Home Gaya hidup Membantu Tumbuhkan Rasa Empati, Ini 4 Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih Seperti Easy...

Membantu Tumbuhkan Rasa Empati, Ini 4 Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih Seperti Easy On Me dari Adele

Telenews.id- Adele is Back! Penyanyi yang telah lama vakum ini akhirnya kembali dengan merilis lagu barunya yang berjudul “Easy On Me”. Lagi-lagi Adele membuktikan dirinya masih layak menyandang predikat sebagai si Ratu Galau, karena lagu barunya inipun masih menceritakan patah hatinya yang mendalam.

Easy On Me sendiri merupakan salah satu single dari album “30” yang dirilis oleh wanita bernama lengkap Adele Laurie Blue Adkins ini. Lagu yang video clip-nya digarap oleh Xavier Dolan tersebut konon bercerita mengenai pengalaman patah hati yang dirasakan oleh ibu satu anak ini, pasca perceraian dengan Simon Konecki pada tahun 2019 yang silam.

Lagu Easy On Me bercerita mengenai keputusan Adele untuk berpisah dari sang mantan suami. Meskipun berat, namun Adele merasa dia harus berpisah dari Simon lantaran rumah tangga mereka yang tak mungkin untuk diselamatkan lagi. Adele juga mengungkapkan proses mengobati dirinya sendiri, dan bangkit dari keterpurukan pasca bercerai dari Simon.

Tentu saja lagu baru Adele yang sarat akan kegalauan jiwa ini juga dirasakan oleh mereka yang mendengarnya. Di media sosial, ramai-ramai netizen mengungkapkan perasaan galau dan sedih mereka, usai mendengarkan lagu baru milik wanita 33 tahun itu.

Adele memang dikenal sebagai spesialis lagu-lagu bertema patah hati, seperti Someone Like You, Don’t You Remember dan Hello. Namun lagunya selalu laris manis di pasaran. Rupanya ada penelitian ilmiah, yang menunjukkan mengapa manusia cenderung menyukai lagu-lagu sedih seperti Easy On Me ini.

“Musik sedih adalah pemicu yang kuat untuk kenangan nostalgia masa lalu. Melihat kembali kenangan nostalgia semacam itu dapat meningkatkan suasana hati, terutama jika ingatan itu terkait dengan momen-momen penting dan bermakna dalam hidup, ” ujar Shahram Heshmat seorang pengamat perilaku dari Universitas Illinois.

Baca juga :  Terapi Plasma Konvalesen Untuk Penderita Covid-19

Mendengarkan lagu sedih pun memiliki sejumlah manfaat bagi manusia, diantaranya seperti:

  1. Menumbuhkan rasa empati
    Mendengarkan lagu sedih membantu untuk menumbuhkan rasa empati di hati seseorang. Ini karena mereka akan ikut merasakan kesedihan dari sang penyanyi atau pencipta lagunya. Empati akan membuat seseorag menjadi lebih peka, dan peduli dengan kesedihan atau kondisi orang lain di sekitar mereka.
  2. Membantu produksi hormon prolaktin
    Saat mendengarkan lagu sedih, tubuh akan memproduksi hormon prolaktin yang memiliki fungsi untuk mengurangi perasaan duka di hati seseorang. Perasaan sedih membuat otak melepaskan hormon yang membantu untuk menenangkan hati dan fikiran seseorang. Karena itulah mendengarkan lagu sedih, justru bisa membuat perasaanmu menjadi tenang karena otakmu melepaskan hormon prolaktin tersebut.
  3. Membantu memperbaiki mood
    Mendengarkan lagu sedih juga membantu untuk memperbaiki mood seseorang. Musik sedih memungkinkan pendengarnya untuk melepaskan diri dari situasi menyedihkan yang tengah mereka rasakan, dan fokus pada keindahan musik yang mereka dengarkan. Selanjutnya, lirik yang sesuai dengan pengalaman pribadi pendengar dapat menyuarakan perasaan atau pengalaman yang mungkin tidak dapat diungkapkan oleh seseorang.
  4. Mengurangi perasaan kesepian
    Musik memiliki kemampuan untuk memberikan “teman” dan kenyamanan. Orang cenderung lebih sering mendengarkan musik sedih ketika mereka berada dalam tekanan emosional atau merasa kesepian. Musik sedih dapat dialami sebagai teman imajiner yang memberikan dukungan dan empati setelah mengalami suatu kehilangan, atau kesedihan yang mendalam. Pendengar akan menikmati kehadiran teman imajiner, dalam hal ini direpresentasikan oleh musik, yang berada dalam suasana hati yang sama dan dapat membantu mengatasi perasaan sedih atau kehilangan.
Baca juga :  Tidak Ingin Cepat Pikun dan Kena Stroke? Gampang, Minum Teh dan Kopi Saja!

Itulah beberapa manfaat mendengarkan lagu sedih, seperti Easy On Me dari Adele ini. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...