Home Gaya hidup Mau Bawa Hewan Peliharaan di Momen Mudik? Yuk Cermati Caranya

Mau Bawa Hewan Peliharaan di Momen Mudik? Yuk Cermati Caranya

TELENEWS.ID – Pertimbangan membawa hewan peliharaan saat mudik Lebaran memang perlu diperhitungkan. Tidak mudah untuk bisa membawa hewan peliharaan yang kerap kali menjadi pertimbangan penting untuk bisa dibawa ataupun dititipkan ke tetangga.


Hanya saja opsi dari menitipkan ke tetangga justru bisa memberi risiko dimana perawatan tidak selalu maksimal bahkan berisiko mati.

Jika Anda masih memikirkan bagaimana cara membawa hewan peliharaan untuk bisa mudik bareng di momen Lebaran kali ini sebaiknya cermati dari cara-cara mudahnya.
Karena, dari awal momen dari Lebaran bisa lebih menyenangkan bila Anda bisa membawa hewan peliharaan dengan benar dan nantinya dapat menikmati liburan tanpa ada rasa khawatir.

Dilansir dari halaman iNews.id Pets, Kamis 29/4/2022 dimana ada beberapa membawa hewan peliharaan saat mudik seperti pada hewan anjing dan kucing bisa dilakukan dengan benar seperti pada informasi berikut ini.

1. Melakukan Pembiasaan

Secara tidak langsung ada langkah awal dimana Anda bisa melakukan pembiasaan. Dalam hal ini perjalanan pendek ataupun jauh memang perlu perhitungan.

Ada baiknya Anda sering membawa hewan peliharaan ke dalam mobil agar nantinya tidak merasa stres saat diajak mudik dengan jarak lebih jauh.

Langkah pertama cobalah bawa hewan peliharaan keliling kompleks dahulu ataupun bisa mengelilingi taman kota hingga alun-alun untuk mulai terbiasa dibawa ke luar rumah.

2.Bawa Perlengkapan Hewan Saat Bepergian Jauh

Untuk keperluan mudik Lebaran tahun ini ada baiknya Anda membawa perlengkapan hewan saat bepergian. Hal ini akan memberi manfaat untuk bisa mempersiapkan beberapa kondisi yang tidak diinginkan.

Adapun persiapan yang perlu diperhitungkan baik dari air, obat-obatan, kadang, hingga makanan tambahan untuk hewan kesayangan.

Tidak lupa Anda perlu kantong sampah berukuran kecil untuk bisa membuang sisa makanan ataupun sampah lainnya.

Baca juga :  Mengejutkan, Ternyata Kesepian Bisa Membuat Imun Tubuh Melemah, Ini Kata Ahli!

Buatlah hewan peliharaan Anda senang dan sibuk saat perjalanan sehingga tidak mengalami stres karena waktu perjalanan yang lama.

3.Cek Kesehatan Hewan Sebelum Dibawa

Ada baiknya Anda bisa mengecek kesehatan hewan sebelum dibawa. Dalam hal ini sudah terbukti bahwa mengecek kesehatan hewan peliharaan sebelum dibawa akan memberi kepastian kesehatannya dan tidak ada gangguan saat dibawa perjalanan jauh. Maka dari itu ada beberapa poin dari mengecek kesehatan hewan secara berkala agar peliharaan Anda tidak mengalami masalah saat diajak mudik.

4.Berilah Makan Sebelum Diajak Mudik

Memberi makan hewan peliharaan dengan daftar makanan ringan juga masih perlu dilakukan. Sebaiknya berikan makanan ringan 3 sampai 4 jam sebelum mudik.

Cara ini terbilang efektif untuk membantu mencegah penyakit yang bisa saja muncul. Sehingga ada baiknya persiapkan makanan ringan untuk bisa dibawa sekaligus diberikan sebelum diajak mudik.

5.Jangan Meninggalkan Hewan Peliharaan di Mobil

Masih sering dilakukan dimana hewan peliharaan ditinggal di dalam mobil saat berada di rest area ataupun berhenti di satu tempat.

Baca juga :  WHO Wajibkan Penggunaan Oximeter Untuk Pasien Isolasi Mandiri Covid-19

Kebiasaan tersebut sebaiknya dihilangkan karena bisa memberi risiko buruk bagi hewan peliharaan. Sehingga ada beberapa risiko seperti kekurangan oksigen, kepanasan, dan juga bisa berisiko kematian di mobil.

6.Menjaga Hewan Tetap Terkendali

Menjadi salah satu poin penting dimana menjaga hewan peliharaan tetap terkendali adalah cara tepat dan penting untuk bisa mengontrol gerak dan juga bisa menambah fokus berkendara.

Kondisi dan aktivitas hewan kesayangan saat diajak mudik menjadi pertimbangan karena untuk menghindari gangguan fokus saat berkendara. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Thomas Cup 2022 Usai, Ternyata Ada Skor Tertukar Sampai Pamitnya Mohammad Ahsan

TELENEWS.ID – Thomas Cup 2022 telah usai, secara mengejutkan Tim Thomas Cup India dan Tim Uber Cup Korea Selatan berhasil keluar sebagai...

Tips Makeup Simpel untuk Datang ke Kondangan Pernikahan

TELENEWS.ID - Datang ke kondangan pernikahan menjadi hal yang cukup tricky untuk kaum Hawa. Selain harus memilih busana apa yang tepat untuk...

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...