Home Gaya hidup Manfaat Latihan Kekuatan Otot yang Mungkin Belum Disadari Banyak Orang

Manfaat Latihan Kekuatan Otot yang Mungkin Belum Disadari Banyak Orang

TELENEWS.ID – Tidak seidkit aktivitas olahraga diperhitungkan sebagai syarat utama mendapat kekuatan otot lebih sehat dan optimal. Akan tetapi pemilihan olahraga dengan mengangkat beban kemudian memperkuat otot belum banyak diperhitungkan dari segi resikonya.

Kekuatan otot memiliki ambang batas seiring bertambahnya usia. Dalam hal ini kekuatan dan cara mempertahankan kualitas otot hingga memiliki massa yang tidak berkurang dalam waktu cepat perlu diperhatikan bagaimana cara tepat untuk melatih kekuatannya.

Manfaat Latihan Kekuatan Otot Wajib Anda Pahami

Mungkin saat ini Anda belum mengetahui seperti apa manfaat utama dari latihan kekuatan otot yang ternyata menarik dan cukup menguntungkan dengan mencermati beberapa informasi berikut ini.

Meningkatkan Kepadatan Tulang
Dilansir dari halaman Hellosehat.com, ternyata ada manfaat dari melatih kekuatan otot salah satunya meningkatkan kepadatan tulang. Dari sinilah resiko pengeroposan tulang dan penurunan kepadatan tulang bisa dihindari dengan cara melatih otot.

Rata-rata kondisi penurunan kepadatan tulang hingga mengalami patah tulang saat menginjak usia lansia sudah sulit untuk diperbaiki. Karena itu Anda perlu meningkatkan kepadatan tulang dengan cara melatih kekuatan otot.

Mencegah Terjadinya Sarcopenia
Bisa kita lihat bahwa sarcopenia sendiri menjadi satu masalah paling sering terjadi pada usia lansia. Kondisi hilangnya masa otot ini bisa terjadi pada usia 30 tahun, sehingga ada potensi kehilangan kekuatan dan tidak dapat bergerak dengan bebas.

Dari penggunaan metode latihan kekuatan otot ini membantu Anda untuk terhindari dari sarcopenia di usia tua. Kemudian latihan ini juga dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Karena itu ada langkah mencegah kehilangan massa otot salah satunya dengan berolahraga kemudian melakukan aktivitas fitness dan sebagainya.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Bisa dikatakan dari latihan ketahanan otot masih membantu untuk menurunkan berat badan. Langkah ini juga diperhitungkan sebagai satu modal kuat untuk membakar lebih banyak kalori hingga dirubah menjadi energi.

Baca juga :  282 Tenaga Medis Meninggal Akibat Corona

Dapat dikatakan ada penyesuaian dimana masa otot lebih besar akan membuat tubuh sering membakar kalori lebih banyak meskipun Anda tidak sedang berolahraga tetap saja massa otot akan terus membakar kalori lebih banyak.

Selain itu, dari peningkatan massa otot ini juga berakibat pada perbaikan tubuh dalam mempertahankan tingkat metabolisme tubuh sehingga mencegah adanya kenaikan berat badan berlebihan.

Menyeimbangkan Kadar Gula Darah
Sampai saat ini ada pencegahan sekaligus pengobatan dari kadar gula darah tinggi yakni melatih kekuatan otot. Karena itu, dari aktivitas berlatih seperti olahraga bisa dipakai untuk menyeimbangkan kadar gula darah berlebihan.

Bahkan latihan kekuatan otot ini juga membantu dalam mengatasi peningkatan sensitivitas tubuh terhadap resistensi insulin dimana kondisi tubuh tidak lagi merespon kinerja insulin.

Akan ada dampak dimana glukosa tidak bisa dipecah menjadi energi sehingga muncul komplikasi diabetes. Untuk itu dari latihan otot ini dapat memperbaiki kondisi kadar gula darah secara maksimal.

Memperbaiki Kualitas Tidur
Bisa dikatakan latihan massa otot ini bisa diperhatikan sebagai satu modal tepat untuk memperbaiki kualitas tidur. Karena itu ada beberapa studi dimana latihan ketahanan otot ini bisa diperhitungkan untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi kondisi insomnia kronis.

Baca juga :  Pasangan Tak Pernah Kenalkan Kamu pada Teman dan Keluarganya? Awas, Kamu Kena Pocketing!

Lakukan aktivitas olahraga pada siang hari ataupun sebelum tidur membantu Anda untuk bisa tidur lebih nyenyak. Bahkan Anda bisa mengatur jadwal tidur jauh lebih mudah dengan bermodal menjalankan aktivitas fisik.

Banyak manfaat dari melakukan latihan otot yang ternyata belum banyak diketahui secara luas. Karena itu lakukan latihan otot secara teratur untuk mendapat manfaat lebih lengkap. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...