Home Gaya hidup Kesehatan Manfaat Mengkonsumsi Sup Ayam di Musim Hujan

Manfaat Mengkonsumsi Sup Ayam di Musim Hujan

TELENEWS.ID – Tak ada yang lebih menyenangkan selain mengkonsumsi makanan yang hangat di musim hujan seperti sekarang ini. Semangkok makanan dengan kuah panas, memang sangat cocok dikonsumsi di musim hujan untuk mengusir udara dingin yang terasa.

Salah satu makanan hangat yang bisa kamu nikmati ketika musim hujan seperti sekarang ini adalah sup ayam. Rasanya yang lezat, mudah dibuat dan disukai oleh seluruh anggota keluarga membuat sup ayam menjadi sajian yang umum dihidangkan di musim hujan seperti sekarang ini.

Namun tahukah kamu bahwa mengkonsumsi sup ayam di musim hujan seperti ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Salah satunya menurut Sandy Allonen, ahli diet klinis di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston; sup ayam di musim hujan seperti ini jadi makanan yang ampuh untuk meredakan flu dan hidung tersumbat.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa semangkok sup ayam yang hangat dapat membantu membersihkan hidung tersumbat dan meredakan gejala flu” ungkap Sandy.

Sandy juga menyebut bahwa ayam sebagai bahan utama untuk sup ini memiliki manfaat bagi kesehatan seperti tingginya kandungan triptofan di dalamnya. “Ayam juga tinggi triptofan, yang membantu tubuh memproduksi serotonin yang dapat meningkatkan mood dan memberi perasaan ‘nyaman’. Inilah yang membuat sup ayam menjadi makanan yang benar-benar cocok dikonsumsi untuk meningkatkan mood” tambahnya lagi.

Namun Sandy mengingatkan agar menggunakan bahan makanan lain terutama sayur-sayuran dan rempah untuk membuat sup ayam yang kamu santap di musim hujan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti:

  1. Membantu mengontrol tekanan darah
    Penelitian menunjukkan bahwa protein yang ditemukan pada ayam, membantu mengurangi tekanan darah. Jika kamu menderita tekanan darah tinggi, memasukkan sup ayam dalam menu diet adalah cara yang enak untuk menjaga tekanan darah. Namun, disarankan untuk menghindari menambahkan garam secara berlebihan, karena justru akan meningkatkan tekanan darah.
  2. Membantu tubuh tetap tehidrasi
    Musim hujan kerap membuat orang jatuh sakit dan mengalami masalah tenggorokan. Karena itulah untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi selama musim penghujan ini, sangat disarankan untuk mengkonsumsi semangkok sup ayam hangat dengan kuah yang banyak. “Kaldu bening hangat dan pada sup ayam, menjadikannya sumber hidrasi yang baik saat sakit, terutama jika kamu sakit tenggorokan” ujar Sandy Allonen.
  3. Membantu meredakan gejala flu dan pilek
    Sup ayam baik untuk meredakan gejala pilek dan flu. Sup ayam hangat membantu mengatasi hidung tersumbat akibat pilek dan flu. Sebuah studi tahun 2000 mengklaim telah menunjukkan bahwa sup ayam juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang juga dapat meredakan hidung tersumbat yang disebabkan oleh flu dan pilek.
  4. Membantu meningkatkan imun tubuh
    Semangkok sup hangat akan diisi dengan bahan-bahan yang memiliki kandungan gizi tinggi seperti sayuran, rempah dan juga daging ayam itu sendiri. Menambahkan sayuran misalnya wortel, seledri dan bawang merah membantu meningkatkan imun tubuh karena tingginya vitamin C dan K, serta antioksidan dan mineral lainnya. Kandungan pada bahan-bahan untuk sup ayam ini tidak hanya membantu membangun sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus terutama di musim hujan seperti ini, tetapi juga membantu tubuh agar pulih dari penyakit lebih cepat.
  5. Membantu menyegarkan tubuh
Baca juga :  Ternyata Begini 5 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Imun Tubuh
Baca juga :  Waspada, Kenali 6 Tanda Awal Kamu Mengalami Pikun Dini atau Early Dementia

Flu yang terjadi di musim hujan seperti ini juga menyebabkan tubuh terasa pegal dan tidak nyaman. Namun mengkonsumsi sup ayam yang penuh nutrisi bisa membuat tubuh segar kembali dan segera sembuh dari demam atau flu. Uap dari semangkok sup ayam yang kaya rempah bermanfaat untuk melegakan hidung tersumbat. Sup ayam juga juga memiliki efek anti-inflamasi ringan yang dapat membantu mengendurkan otot-otot dan menyegarkan tubuh setelah mengalami demam dan flu.

Itulah manfaat mengkonsumsi sup ayam di musim hujan seperti sekarang ini. Selamat mencoba! (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...