Home Gaya hidup Kesehatan Memahami Gaslighting, Kekerasan Mental Yang Dituduhkan Pada Lucas WayV

Memahami Gaslighting, Kekerasan Mental Yang Dituduhkan Pada Lucas WayV

TELENEWS.ID-Idol KPOP Lucas WayV tengah menjadi sorotan lantaran isu kekerasan mental sejenis gaslighting yang dituduhkan pada dirinya. Sejumlah wanita mengaku menjadi korban gaslighting yang dilakukan pria muda bernama asli Wong Yuk-hei ini.

Para wanita ini mengaku Lucas melakukan gaslighting, dan bahkan juga berselingkuh dari mereka. Kontan saja skandal gaslighting yang dituduhkan pada Lucas, membuat nama idol berusia 22 tahun ini menjadi pembicaraan dimana-mana. Bahkan skandal ini konon mempengaruhi karier Lucas sebagai penyanyi.

Sebenarnya apa sih gaslighting yang menyeret nama idola tampan kelahiran Hongkong tersebut? Gaslighting bisa diartikan sebagai kekerasan mental dimana pelakunya melakukan manipulasi pada pasangan atau orang terdekat mereka, sehingga korban mempertanyakan bahkan meragukan kewarasan mereka sebagai manusia. Kasus gaslighting sendiri cukup umum terjadi pada pasangan yang masih pacaran atau mereka yang telah menikah, keluarga, teman bahkan rekan kerja.

Menurut Jeremy Bergen, MS, LCPC, seorang psikoterapis dari Bergen Counseling Center, gaslighting dikategorikan sebagai kekerasan mental dan emosional, yang dilakukan oleh pelakunya untuk mengendalikan dan menguasai korbannya.

“Gaslighting adalah taktik yang digunakan oleh seseorang untuk menguasai, mengontrol dan bertujuan untuk merusak emosi seseorang” ujar Bergen. “Gaslighting adalah perilaku kejam dari kekerasan emosional karena jika mengalami ini, kamu akan meragukan dirimu sendiri, dan membuatmu sulit untuk melihat bahaya yang dilakukan pelaku gaslighting kepadamu” tambahnya lagi.

Meskipun sulit terlihat, namun Bargen menyebutkan tanda seseorang akan melakukan gaslighting bisa terlihat dan diwaspadai. Salah satunya yang paling terlihat adalah pelaku gaslighting mempermainkan persepsimu mengenai sebuah situasi, dirimu sendiri, pikiranmu dan perasaanmu.

Bahkan tak jarang mereka begitu manipulatif sehingga kamu mulai mempertanyakan kewarasanmu sendiri. Mulai ragu apakah yang kamu lihat ini sebuah realita yang sebenarnya atau bukan. Mereka akan dengan mudahnya bermain kata-kata untuk membuatmu terjebak dalam situasi, yang bahkan kamu sendiri tak yakin apakah itu nyata atau hanya khayalanmu semata.

Baca juga :  Harus Tahu, Inilah 5 Makanan Pendongkrak Imun Tubuh di Musim Hujan

Selain itu Bergen juga mengingatkan bahwa kecenderungan pasangan yang selalu berbohong dan kamu tahu akan hal itu, bisa jadi tanda mereka gaslighting kamu. Apalagi ketika kamu mencoba mengkonfrontir mereka, mereka justru balik menyalahkan dirimu dan playing victim. Jika begini maka kamu patut waspada, sebab mungkin saja pasanganmu sedang mencoba melakukan gaslighting padamu.

Selain itu kamu juga perlu waspada saat pasanganmu mulai membuatmu merasa insecure dan selalu bergantung padanya. Bergen menyebut usaha ini sebagai salah satu taktik yang digunakan oleh pelaku gaslighting, untuk mengontrol dan menguasai korban mereka.

Secara tidak sdar, korban akan merasa rendah diri dan selalu tergantung dengan pelaku. Mereka akan selalu merasa diri mereka rendah dan tak berguna, serta hanya bisa bergantung pada pasangannya. Jika sudah begini, pelaku gaslighting akan dengan mudah untuk mengontrol dan menguasai korban mereka.

Tanda lainnya pasangan kamu melakukan gaslighting adalah berusaha untuk menjauhkanmu dari lingkungan sosialmu. Mereka akan membuatmu hanya fokus pada mereka saja, sehingga lebih mudah untuk memanipulasi dan mengontrol dirimu.

Baca juga :  Ketahui Sejarah dan Bahaya di balik Nikmatnya Gorengan

Bergen mengingatkan bahwa tak jarang pelaku gaslighting menggunakan “cinta” atau “sayang” sebagai senjata mereka. Seperti contoh pasanganmu menghapus semua kontak teman lawan jenismu, dan saat kamu marah dia berdalih melakukan ini karena dia sayang dan ingin melindungimu.

Mereka juga akan terus menyalahkan dan memancing emosimu, namun ketika kamu bereaksi, mereka akan balik menyalahkanmu dan menyebutmu sebagai penyebab mereka melakukan ini semua.

Terakhir, Bergen mengingatkan bahwa gaslighting adalah mental abuse yang sangat berbahaya dan sebaiknya kamu segera menjauh ketika melihat pasangan atau orang terdekatmu menunjukkan tanda-tanda pelaku gaslighting. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Bisa Memicu Jerawat, Ini 5 Efek Buruk Makanan Pedas Bagi Kesehatan

TELENEWS.ID-Orang Indonesia dikenal sebagai pencinta makanan pedas. Rasanya makan tak lengkap tanpa menambahkan satu sendok sambal,atau menambahkan banyak cabai dalam masakan. Bahkan...

Lesty-Billar Sembunyikan Pernikahan Siri, Ternyata Ada Manfaat Dari Menikah Diam-diam

TELENEWS.ID-Berita mengejutkan datang dari pasangan muda Rizky Billar dan Lesty Kejora. Setelah isu Lesty berbadan dua sebelum resmi menikah, pasangan ini pun...

Ingin Punya Kulit Glowing Seperti Tasya Farasya? Coba Santap Buah-buahan Segar ini

TELENEWS.ID-Tasya Farasya belum lama ini merilis brand kosmetiknya sendiri, yang langsung laris manis bak kacang goreng. Wanita cantik berdarah Timur Tengah ini...

Ditemukan Klaster Sekolah, Ini Tips Tingkatkan Imun Anak Agar Siap PTM Terbatas

TELENEWS.ID-Ditemukannya klaster sekolah belum lama ini tentu membuat banyak orangtua merasa was-was. Apalagi memang anak-anak di beberapa wilayah akan segera masuk sekolah...