Home Metropolitan Masuk Bursa Calon Gubernur Jakarta, Inilah Arah Politik Airin

Masuk Bursa Calon Gubernur Jakarta, Inilah Arah Politik Airin

TELENEWS.ID – Pemilihan Gubernur DKI Jakarta yang sedianya akan dilaksanakan pada tahun 2022 ini diundur menjadi tahun 2024, sesuai dengan keputusan pemerintah pusat. Selama 2 tahun masa vakum tersebut, jabatan Gubernur DKI Jakarta akan diisi dengan plt Gubernur yang nantinya akan dilantik oleh Presiden. Meskipun Pilgub DKI masih 2 tahun lagi, muncul nama mantan Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmy Diany yang masuk dalam bursa calon Gubernur DKI Jakarta 2024.

Airin merupakan mantan Walikota Tangerang Selatan di periode 2011 hingga 2021. Wanita kelahiran Banjar, 27 Agustus 1976 ini sebelumnya dikenal sebagai Mojang Jawa Barat tahun 1995 dan Puteri Indonesia Pariwisata pada tahun 1996. Airin adalah walikota pertama Tangerang Selatan setelah berpisah dengan Kabupaten Tangerang pada tahun 2008 yang lalu.

Kiprah Airin ketika menjadi Walikota Tangerang Selatan menunjukkan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia yang meningkat. Data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa angka 76,99 pada tahun 2011 dan meningkat menjadi 81,36 pada tahun 2020. Untuk pengentasan kemiskinan, pada tahun 2010 penduduk miskin yang ada di Tangerang Selatan sebanyak 21.906 jiwa dan meningkat menjadi 40.990 jiwa pada tahun 2020.

Meskipun meningkat, persentase penduduk miskin berada di angka 2 persen, dan jika dibandingkan dengan kota lain di masa pandemi, angka untuk Kota Tangerang Selatan ini bisa dikatakan cukup baik. Keberhasilan Airin memimpin Tangerang Selatan dalam bidang infrastruktur juga mendapatkan pujian dengan pembangunan RSUD, gedung pelayanan publik, dan juga pusat komunitas.

Pilgub DKI: Langkah Airin Berikutnya

Nama Airin tidak masuk dalam bursa pejabat daerah pengganti Anies tahun 2022 ini, sehingga langkah dirinya untuk maju di Pilgub DKI 2024 adalah langkah yang masuk akal. Airin digadang-gadang akan diduetkan dengan Ahmad Sahroni dengan Partai Golkar dan Partai Nasional Demokrat.

Baca juga :  Dari Capres ke Menhan, Ada Apa di Balik Petualangan Politik Prabowo?

Gubernur DKI Jakarta bisa menjadi salah satu gubernur yang paling disorot kinerjanya oleh publik. Meskipun Ibukota akan dipindahkan ke Kalimantan, namun status Jakarta yang akan menjadi pusat bisnis menjadi tantangan tersendiri bagi setiap Gubernur yang menjabat untuk menjadikan Jakarta lebih baik lagi.

Airin bisa berkaca pada Joko Widodo yang sebelumnya menjadi Walikota Solo kemudian mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta dan berhasil menang bersama dengan Ahok. Langkah Jokowi dalam bidang politik lebih mulus lagi karena meninggalkan jabatan sebagai Gubernur DKI kemudian menang dalam Pilpres 2014.

Airin mungkin bisa saja mengikuti langkah Jokowi, namun harus dibarengi dengan modal yang kuat untuk mengusung suara lebih banyak lagi. Airin bisa menjadi kandidat Gubernur DKI wanita setelah Sylviana Murni. Di samping itu, kinerja Airin untuk ikut di Pilgub DKI Jakarta juga bisa dikatakan baik karena memiliki riwayat yang baik juga saat memimpin Tangsel.

Alternatif Lain di Samping Gubernur DKI

Menjadi Gubernur DKI bukan satu-satunya jalan bagi Airin untuk bisa meraih kesuksesan dalam bidang politik. Tahun 2024 juga ada Pilkada Banten, dan bisa bersaing dengan Wahidin Halim yang diisukan akan mencalonkan diri kembali. Namun, untuk mendapatkan partai pengusung di Pilkada Banten, Airin harus berjuang ekstra keras karena Golkar sepertinya lebih condong mengusung Andika Hazrumi yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Banten.

Baca juga :  Baliho Puan Merajalela, PDIP Menyangkal untuk 2024

Menjadi Anggota Legislatif bisa menjadi alternatif berikutnya bagi karir politik Airin. Secara hitung-hitungan, Airin sebenarnya sudah mendapatkan suara di Dapil III Banten yang meliputi Tangerang Kota, Tangerang Selatan, dan juga Kabupaten Tangerang. Jabatan sebagai Walikota Tangerang selama 10 tahun bisa menjadi modal yang cukup bagi Airin apabila ingin melaju ke jenjang lebih lanjut lagi dalam dunia politik tanah air. (Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...