Home Gaya hidup Kesehatan Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID – Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri bahwasanya selulit mengurangi rasa percaya diri seorang wanita. Apalagi jika ia sudah menikah, masalah selulit bahkan ada yang sampai menyebabkan berkurangnya kemesraan antara suami istri lantaran sang istri merasa tak percaya diri dengan adanya selulit di tubuh mereka.

Selulit adalah kondisi kulit yang sangat umum dan tidak berbahaya yang menyebabkan daging berlekuk di paha, pinggul, bokong, dan perut. Kondisi ini paling sering terjadi pada wanita, meski tak menutup kemungkinan ada juga laki-laki yang mengalaminya meskipun hanya sedikit dan langka jumlahnya.

Saat sel-sel lemak menumpuk dan berkembang di bawah kulit, mereka mendorong jaringan, menyebabkan penampilan yang tidak merata di permukaan kulit, itulah yang kemudian disebut sebagai selulit. Menurut dokter osteopathic Robert A. Kominiarek, DO., selulit umumnya muncul di paha, bokong, lengan dan pinggul.

Selain penumpukan lemak di tubuh, faktor hormonal juga memainkan peran besar dalam perkembangan selulit. Selain itu faktor genetika juga ikut menentukan struktur kulit, tekstur kulit, dan tipe tubuh sehingga memang ada beberapa wanita yang memiliki banyak selulit, ada juga yang hanya sedikit. Faktor lain, seperti berat badan dan kekencangan otot, juga ikut menentukan apakah kamu memiliki selulit atau tidak, meskipun orang yang sangat bugar dan suka olahraga sekalipun juga dapat memilikinya.

Meskipun tidak berbahaya, namun selulit bisa sangat mempengaruhi mental dan rasa percaya diri seorang wanita. Beruntung dewasa ini banyak prosedur kecantikan dan kosmetik yang membantu untuk mengatasi selulit. Selain itu mengurangi berat badan juga jadi salah satu cara yang dianjurkan untuk mengatasi selulit.

Namun ternyata, ada juga loh beberapa jenis makanan yang bisa membantu seorang wanita untuk melawan selulit secara alami. Apa saja itu?

  1. Ikan salmon
    Salmon memang termasuk dalam salah satu superfood yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Menurut Lori L. Shemek, PhD, konsultan nutrisi bersertifikat di Dallas, Amerika Serikat; salmon bisa jadi pilihan menu yang dikonsumsi untuk menangkal selulit. Ini karena salmon membantu untuk mengurangi nafsu makan, serta memperbaiki dan memperkuat jaringan serta serat pada kulit.
  2. Biji bunga matahari atau kuaci
    Kamu yang suka ngemil namun tetap ingin langsing dan menghilangkan selulit, bisa mencoba mengkonsumsi kuaci atau biji bunga matahari sebagai kudapan sehat untukmu. Rania Batayneh, penulis “The One One One Diet” menyebutkan bahwa biji bunga matahari punya kandungan nutrisi seperti vitamin E, kalium dan seng, serta vitamin B6. “B6 tidak hanya membantu metabolisme protein yang memperkuat dan memperbaiki jaringan ikat pada kulit,” kata Batayneh, “Vitamin B6 juga diuretik alami, yang membantu menghilangkan kelebihan air dan kembung yang menjadi penyebab selulit lebih terlihat di kulit” tambahnya lagi.
  3. Cabai
    Penggemar makanan pedas bisa sedikit berbahagia karena ternyata bisa membantu untuk melawan selulit yang muncul. Menurut Batayneh, rasa pedas pada cabai membantu untuk meningkatkan metabolisme selain itu juga sebagai penguat asupan vitamin B6 yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu panas pada cabai dipercaya membantu dalam membakar kalori, memperlancar peredaran darah dan menghilangkan racun yang ada dalam tubuh.
  4. Blackberry dan blueberry
    Ini adalah dua jenis buah berry yang kaya akan kandungan kolagen di dalamnya, sehingga bermanfaat pula untuk membantu menghilangkan selulit. Kolagen pada kedua jenis buah ini membantu untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak sehingga membuat selulit menjadi samar dan tak terlihat. Selain itu blueberry dan blackberry juga tinggi akan antioksidan yang membantu untuk memecahkan lemak yang melekat pada jaringan ikat.
  5. Cokelat hitam
    Dark chocolate atau cokelat hitam berbeda dengan cokelat kebanyakan yang memiliki rasa yang manis karena tambahan gula di dalamnya. Cokelat ini memiliki cita rasa yang pahit, namun dengan aroma harum yang lebih kuat sehingga dipercaya menjadi salah satu peningkat serotonin atau hormon kebahagian dalam tubuh. Tak hanya itu, cokelat hitam ternyata bisa membantu menyamarkan selulit karena kafein yang terkandung di dalamnya membuat sel-sel lemak di bawah kulit jadi dehidrasi dan tidak pecah keluar sehingga menyebabkan selulit.
  6. Brokoli
    Kamu juga bisa mencoba mengkonsumsi brokoli untuk membantu menyamarkan selulit di kulit. Setiap kuntum brokoli mengandung campuran vitamin dan mineral penambah kecantikan, dan relatif rendah kalori sehingga cocok untuk menurunkan berat badan. Brokoli juga memiliki asam alfa lipoat adalah zat alami yang mencegah kolagen dalam tubuh dari pengerasan, sebagai salah satu penyebab munculnya selulit.
Baca juga :  Membantu Tingkatkan Harapan Hidup, Manfaat Badminton untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Baca juga :  Video Puluhan Pasien Dirawat di Parkiran RS Viral, Triawan Munaf: Masih Belum Percaya Covid-19?

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi selulit. Selamat mencoba ladies! (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...