Home Nasional MAKI Apresiasi PN Jakpus Yang Tertibkan Baliho Karangan Bungan Dukungan Jiwasraya

MAKI Apresiasi PN Jakpus Yang Tertibkan Baliho Karangan Bungan Dukungan Jiwasraya

TELENEWS.id. JAKARTA -Dalam persidangan  ketiga kasus Jiwasraya pada hari Rabu tanggal 17 Juni 2020 masih terdapat upaya penempatan baliho karangan bunga yang berisi dukungan terhadap Terdakwa Bentjok  (Benny Tjokrosaputro). Karangan Bunga dikirim dan dipasang pagi hari, namun sesaat kemudian dilakukan penertiban dalam bentuk diangkut oleh petugas dan dibuang. 

Koordibator MAKI, Boyamin Saiman mengapresiasi atas penertiban karangan bunga tersebut.

” Kami menyampaikan terimakasih kepada Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang telah tegas menjaga Pengadilan secara netral dan mencegah setiap dugaan upaya untuk mempengaruhi hakim dan pengadilannya,” kata Boyamin dalam keterangan tertulis, Kamis (18/6/2020).

Boyamin yakin bahwa pemasangan Baliho karangan bunga tersebut dapat dipahami sebagai bentuk dukungan kepada terdakwa dan berpotensi mempengaruhi hakim dalam persidangan. 


“Kami yakin pembuat baliho karangan bunga sebagaimana dalam poto adalah dimaksudkan untuk upaya membebaskan para Terdakwa dugaan korupsi Jiwasraya dengan cara-cara diluar persidangan,” ujarnya.


Pengadilan harus dijaga dan dihormati oleh semua pihak dengan alasan :


1. Pengadilan adalah lembaga netral yang tidak berpihak kepada siapapun kecuali kebenaran dan keadilan. 


2. Hakim harus bersikap adil dan tidak berpihak sebagaimana dirumuskan dalam kode etik :
A. KEPUTUSAN BERSAMA KETUA MAHKAMAH AGUNG RI DAN KETUA KOMISI YUDISIAL RI  NOMOR: 047/KMA/SKB/IV/2009 02/SKB/P.KY/IV/2009 TENTANG KODE ETIK DAN PEDOMAN PERILAKU HAKIM.B. PERATURAN BERSAMAKETUA MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA DAN KETUA KOMISI YUDISIAL REPUBLIK INDONESIA Nomor : 02/PB/MA/IX/2012 dan 02/PB/P.KY/09/2012 TENTANGPANDUAN PENEGAKAN KODE ETIK DAN PEDOMAN PERILAKU HAKIM


3. Jika hendak membela Terdakwa sudah terdapat saluran melalui Penasehat Hukum masing masing dari Terdakwa dan pembelaan tersebut telah diberi ruang dalam bentuk eksepsi, saksi meringankan, dan pledoi ( pembelaan setelah tuntutan) serta jika tidak puas dengan putusan masih ada upaya Bandind, Kasasi dan Peninjauan Kembali.

Baca juga :  Pandemi Covid-19,Jurnalis Harus Mampu Beradaptasi Dalam Dua Hal


4. Kami menduga pemasangan baliho karangan bunga tidak mendapat ijin dari Kepolisian setempat sehingga harus ditertibkan dan atau dilarang. Pemasangan baliho karangan bunga tersebut adalah bentuk penyaluran aspirasi sebagaimana ketentuan Undang Undang No. 9 tahun 1998 tentang Penyampaian Pendapat Dimuka Umum, sehingga harus terdapat ijin dari Kepolisian setempat dan jika tidak ada ijin harus dilarang dan Kepolisian juga berhak menertibkan serta jika masih bandel maka kepolisian berhak mengambil tindakan hukum dengan pasal penghinaan pengadilan.


Atas hal-hal tersebut MAKI telah melayangkan surat berisi permintaan penertiban baliho karangan bunga kepada Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan tembusan kepada Ketua Mahkamah Agung dan Ketua Badan Pengawasan Mahkamah Agung, yang mana permintaan penertiban karangan bunga telah dipenuhi oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Baca juga :  Lolos dari Imigrasi, MAKI Pertanyakan Sikap PN Papua Soal Perubahan Nama Soegiarto Tjandra Jadi Joko Tjandra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...