Home Gaya hidup Membantu Memperkuat Imun Tubuh, Yuk Cobain Resep Puding Mangga Yogurt Untuk Hidangan...

Membantu Memperkuat Imun Tubuh, Yuk Cobain Resep Puding Mangga Yogurt Untuk Hidangan Natal Ini

TELENEWS.ID – Merayakan Natal di masa pandemi seperti sekarang ini ditambah dengan musim yang sudah memasuki masa penghujan, menjaga imun tubuh sebaiknya menjadi prioritas utama. Ini karena jika imun tubuh mulai melemah, maka berbagai penyakit dan virus bisa mudah menyerang kita.

Salah satu cara meningkatkan imun tubuh terutama saat Natal dimana terkadang kita sering makan sembarangan, adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi. Selain itu perbanyak pula konsumsi buah yang kaya akan kandungan vitamin C-nya seperti buah mangga.

Nutrisi yang terkandung dalam mangga
Mangga buah tropis yang satu ini tak hanya dikenal karena rasanya yang lezat dan aromanya yang harum. Namun buah dengan nama Latin Mangifera indica ini juga dikenal memiliki banyak nutrisi penting di dalamnya. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah mangga seperti:
• 99 kalori
• 1 gram (g) protein
• 6 gram lemak
• 25 gram karbohidrat
• 3 gram serat
• 23 gr gula
• 89 mikrogram (mcg) vitamin A
• 7 mcg vitamin K
• 60 miligram (mg) vitamin C
• 277 mg kalium
Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam mangga membuatnya jadi salah buah yang kaya manfaat.

Beberapa manfaat buah mangga untuk kesehatan seperti:

  1. Mencegah kanker.
    Mangga kaya akan beta-karoten. Inilah salah satu jenis antioksidan dalam mangga telah terbukti melawan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berpotensi memicu kanker.
  2. Menyehatkan pencernaan.
    Satu cangkir mangga mengandung sekitar 3 g serat, yang kira-kira 10 persen dari kebutuhan serat harian yang penting untuk kesehatan pencernaan.
  3. Mencegah anemia dan menguatkan tulang.
    Vitamin K membantu pembekuan darah secara efektif dan membantu untuk mencegah anemia. Vitamin K juga memainkan peran penting dalam membantu memperkuat tulang.
  4. Menjaga kesehatan jantung. Mangga adalah sumber senyawa yang dikenal sebagai mangiferin, yang menurut penelitian dapat mengurangi peradangan pada jantung.
  5. Menyehatkan mata.
    Mangga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin serta vitamin A, yang semuanya membantu melindungi mata kita dan mengurangi risiko degenerasi makula.
  6. Memperkuat imun tubuh. Tingginya kandungan vitamin C pada mangga sangat berperan penting pada peningkatan imun tubuh dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Manfaat Mangga untuk imun tubuh
Seperti disebutkan di atas, mangga merupakan salah satu jenis buah yang membantu untuk meningkatkan imun tubuh, terutama jika dikonsumsi di musim hujan dan musim penyakit seperti sekarang ini.
Satu porsi mangga mengandung 50% dari nilai harian Vitamin C. Antioksidan pada vitamin C yang ditemukan dalam mangga, memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C mendukung fungsi kognitif dan neurologis yang sehat dan membantu penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Mangga juga mengandung 15% kebutuhan tembaga harian, yang punya fungsi membentuk sel darah merah, sekaligus mendukung kekebalan tubuh yang sehat.

Selain rasa buahnya yang luar biasa, mangga mengandung beberapa nutrisi penting yang dapat membantu sistem kekebalan alami tubuh agar bekerja dengan baik. Ini termasuk mikronutrien penting seperti Vitamin A, Vitamin B6 dan Vitamin C. Cukup satu porsi atau 3/4 cangkir mangga, sudah memenuhi 8% kebutuhan harian Vitamin A, 8% kebutuhan harian vitamin B6 , dan 50% kebutuhan harian vitamin C.

