Home Internasional Mayoritas Masyarakat Indonesia Berpihak ke Rusia, Setuju ?

Mayoritas Masyarakat Indonesia Berpihak ke Rusia, Setuju ?

TELENEWS.ID – Invasi Rusia terhadap Ukraina mengundang berbagai kecaman dari masyarakat dan negara di dunia. Total ada 141 negara yang mengecam Rusia atas tindakannya melalui Majelis Umum PBB dan menuntut PBB untuk segera melakukan resolusi.

Namun ternyata ada juga beberapa negara yang mendukung agresi yang dilancarkan Rusia terhadap Ukraina, salah satunya adalah Myanmar. Korea Utara dan China pun ikut mendukung Rusia dalam hal ini dan siap siaga dalam persiapan militer negaranya masing-masing jika Rusia membutuhkannya.

Di Indonesia sendiri, pengamat melihat masyarakat Indonesia terpecah menjadi dua kubu yaitu yang mendukung dan mengutuk agresi militer Rusia ini. Pemerintah Indonesia pun belum mengambil sikap tegas terhadap invasi Rusia ini.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy sempat meminta bantuan Indonesia untuk berbicara kepada Rusia untuk menghentikan invasinya. Namun hingga saat ini belum ada keputusan yang tegas dari istana terkait hal ini.

Peneliti studi Rusia dan Eropa Timur di Hubungan Internasional (HI) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Radityo Dharmaputra berpendapat bahwa jika dilihat dari media social Indonesia lebih banyak masyarakat Indonesia yang mendukung Rusia. Ada beberapa faktor mengapa masyarakat Indonesia lebih banyak yang menjadi simpatisan Rusia.

Pertama adalah mayoritas masyarakat Indonesia memiliki pandangan politik anti-Amerika Serikat dan anti-barat. Hal ini terjadi dikarenakan invasi yang juga pernah dilakukan Amerika Serikat ke negara-negara Timur Tengah pada masa perang melawan teroris sejak September 2001. Mayoritas masyarakat Indonesia yang merupakan umat muslim cukup mengecam tindakan Amerika Serikat tersebut karena merugikan masyarakat sipil yang tidak bersalah.

Karena poin inilah masyarakat Indonesia jadi cendurung mendukung dan bersimpati kepada siapapun negaranya yang sama-sama anti-Amerika Serikat atau anti-barat seperti Rusia. Bukan hanya Indonesia, namun India dan Malaysia juga berpandangan yang sama. Salah satu faktornya adalah dikarenakan Malaysia juga merupakan negara bekas jajahan Inggris dan berpihak kepada Amerika.

Baca juga :  Twitter Pastikan ‘Banned’ Untuk Donald Trump Bersifat Permanen

Alasan kedua mengapa Indonesia lebih bersimpati kepada Rusia adalah sosok Vladimir Putin. Presiden Rusia ini merupakan sosok yang kuat dan tegas yang sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia untuk dimiliki dan memimpin Indonesia untuk menjadi negara yang lebih baik. Masyarakat Indonesia merasa belum ada yang menggantikan Presiden pertama RI, Ir.Soekarno yang gagah, kuat, tegas, dan nasionalis.

Hal ini diperparah dengan latar belakang yang dimiliki Presiden Rusia dan Presiden Ukraina. Latar belakang presiden Rusia adalah seorang intelejen terbaik dari salah satu organisasi intel terbaik di dunia, yaitu KGB. Sedangkan latar belakang presiden Ukraina adalah seorang aktor dan komedian yang tidak memiliki pengalaman politik sama sekali sebelum menjadi presiden Ukraina.

Faktor ketiga adalah faktor agama, karena beberapa waktu belakangan ini banyak framing media yang memperlihatkan Rusia sangat dekat dengan sahabat muslim. Bahkan Negara Chechnya turut membantu Rusia dan terjun langsung dalam invasi ke Ukraina.

Baca juga :  Kisah Pengawal Erdogan Bunuh Diri Tinggalkan Sepucuk Surat, Apa isinya?

Framing media lain memperlihatkan bahwa tentara Rusia sama sekali tidak berniat untuk melukai warga sipil sekalipun menghancurkan berbagai bangunan yang ada. Bahkan tentara Rusia ikut membantu warga sipil yang kehilangan keluarga pasca serangan yang dilakukan, membantu warga sipil yang terluka. Perlakuan tentara Rusia kepada tentara Ukraina yang menjadi tawanan perang juga mendapat pujian. (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...