Home Gaya hidup Megawati Tak Mau Punya Mantu Tukang Bakso, Yuk Simak 6 Tips Makan...

Megawati Tak Mau Punya Mantu Tukang Bakso, Yuk Simak 6 Tips Makan Bakso yang Sehat dan Rendah Kalori Ini

TELENEWS.ID – Tukang bakso mendadak trending di media sosial. Hal ini dikarenakan candaan Ketum PDIP, Megawati Soekarno Putri yang mewanti-wanti anak-anaknya agar tak menikah dengan seorang tukang bakso.

Gurauan Megawati ini diungkapkan saat menjadi pembicara Rakernas PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa 21 Juni 2022. Saat itu, Mega mengungkapkan ia mewanti-wanti anaknya agar tak mencari pasangan yang seperti tukang bakso.

“Jadi, ketika saya mau punya mantu, saya bilang pada anak saya, ‘awas loh kalau cari yang kaya tukang bakso’, sorry ya,” kata Megawati. “Mbak Puan ketawa, karena sorry. Jadi, bayangkan saya pikir koyo opo iki rupane (sepeti apa ini wajahnya), maaf…,” lanjutnya lagi.

Tukang bakso sendiri merupakan profesi yang cukup umum di Indonesia. Apalagi memang bakso merupakan salah satu makanan favorit banyak orang. Kombinasi daging dengan kuah yang hangat dan penuh cita rasa, membuat bakso disukai banyak orang.

Namun banyak orang yang takut makan bakso karena khawatir gendut dan dianggap tidak sehat. Apalagi memang bakso ada yang lebih banyak dicampur dengan tepung, garam dan bahkan pengawet yang membahayakan kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering.

Namun kamu bisa loh mengkonsumsi bakso dengan jauh lebih sehat dan rendah kalori dengan beberapa trik berikut ini guys!

  1. Makan dalam jumlah sedang
    Bakso memang enak. Namun sebaiknya kamu tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Daripada makan semangkok bakso, lebih baik kamu makan dalam jumlah sedang dan mencampurnya dengan sayur sebagai asupan serat, atau mie sebagai pengganti karbohidrat.
  2. Pilih bakso yang rendah lemak
    Kalau kamu ingin membuat bakso sendiri, ada baiknya kamu memilih daging yang tidak menyertakan lemak di dalamnya. Daging merah, ayam dan ikan bisa jadi pilihan tepat untuk varian bakso yang lebih sehat dan rendah kalori. Atau jika kamu ingin menggunakan daging yang lebih berlemak, seperti babi atau domba, untuk rasa gabungkan dengan daging yang bebas lemak lainnya.
  3. Hindari bakso goreng
    Bakso goreng mungkin lebih gurih dan kaya rasa, apalagi jika kamu memang penggemar makanan yang crunchy. Tetapi bakso goreng tentu memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi di dalamnya, apalagi jika digoreng dengan cara deep fried. Bakso bakar atau panggang, bisa jadi pilihan tepat sebagai alternatif bakso yang lebih rendah kalori.
  4. Waspadai asupan garam
    Bakso sendiri terkadang dibuat dengan menambahkan cukup banyak garam agar rasanya lebih gurih. Namun terlalu banyak sodium dalam makanan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Kelebihan sodium juga dapat menyebabkan hilangnya kalsium dari tulang. Karena itulah ada baiknya untuk tidak menambahkan terlalu banyak garam dalam semangkok bakso favoritmu.
  5. Jangan lupakan sayur mayur ya guys!
    Agar bakso lebih rendah kalori dan sehat, ada baiknya kamu mencampurkan berbagai variasi sayur mayur dalam semangkok bakso favoritmu. Sayur mayur hijau seperti sawi, bayam, pok choy, tomat, atau tauge; bisa jadi alternatif yang cocok dan lezat jika dimasukkan ke dalam semangkok bakso favoritmu.
  6. Bikin bakso sendiri
    Salah satu alternatif paling sehat untuk mengkonsumsi bakso adalah dengan membuatnya sendiri. Dengan membuat bakso sendiri, kamu bisa memilih bahan-bahan yang jauh lebih sehat. Kurangi penggunaan tepung dalam bakso yang kamu buat. Pilih daging rendah lemak dan kurangi menambahkan garam dalam bakso yang kamu buat sendiri. Selain itu kamu bisa menggunakan air fryer atau pan anti lengket, untuk membuat bakso goreng yang lebih sehat dan rendah kalori. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  5 Bahan Alami Ini Bisa Bikin Alis Menjadi Tebal dan Lebat, Wajib Banget Dicoba
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...