Home Gaya hidup Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Ikuti 6 Gaya Hidup Sehat Ini untuk...

Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Ikuti 6 Gaya Hidup Sehat Ini untuk Cegah Diabetes Secara Alami

Telenews.id- 14 November selalu diperingati sebagai World Diabetes Day atau Hari Diabetes Sedunia. Peringatan ini bertujuan agar warga dunia lebih peduli terhadap bahaya yang mengancam dari penyakit gula darah ini.

Sejarah Hari Diabetes Sedunia sendiri dimulai di tahun 1991 lalu, dan digagas oleh International Diabetes Federation dan World Health Organization (WHO) sebagai respon atas melonjaknya penderita diabetes di berbagai belahan dunia. Di tahun 2016 sendiri Hari Diabetes Sedunia diperingati di kurang lebih 160 negara; oleh berbagai pihak mulai dari praktisi kesehatan, politisi, selebritis, organisasi kesehatan, penyintas diabetes dan yang lainnya.

Hari Diabetes Sedunia sendiri fokus pada kampanye untuk menyadarkan masyarakat bahwa diabetes benar-benar penyakit berbahaya yang tak boleh disepelekan. Peringatan ini juga bertujuan agar masyarakat dunia tahu gaya hidup macam apa yang bisa memicu dan menurunkan resiko diabetes.

Ya memang benar gaya hidup punya peran yang cukup signifikan terhadap resiko seseorang terkena diabetes. Menurut Dr. Seema Sarin, MD, Direktur dari Lifestyle Medicine, EHE Health; mengatasi diabetes adalah menerapkan pola hidup yang seimbang berkelanjutan sampai seumur hidup. Namun yang paling utama adalah menerapkan gaya hidup yang sehat agar terhindar dari diabetes.

“Menghadapi diabetes butuh keseimbangan. Kamu perlu menyeimbangkan olahraga, diet, dan obat-obatan. Tetapi salah satu bagian mendasar adalah untuk mempertahankan gaya hidup sehat, yang dapat membantu seseorang memahami dan bahkan mungkin memprediksi naiknya kadar glukosa” begitu ungkap Dr. Seema

Berikut ini ada beberapa pola gaya hidup sehat yang dipercaya bisa membantu menurunkan resiko diabetes secara alami.

  1. Batasi asupan gula dan karbohidrat sederhana
    Makan makanan tinggi karbohidrat dan gula meningkatkan kadar gula darah dan insulin, yang dapat menyebabkan diabetes dari waktu ke waktu. Banyak penelitian telah menunjukkan hubungan antara seringnya konsumsi gula atau karbohidrat olahan dan risiko diabetes. Menghindari makanan ini dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena diabetes.
  2. Olahraga secara rutin
    Banyak jenis aktivitas fisik telah terbukti mengurangi resistensi insulin dan gula darah pada orang dewasa yang kelebihan berat badan, obesitas, dan pradiabetes. Aktivitas fisik ini termasuk aerobik, latihan interval intensitas tinggi, dan latihan kekuatan. Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan sekresi dan sensitivitas insulin, yang dapat membantu mencegah perkembangan dari pradiabetes menjadi diabetes.
  3. Minum air putih yang cukup
    Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengkonsumsi air dapat membantu kontrol gula darah dan respons insulin yang lebih baik. Minum air putih sebagai pengganti minuman manis yang lain, dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan insulin, sehingga mengurangi risiko diabetes.
  4. Jaga berat badan ideal
    Kelebihan berat badan, terutama penumpukan lemak di daerah perut, meningkatkan resiko terkena diabetes. Menurunkan berat badan secara signifikan dapat mengurangi risiko diabetes. Bahkan meski sedikit saja, penurunan berat badan mampu membantu menurunkan resiko diabetes secara alami.
  5. Berhenti merokok
    Merokok sangat terkait dengan risiko diabetes, terutama pada perokok berat. Ada juga penelitian yang menghubungkan merokok aktif dan perokok pasif dengan resiko dengan diabetes tipe 2. Berhenti merokok telah terbukti mengurangi risiko diabetes secara aman dan alami.
  6. Makan dengan porsi kecil
    Makan terlalu banyak pada satu waktu telah terbukti menyebabkan kadar gula darah dan insulin melonjak tinggi pada orang yang berisiko diabetes. Di sisi lain, mengurangi ukuran porsi dapat membantu mencegah kenaikan kadar insulin. Untuk menurunkan risiko diabates secara alami, makan dalam porsi kecil dapat membantu mengurangi kadar insulin dan gula darah serta mengurangi risiko diabetes. (Yuyun)
Baca juga :  Jangan Vaksin Saat Perut Kosong, 5 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Vaksin COVID-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...