Home Gaya hidup Kesehatan Membantu Tingkatkan Harapan Hidup, Manfaat Badminton untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Membantu Tingkatkan Harapan Hidup, Manfaat Badminton untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Telenews.id- Badminton bisa dibilang sebagai salah satu olahraga kebanggaan rakyat Indonesia. Bagaimana tidak jika negara ini memiliki banyak sekali atlet-atlet badminton berprestasi, yang telah mengharumkan nama negeri di kancah internasional.

Salah satunya belum lama ini Indonesia mengakhiri puasa gelar setelah sejak tahun 2002 silam, negara kita tak memperoleh gelar apapun pada pertandingan Thomas & Uber Cup. Hal ini tentu disambut dengan suka cita oleh masyarakat kita, karena setelah 19 tahun akhirnya piala Thomas kembali diboyong ke tanah air.

Badminton sendiri menjadi olahraga yang cukup populer hampir di semua lapisan masyarakat. Bahkan di pedesaan sekalipun, akan dengan mudah kita jumpai anak-anak dan orang dewasa yang bermain badminton. Namun bukan sekedar populer, badminton rupanya memberikan banyak manfaat bagi mereka yang rutin memainkannya.

Mungkin selama ini kamu hanya mengetahui manfaat badminton sebagai salah satu jenis olahraga, yang membuat badan tetap aktif bergerak. Akan tetapi banyak manfaat kesehatan tak terduga, kalau kamu rutin melakukan olahraga ini. Apa saja itu?

  1. Badminton membantu menurunkan berat badan
    Kalau kamu mencari olahraga yang menggerakkan hampir selurun bagian tubuhmu, maka badminton adalah jenis olahraga yang bisa kamu mainkan. Variasi gerakan pada badminton hampir sama dengan cardio yakni melibatkan seluruh tubuh; termasuk paha belakang, paha depan, betis, dan otot perut juga. Selain itu badminton juga olahraga tepat untuk menurunkan berat badan, karena dalam satu jamnya kamu akan membakar kurang lebih 480 kalori.
  2. Meningkatkan metabolisme
    Tak hanya menjadi alternatif cardio yang menyenangkan, badminton juga membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Bermain bulu tangkis membantu meningkatkan fungsi kardiopulmoner, yang berarti akan membuat tubuh terbiasa berkeringat secara alami. Berkeringat membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan tingkat metabolisme yang tinggi dapat dicapai. Ketika metabolisme tubuh tinggi dan stabil, kamu bisa mempertahankan bentuk tubuh dan tetap fit sepanjang hari.
  3. Meningkatkan kepadatan tulang
    Seiring bertambahnya usia kepadatan tulang semakin menurun. Kabar baiknya adalah bahwa aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Saat bermain bulu tangkis tubuh akan melakukan banyak aktivitas seperti melalui tangan, pergelangan tangan dan lengan saat memukul shuttlecock dan melalui kaki, pergelangan kaki dan tulang belakang saat melompat-lompat. Aktivitas ini membantu pertumbuhan sel-sel yang membentuk tulang, dan juga membantu dalam meningkatkan produksi kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang.
  4. Meningkatkan harapan hidup hingga 6 tahun
    Sebuah penelitian di Denmark yang dilakukan pada 9.000 orang, menemukan bahwa bermain olahraga berbasis raket seperti bulu tangkis dapat meningkatkan harapan hidup seseorang hingga sekitar enam tahun lamanya. Bandingkan dengan sepak bola yang dapat meningkatkan harapan hidup lebih dari empat tahun; sementara bersepeda, berenang, dan jogging masing-masing dapat meningkatkan harapan hidup lebih dari tiga tahun.
  5. Menjaga jantung sehat
    Tingginya kadar kolesterol menurunkan ukuran pembuluh darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Bulu tangkis memperkuat otot jantung dengan cara membuka penyumbatan dinding jantung, yang membuat aliran darah menjadi lebih baik.
  6. Meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot
    Semakin banyak dan intens kamu bergerak, semakin otot tubuhmu menjadi fleksibel. Saat bermain bulu tangkis, variasi gerakan yang cepat seperti berlari serta mengayunkan raket dengan kecepatan yang dibutuhkan mutlak dilakukan. Aktivitas ini rupanya membantu untuk meningkatkan fleksibilitas, dan juga membantu pemain mendapatkan kekuatan serta daya tahan pada otot mereka.
Baca juga :  Perkenalkan Stuart Dallas; Pemain Paling Serba bisa Di Liga Inggris Saat Ini
Baca juga :  Uni Eropa Akan Tuntut Pfizer dan AstraZeneca Karena Mangkir Produksi

Itulah beberapa manfaat bermain badminton untuk kesehatan, yang mungkin tak kamu sadari selama ini. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...