Home Nasional Matahari Terbit dari Utara, LAPAN Beri Penjelasan

Matahari Terbit dari Utara, LAPAN Beri Penjelasan

TELENEWS.ID – Pada hari Kamis (17/6/2021), sebuah unggahan video dari akun Twitter @SaveMoslem1 yang menunjukkan matahari terbit dari utara di Jeneponto, Sulawesi Selatan, viral di media sosial.

Hal serupa juga direkam oleh seorang guru Madrasah di wilayah yang sama.

Setelahnya, hal itu memicu berbagai tanggapan dari warganet. Ada yang menyebutkan sebagai sesuatu yang berbahaya, namun ada juga yang menganggapnya sebagai fenomena alam yang wajar.

Akhirnya, pihak LAPAN (Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional) pun memberi tanggapan terkait fenomena tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan media lokal, Thomas Djamaluddin selaku Kepala LAPAN menjelaskan bahwa fenomena yang terjadi adalah hal yang wajar karena kemiringan sumbu rotasi Bumi menyebabkan pergerakan posisi Matahari.

Lalu ditanya soal kekhawatiran masyarakat apakah fenomena yang disebut summer solstice itu adalah tanda-tanda kiamat, dia menegaskan bahwa hal itu biasa terjadi di bulan Juni setiap tahunnya, saat Matahari berada di belahan utara.

Terbitnya pun bukan di titik timur, namun agak bergeser mendekati timur laut dan pada tengah hari, Matahari akan berada di arah utara. Sedangkan untuk terbenamnya mendekati barat laut.

Pada bulan Desember, titik terbit Matahari berada dekat titik tenggara dan tengah hari di arah selatan lalu terbenam dekat titik barat daya.

Kepala LAPAN itu juga menyebutkan sumbu rotasi Bumi memberi pengaruh pada perubahan musim di bagian utara dan selatan.

“Bumi di bagian utara saat ini mengalami musim panas, sedangkan di bagian selatan mengalami musim dingin. Dan Indonesia kemarau,” ungkapnya.

Dengan begitu, Bumi bagian selatan akan mengalami musim panas pada bulan Desember hingga Februari, sebaliknya musim dingin akan dialami Bumi bagian utara.

Baca juga :  Bocoran Jusuf Kalla dari Menkes: Vaksinasi Mandiri Gratis Mulai Maret Atau April

Dia juga menambahkan bahwa fenomena yang viral tersebut bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

Sebagai informasi tambahan, akun Instagram @pussainsa_lapan menjelaskan bahwa fenomena itu merupakan fenomena astronomi yang terjadi pada minggu ketiga bulan Juni 2021.

Puncak titik balik Matahari (solstice) berlangsung pada Senin mendatang (21/6/2021 sekitar pukul 10.31 WIB. Saat itu, Matahari akan terbit dari arah Timur-Timur Laut dan terbenam di Barat-Barat Laut.

Posisi Matahari saat itu seolah-olah semakin berada di sisi utara jika dibandingkan dengan video yang sempat viral. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

New York Rasa Lokal Ada di Broadway Alam Sutera

TELENEWS.ID- Bicara rencana liburan untuk akhir pekan, sepertinya seru untuk dibahas. Bukan tanpa sebab, saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah...

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...