Home Nasional Hukum Mantan Presiden Honduras Terlibat Kasus Narkoba dan Bisnis Senjata

Mantan Presiden Honduras Terlibat Kasus Narkoba dan Bisnis Senjata

TELENEWS.ID – Dokumen resmi kedutaan Amerika Serikat, yang dikutip oleh Reuters pada Selasa (15/02/2022), mengungkapkan bahwa AS telah menyelidiki keterlibatan mantan presiden Honduras, Juan Orlando Hernadez dalam bisnis narkoba dan perdagangan senjata sejak 2004 hingga 2022.

Dalam dokumen tersebut juga menjelaskan bahwa Hernandez telah menerima paket dalam jumlah ton dari Kolombia ke Venezuela dalam bentuk kokain, yang nantinya akan disalurkan ke Amerika Serikat. Hernandez juga menerima suap untuk mengamankan penyelundupan tersebut.

Selain kokain, dalam beberapa proses penyelundupan juga ada senjata mesin yang disalurkan untuk diperjual belikan.

Penangkapan Hernandez bermula dari permintaan ekstradisi oleh pemerintah AS kepada kepolisian Honduras dengan bukti dokumen tersebut. Polisi Honduras pun langsung menangkap Hernadez di kediamannya. Penangkapan ini juga disiarkan langsung di TV Nasional Honduras.

Secara politik beberapa kalangan menganggap ada kontradiksi dari Amerika Tengah sesaat sebelum Presiden Hernandez turun jabatan. Sebelumnya Amerika Tengah menganggap Presiden Hernandez dan Honduras merupakan rekan yang sangat diandalkan.

Kontradiksi ini terjadi karena selama menjabat, Hernandez membuka akses luas terhadap aparat kepolisian bahkan dari Amerika Serikat untuk memberantas kartel narkoba di Honduras.

Namun setelah Hernandez turun jabatan dan digantikan oleh loyalis sayap kiri politik Honduras, Xiomara Castro. Selama Hernandez memerintah, lawan politiknya selalu menuduh dan meyakini bahwa Hernandez memiliki hubungan baik dengan kartel narkoba di Amerika Selatan.

Hernandez terbukti bermain dua kaki dengan memasok info ke aparat internasional soal kartel narkoba saingannya. Sementara di sisi lain melindungi kartel narkoba dipihaknya dari segala kecurigaan polisi dan intelejen selama dia berkuasa. Penangkapan terhadap Hernandez langsung dilakukan dan diberitakan secara besar ke publik.

Polisi Nasional Honduras sangat mengapresiasi bantuan dari badan intelejen Amerika Serika khusus narkoba, Drug Enforcement Administration (DEA). Kementerian keamanan Honduras, Ramon Sabillon, juga berkomentar positif terhadap penangkapan ini dan menyebutnya penangkapan terbaik dalam sejarah Honduras.

Baca juga :  Aneh Tapi Nyata, Korsel Ubah Tinja Jadi Cuan Langsung Dari Toiletnya

Hal ini mengingat lamanya Hernandez melakukan tindakan kriminal tersebut. Amerika juga mengamati adanya penurunan yang cukup signifikan terhadap pengiriman narkoba ke Amerika Selatan segera setelah Hernandez turun jabatan. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...