Diketahui bahwa Vitamin C memainkan peran penting dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melindungi jaringan tubuh dari kerusakan dan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Baca juga :  Artis Hanna Kirana Meninggal Akibat Gagal Jantung, Ikuti 6 Pola Makan Ini untuk Mencegah Sakit Jantung

Berapa banyak mangga yang bisa dikonsumsi dalam sehari?
Meski memiliki banyak khasiat dan manfaat termasuk diantaranya meningkatkan imun tubuh, namun tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi mangga secara berlebihan.
Perlu diingat bahwa mangga lebih manis dan mengandung lebih banyak gula daripada banyak buah lainnya. Jika dikonsumsi berlebihan, maka bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

Karena itulah para ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi dua cangkir atau sekitar 330 gram mangga setiap harinya. Kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung, atau mengolahnya menjadi aneka jenis makanan dan minuman yang lezat dan menyehatkan.

Resep puding mangga
Salah satu resep olahan mangga yang lezat namun menyehatkan dan membantu meningkatkan imun tubuh puding mangga. Hidangan puding mangga ini juga cocok dijadikan sebagai suguhan Natal. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal guna meningkatkan imun tubuh, kamu bisa membuat puding mangga dengan YoyiC Yogurt Drink.

YoyiC yogurt drink mengandung bakteri probiotik jenis Lactobacillus Casei atau L. casei, yang berfungsi untuk menekan bakteri jahat penyebab penyakit. Bakteri pada YoyiC yogurt drink yang sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan juga pencernaan.

Baca juga :  Bisa Memperkuat Imun, 6 Manfaat Mandi Air Es untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat puding mangga YoyiC untuk hidangan Natal antara lain:
• 1 buah mangga ukuran besar, kupas, cuci, dan potong-potong kotak
• 1 botol YoyiC yogurt drink rasa mangga
• 2 sendok madu murni
• 350 ml susu UHT plain
• 2 bungkus agar-agar bubuk
• 1 gelas air matang
Cara membuatnya
• Blender mangga hingga halus, saring kemudian sisihkan
• Dalam panci masukan air, susu UHT, YoyiC yogurt drink mangga, agar-agar, jus mangga dan madu, aduk hingga rata
• Nyalakan kompor, taruh panci di atasnya kemudian aduk pelan-pelan hingga gula larut dan semua bahan tercampur rata
• Aduk-aduk terus hingga mendidih
• Matikan kompor dan tuangkan puding mangga ke dalam loyang
• Tunggu hingga uap panasnya hilang, lalu masukan ke kulkas
• Setelah dingin,puding mangga YoyiC yogurt drink siap dihidangkan

Agar semakin lezat, kamu juga bisa mengkombinasikan puding mangga YoyiC yogurt drink ini dengan vla mangga yang penuh cita rasa. Bahan-bahan untuk vla mangga adalah:
• 300 ml jus mangga
• 80 gram gula pasir
• 1 sdm tepung maizena larutkan dengan sedikit air
• 1/4 sdt garam
• 150 ml air

Cara membuatnya:

  1. Masukkan jus mangga, gula pasir, garam dan air ke dalam panci. Aduk hingga rata
  2. Letakkan panci diatas kompor dan dengan api kecil, masak bahan vla hingga mendidih
  3. Masukkan larutan maizena, aduk rata, setelah itu matikan kompor dan dinginkan vla.

Untuk menghidangkannya, cukup siramkan vla mangga ke atas puding yang telah kamu buat sebelumnya. Nah mudah bukan cara membuatnya?

Mangga yang tinggi vitamin C berpadu dengan sebotol YoyiC yogurt drink yang memiliki kandungan bakteri Lactobacillus, akan membantu meningkatkan imun tubuh di musim penghujan dan pandemi seperti sekarang ini.

Selain itu, YoyiC yogurt drink bercita rasa segar buah asli, yang juga diperkaya dengan serat pangan serta vitamin A,C, E, B3 dan D3 di dalamnya, membuat puding mangga untuk hidangan Natal ini tak hanya lezat tetapi juga sehat.

YoyiC memberikan semangat untuk kamu dan keluarga tercinta kamu untuk menjadi lebih sehat, dan menikmati hari secara maksimal. (Yuyun Amalia untuk YoyiC Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...