Home Gaya hidup Kesehatan Membantu Memperkuat Imun, 5 Alasan Oatmeal Sangat Dianjurkan untuk Disantap saat Puasa

Membantu Memperkuat Imun, 5 Alasan Oatmeal Sangat Dianjurkan untuk Disantap saat Puasa

TELENEWS.ID – Oatmeal bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi di bulan Ramadan seperti sekarang ini. Mungkin selama ini kita mengira oatmeal sebagai makanan diet yang membantu menurunkan berat badan. Ini karena oat mengandung banyak serat yang dibutuhkan agar tubuh bisa kenyang lebih lama.

Kita tahu bahwa beberapa makanan memiliki kombinasi nutrisi yang sangat kuat, yang berperan dalam kesehatan kekebalan tubuh. Dan tentu saja oatmeal adalah salah satunya. Oat tidak hanya sangat kaya serat penurun kolesterol dan memiliki protein berkualitas tinggi, tetapi juga mengandung berbagai mineral penting dan senyawa lain dengan kandungan antioksidan tingkat tinggi.

Oatmeal sangat baik disantap saat bulan puasa seperti ini karena selain mengenyangkan, juga memiliki manfaat untuk membantu menguatkan imun tubuh. Beberapa alasan mengapa oatmeal cocok disantap di bulan Ramadan seperti sekarang ini, untuk membantu meningkatkan imun tubuh seperti:

  1. Kaya akan kandungan beta glukan di dalamnya
    Kita tahu oat adalah sumber serat yang sangat baik. Tetapi yang mungkin tidak kamu ketahui adalah jenis serat tertentu yang dikandungnya, yang disebut beta glukan; dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Ini karena tubuh tidak memproduksi beta glukan secara alami, yang berarti satu-satunya cara untuk mendapatkan senyawa bermanfaat ini adalah melalui suplemen atau makanan terutama biji-bijian.

Beta-glukan adalah bentuk serat larut yang bergerak perlahan melalui saluran pencernaan, yang bermanfaat untuk mengikat kolesterol dalam tubuh. Beta glukan juga memiliki kemampuan antioksidan dan antimikroba yang memiliki efek penguatan imun dan dikenal untuk merangsang sel darah putih, yang memainkan peran penting dalam melindungi tubuh dari penyakit menular.

  1. Membantu kemampuan imun agar lebih efisien
    Beta glukan dalam oats bertindak sebagai agen imunomodulator. Ini berarti mereka memicu serangkaian peristiwa yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi lebih efisien.
Baca juga :  Viral Mahasiswa Dibanting Oknum Polisi, Kenali Bahaya Benturan Keras pada Tulang Belakang

Dengan memicu aktivitas makrofag atau sel fagosit terpenting dalam sistem imun. Makrofag punya manfaat untuk menghancurkan patogen. Makrofag juga melepaskan sitokin atau bahan kimia yang memungkinkan sel-sel kekebalan untuk berkomunikasi satu sama lain, sehingga membuat mereka lebih kuat dalam melindungi tubuh dari infeksi.

  1. Kandungan arginin dalam oats membantu aktivitas sel T dalam tubuh
    Sebagai informasi, sel T atau limfosit T adalah kelompok sel darah putih yang memainkan peran utama pada kekebalan tubuh. Sementara itu, oatmeal ternyata kaya akan kandungan arginin yang membantu aktivitas sel T agar semakin maksimal.

Oat memiliki konsentrasi tinggi arginin atau asam amino yang tidak hanya membantu mengatur aliran darah, menyembuhkan luka, dan membuang limbah melalui ginjal. Tetapi arginin juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut sebuah penelitian di tahu 2016, arginin membantu meningkatkan aktivitas jenis sel kekebalan tertentu yang disebut sel T. Karena sel T dapat mengidentifikasi dan membunuh sel kanker, itu merupakan indikasi bahwa beta-glukan dapat membantu menghambat penyebaran kanker dalam sel.

  1. Oatmeal juga kaya akan kandungan zinc di dalamnya
    Zinc memiliki pengaruh besar pada sistem kekebalan tubuh. Oatmeal sendiri adalah salah satu makanan teratas yang mengandung zinc tertinggi di dalamnya, dengan 2 mikrogram atau 21% dari kebutuhan harian. Zinc juga memainkan peran penting dalam menciptakan dan mengaktifkan T-limfosit, salah satu komponen utama dari sistem kekebalan tubuh.
  2. Oat memiliki kandungan antioksidan unik di dalamnya
    Oat secara harfiah adalah satu-satunya makanan yang diketahui memiliki avenanthramides, jenis antioksidan unik di dalamnya. Menurut sebuah studi di tahun 2019, avenanthramides menunjukkan hasil yang mengesankan dalam melawan kanker. Selain itu avenanthramides diketahui juga berfungsi menekan respons inflamasi dan merangsang fungsi kekebalan tubuh.
Baca juga :  Inilah 5 Perusahaan Asing Pemasok Vaksin Covid-19 di Indonesia

Nah bagaimana? Semakin yakin bukan untuk mengkonsumsi oatmeal di bulan puasa seperti sekarang ini. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...