagai pelengkapnya.

Meskipun populer di Indonesia, namun berbeda dengan di luar negri yang menganggap makanan ini sebagai makanan ekstrim.

  1. Sate Uritan
Merahputih.com

Sate uritan biasanya menggunakan telur ayam muda, sementara Uritan sendiri adalah bakal telur yang masih ada dalam perut indukan. Telur muda ini berbentuk seperti bola kecil-kecil berwarna kekuning-kuningan.

Di Yogyakarta, sate uritan menjadi salah satu menu di angkringan. Ada juga menjadikannya sebagai pendamping bakmi Jawa, gudeg, atau pendamping sajian soto.

Namun untuk di luar negeri, makanan ini justru dianggap ekstrim dan tidak biasa.

  1. Tambusu
Pinterest.com

Tambusu yaitu sajian dari usus sapi yang diolah pada gulai kuah kental. Usus dalam gulai ini kemudian diisi dengan olahan telur, tahu, dan bahan lainnya yang sudah dibumbui terlebih dahulu. Makanan khas dari Minang ini sering disebut sebagai gulai tambusu.

  1. Paru Goreng
Baca juga :  Menyambangi Magisnya Yeh Leh; Pesisir Bebatuan Unik di Jembrana
Nusadaily.com

Goreng paru menjadi makanan khas Minang lainnya yang menggunakan jeroan sebagai bahan dasarnya. Di luar Sumatera Barat, goreng paru mudah ditemui di berbagai warung makan Padang.

Seperti namanya, Goreng paru menggunakan bahan paru-paru sapi.

Di Indonesia paru cukup populer dan banyak diminati. Namun siapa sangka makanan ini justru dianggap ekstrim di luar negri.

  1. Pepes Jeroan Ikan Bandeng
Cookpad.com

Pepes isi perut ikan bandeng merupakan salah satu olahan unik khas Indonesia lainnya. Di beberapa daerah, jeroan ikan bandeng akan dimanfaatkan untuk pakan ikan lele atau sebagai umpan pancing.

Namun dengan resep tertentu, di beberapa daerah jeroan perut bandeng justru disajikan sebagai bahan makanan yang nikmat. Pepes dari jeroan ikan bandeng dapat ditemukan di wilayah pantai barat Sulawesi Selatan.

  1. Momoh
Baca juga :  Bangkitkan Bali dengan Wisata Kesehatan
Calonpengangguran.com

Momoh adalah menu soto khas daerah Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, yang berbahan dasar dari jeroan sapi atau kerbau. Momoh juga sering disebut sebagai makanan untuk menambah stamina.

Itulah beberapa olahan makanan yang populer bahkan cukup banyak diminati di Indonesia, namun ternyata dianggap ekstrim di negara lain karna dianggap aneh dan tidak biasa. (Hifziyah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...