Home Daerah Melalui Desa Devisa, Kopi Subang Siap Ramaikan Pasar Ekspor

Melalui Desa Devisa, Kopi Subang Siap Ramaikan Pasar Ekspor

TELENEWS.ID – Pada hari Koperasi yang jatuh pada tanggal 12 Juli lalu, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank secara resmi menambah sejumlah area Program Desa Devisa. Kali ini desa penghasil kopi yang terletak di Subang, Jawa Barat mendapat gilirannya. Sebelumnya sudah ada sejumlah program yang terealisasi seperti Desa Devisa Kerajinan yang ada di Bantul, Yogyakarta, dan Desa Devisa Kakao yang terletak di Jembrana, Bali.

Program yang berdasarkan kepada pemberdayaan warga ini bertujuan agar para petani kopi menjadi mandiri dengan mengikuti sejumlah pelatihan dan juga bisa berkonsultasi untuk bisa menembus pasar eskpor kopi dunia yang tentu saja dengan produk yang berkualitas.

Petani di 6 desa mendapatkan kesempatan untuk melakukan pelatihan seperti di Pasanggarahan, Sukakerti, Darmaga, Cupunagara, Nagrak, dan Cisalak dengan menonjolkan kopi unggulan yaitu Robusta dan Arabika (Java Preanger).

D. James Rompas selaku Direktur Eksekutif LPEI menuturkan bahwa Desa Devisa Kopi Subang terpilih menjadi wilayah ketiga yang memiliki kesempatan untuk mengikuti program berbasis pengembangan warga atau komunitas yang digalakkan oleh LPEI.

Petani akan mendapatkan sejumlah pelatihan seperti strategi meningkatkan produksi, menyusun laporan keuangan, memperluas akses pasar eskpor, dan budidaya pertanian.

James menuturkan bahwa kopi adalah minuman paling populer di seantero jagat. Kopi produksi Indonesia adalah yang terbaik soal keunikan dan cita rasa. Oleh karena itu, untuk bisa menembus pasar eskpor dan membuat kopi Indonesia mendunia, kolaborasi mutlak harus dilakukan.

Melalui program ini, LPEI akan menginisiasi kolaborasi dan kerja sama dimana masyarakat, pelaku usaha dan pemerintah ikut berpartisipasi untuk menyukseskan progam ini.

LPEI menggagas kemitraan bukan hanya berhubungan dengan finansial saja, namun juga membuat masyarakat dan dunia usaha terlibat dalam proses untuk mengembangkan komunitas di sebuah desa yang memiliki produk unggulan untuk bisa mengembangkan sumber daya manusia yang mumpuni.

Baca juga :  Rem Blong Diduga Jadi Penyebab Bus Kondangan di Sumbar Masuk Jurang

Oleh karena itu LPEI melakukan kemitraan dengan Koperasi Gunung Luhur Berkah. Miftahudin Shaf selaku Kepala Koperasi Gunung Luhur Berkah menuturkan bahwa kerja sama dengan LPEI sangat krusial untuk mengembangkan produktivitas dan melebarkan pasar ekspor dari budidaya produk kopi Desa Cupunagara.

Saat ini biji kopi yang dihasilkan oleh para petani dari Desa Cupunagara telah menembus pasar lokal dan juga luar negeri seperti Australia, Korea Selatan, dan Taiwan.

Agus Windiarto selaku Corporate Secretary LPEI menuturkan bahwa pihaknya akan terus melanjutkan program Desa Devisa di seantero negeri ini.

Baca juga :  Triwulan Pertama 2021, Terjadi 6 Serangan Hewan Buas di Agam

“Kami berharap bahwa keberhasilan program Desa Devisa di dua daerah ini bisa dilanjutkan di beberapa wilayah di Indonesia. Pengembangan Desa Devisa kini sedang diproses oleh LPEI di sejumlah wilayah yang memiliki komoditas keunggulan seperti kopi dan beras,” ujarnya.

Agus kembali mengungkapkan bahwa pelatihan yang diberikan oleh LPEI pada program Desa Devisa ini diharapkan bisa membantu produk lokal untuk menembus pangsa pasar dunia. Hal tersebut tentu saja bisa meningkatkan taraf perekonomian warga setempat. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...