Home Gaya hidup Mau Hemat? Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Belanja Kebutuhan Lebaran

Mau Hemat? Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Belanja Kebutuhan Lebaran

TELENEWS.ID – Lebaran sebentar lagi. Tinggal hitungan hari, umat Muslim di seluruh dunia akan menyelesaikan puasa mereka dan merayakan Lebaran atau hari raya Idul Fitri. Momen sebelum lebaran seperti ini kerap diisi oleh banyak orang dengan berbelanja aneka kebutuhan untuk hari raya.

Belanja segala macam kebutuhan Lebaran memang hal yang wajar di lakukan sebelum hari raya tiba. Namun jika tak berhati-hati, maka kamu bisa mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk keperluan Lebaran yang sebenarnya “tidak penting-penting amat”.

Walhasil saat Lebaran berakhir, banyak yang kemudian mengeluhkan mereka menghabiskan cukup banyak uang bahkan sampai menguras tabungan juga. Apalagi menjelang lebaran seperti ini banyak sekali sale atau diskon dari swalayan dan online shop yang membuat kita mudah tergoda.

Namun agar tak menyesal setelah Lebaran dan menyadari kamu menghabiskan dana yang cukup besar, maka sebaiknya kamu tidak melakukan 5 hal ini saat belanja lebaran. Apa saja sih itu?

  1. Jangan membeli busana tanpa mencobanya terlebih dahulu
    Bagi kamu yang ingin belanja baju lebaran baru langsung ke pasar swalayan, ada baiknya kamu mencoba dulu baju yang ingin kamu beli itu. Jangan pernah membeli baju, membayarnya dan pergi begitu saja; tanpa memastikan busana tersebut terlihat bagus untuk kamu pakai dan ukurannya tepat. Ini akan menghindarkan kamu dari rasa menyesal karena sudah mengeluarkan uang untuk baju Lebaran yang akhirnya tidak kamu pakai karena kekecilan atau kurang pas dipakai olehmu.
  2. Jangan membeli apapun yang pertama kali kamu lihat
    Ini berlaku baik saat kamu belanja secara online ataupun konvensional. Jangan pernah membeli barang yang pertama kali kamu lihat, tanpa mempertimbangkan atau melihat-lihat dulu barang yang lainnya. Lihatlah setidaknya 5 toko atau lebih sehingga kamu akan mendapatkan kesempatan untuk menilai toko mana yang memiliki pilihan yang lebih baik dan produk yang lebih terjangkau daripada terburu-buru membeli dan menyesal di kemudian hari.
  3. Jangan membeli melebihi anggaran
    Sebelum shopping untuk keperluan Lebaran, sebaiknya kamu membuat list dan menganggarkan berapa biaya yang akan kamu habiskan. Selanjutnya pastikan kamu mematuhi anggaran yang telah kamu buat itu. Jangan sampai belanja melebihi anggaran yang telah kamu siapkan sebelumnya, karena itu artinya bisa saja kamu menggunakan dana lain yang bisa di tabung untuk kebutuhan yang lebih penting.
  4. Jangan mudah tergoda diskon besar
    Menjelang lebaran seperti ini, baik online shop atau toko konvensional akan menawarkan diskon yang luar biasa besarnya. Namun ada baiknya kamu tidak lapar mata dan tergoda dengan diskon besar itu. Bisa saja barang yang kamu beli memang diskon, tapi ongkos kirim yang dibebankan lebih mahal dari harga barangnya. Atau kamu membeli barang diskon namun setelah di cek di rumah, barang tersebut memiliki cacat dan tak layak digunakan.
  5. Jangan membeli barang hanya karena sedang trend
    Kamu harus ingat yang namanya trend akan terus berganti seiring dengan waktu. Dan tentu saja tidak semua trend yang sedang viral cocok untukmu atau keluargamu. Selain itu barang-barang yang sedang trend biasanya harganya mahal karena tingginya permintaan pasar. Karena itulah pastikan untuk membeli barang keperluan Lebaran yang benar-benar kamu butuhkan, dan bukan sekedar mengikuti trend semata agar tak ketinggalan zaman.
Baca juga :  Hipersomnia, Sindrom Kantuk Ekstrem yang Sangat Berbahaya
Baca juga :  Harus Tahu, Ini Tips Mudah Menenangkan Anak yang Tantrum dan Rewel

Sah-sah saja sebenarnya membeli barang-barang seperti baju baru atau stoples baru untuk Lebaran. Namun kamu harus cermat agar bisa lebih berhemat dan tak menyesal di kemudian hari. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Tips Makeup Simpel untuk Datang ke Kondangan Pernikahan

TELENEWS.ID - Datang ke kondangan pernikahan menjadi hal yang cukup tricky untuk kaum Hawa. Selain harus memilih busana apa yang tepat untuk...

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...

Wajarkah Merasa Cemas Setelah Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Area Terbuka? Ini Penjelasannya!

TELENEWS.ID - Presiden Jokowi mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruangan terbuka. Presiden menyampaikan hal ini melalui video pernyataan pers yang disiarkan...