Home Gaya hidup Memperingati Hari Pangan Sedunia, Ikuti Gaya Hidup Ini agar Tidak Lagi Membuang...

Memperingati Hari Pangan Sedunia, Ikuti Gaya Hidup Ini agar Tidak Lagi Membuang Makanan Sia-sia

Telenews.id- 16 Oktober yang kebetulan jatuh pada hari Sabtu ini, rupanya bertepatan dengan peringatan Hari Pangan Sedunia. Peringatan Hari Pangan Sedunia sendiri bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran, akan ancaman kelaparan dan juga ketahanan bahan pangan untuk penduduk planet ini.

HPS sendiri dicanangkan oleh FAO, salah satu badan PBB yang mengurusi perbaikan gizi, mengatasi kelaparan dan ketahanan pangan dari penduduk dunia. FAO sudah mencanangkan HPS sejak tahun 1979 yang silam, di mana mantan Menteri Pertanian dan Pangan Hongaria Dr. Pál Romány, mencetuskan mengenai suatu hari di mana penduduk dunia diajak untuk lebih peduli dengan isu pangan secara global.

HPS yang dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 16 Oktober, mengusung berbagai tema yang intinya mengajak warga dunia untuk lebih peduli pada ancaman kelaparan dan ketahanan pangan. Di tahun ini, HPS mengambil tema “Safe food now for a healthy tomorrow” atau “makanan aman saat ini, untuk hari esok yang lebih sehat”.

Berbagai cara bisa kita lakukan untuk berpartisipasi pada peringatan Hari Pangan Sedunia ini. Salah satunya tentu kita mulai dari diri sendiri, dan juga gaya hidup yang kita jalani selama ini. Satu hal yang mungkin bisa kita lakukan untuk lebih peduli pada kelaparan dan ketahanan pangan, adalah dengan berhenti memboroskan dan membuang-buang makanan.

Mungkin selama ini kita tak menyadari bahwa tindakan membuang-buang makanan selain mubazir dan pemborosan, berpengaruh juga pada ketahanan pangan dunia. Bayangkan jika suatu saat bahan makanan di dunia ini makin menipis, sehingga kelaparan pun meluas dan terjadi di mana-mana.

Karena itulah kita bisa berpartisipasi di HPS kali ini, dengan mengubah gaya hidup yang cenderung boros dan membuang-buang makanan. Lalu hal apa sajakah yang bisa kita lakukan?

  1. Jangan membeli bahan makanan secara berlebihan
    Satu hal yang harus diingat bahwa tak semua bahan makanan bisa disimpan terlalu lama. Bahkan meskipun disimpan di dalam lemari pendingin, namun bahan makanan bisa saja rusak dan juga busuk. Karena itulah ada baiknya kita tidak membeli bahan makanan secara berlebihan, apalagi yang mudah busuk seperti sayuran dan buah-buahan. Belilah secukupnya, atau perkirakan bahan makanan yang akan habis dalam waktu tertentu.
  2. Perhatikan tanggal kedaluwarsa
    Banyak orang yang lalai untuk melihat tanggal kedaluwarsa bahan makanan ketika berbelanja. Sebagai akibatnya, banyak bahan makanan yang terbuang karena belum digunakan padahal sudah habis masa kedaluwarsanya. Karena itulah perhatikan tanggal kedaluwarsa makanan, untuk menghindari membuang makanan sia-sia. Belilah makanan dan habiskan sebelum memasuki masa kedaluwarsa.
  3. Tahu kebutuhanmu atau keluargamu
    Rencanakan untuk membeli bahan makanan sesuai dengan kebutuhanmu atau keluargamu. Kalau kamu hidup sendiri, tentu ada baiknya untuk tidak membeli bahan makanan dalam jumlah besar. Namun kalau kamu hidup bersama dengan orang lain, kamu pasti tahu berapa kira-kira kebutuhan makanan mereka setiap hari, atau setiap minggunya. Dengan mengetahui kebutuhanmu bahan pangan ini, maka kamu bisa menghindari berbelanja bahan makanan secara berlebihan yang dikahwatirkan bakal terbuang sia-sia nantinya.
  4. Hanya memasak makanan yang ingin kamu makan
    Untuk menghindari membuang makanan secara sia-sia, maka sebaiknya kamu memasak makanan yang ingin kamu makan saja. Misalnya kalau kamu ingin makan nasi goreng, maka tidak perlu untuk memasak sop atau tumisan. Terkadang kamu hanya lapar mata saja, dan makanan kamu masak ini tak akan termakan sehingga terbuang sia-sia. Ingat, jangan pernah memasak lebih dari apa yang kamu atau keluargamu bisa santap.
  5. Gunakan bahan makanan yang mudah busuk terlebih dahulu
    Sangat disarankan untuk memasak atau menggunakan bahan makanan yang mudah busuk terlebih dahulu. Ini penting untuk menghindari pemborosan dan membuang makanan secara sia-sia. Selain itu, kamu juga bisa memasak bahan makanan yang akan kedaluwarsa, sehingga kamu tak akan membuangnya begitu saja.
  6. Simpan makanan sisa
    Jika ada sisa makanan yang masih layak untuk dikonsumsi, kamu bisa menyimpannya di lemari pendingin untuk dihangatkan dan dimakan lagi keesokan harinya. Selain itu sisa bahan makanan seperti potongan wortel, tomat atau sayuran lainnya bisa disimpan lagi untuk diolah di kemudian hari.
Baca juga :  Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai
Baca juga :  Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

Itulah beberapa gaya hidup yang bisa kamu adopsi, agar tak lagi membuang makanan secara sia-sia. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID - Tinggal hitungan hari lagi maka umat Kristiani akan bersuka cita merayakan Natal. Selayaknya hari besar lainnya, banyak persiapan yang harus...

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...